-->

Sebutkan Perilaku Yang Diharapkan Dalam Menghadapi Efek Globalisasi!

Haikasut - Sebutkan Sikap yang Diperlukan dalam Menghadapi Dampak Globalisasi! - Sikap terhadap Dampak Globalisasi - Di negara-negara berkembang, menyerupai Indonesia dan negara Asia lainnya, ada kecenderungan bahwa sebagian masyarakat cukup siap mendapatkan dan sebagian masyarakat kurang siap mendapatkan globalisasi. Hal itu masuk akal mengingat globalisasi akan mengakibatkan tanda-tanda perubahan kebudayaan terhadap masyarakat yang bersangkutan.

Masyarakat yang cukup siap mendapatkan arus globalisasi di antaranya individu atau masyarakat yang kedudukan atau status sosialnya sudah mapan, menyerupai ahli-ahli ilmu pengetahuan, politik, pemerintahan, dan kalangan bisnis; masyarakat perkotaan, terutama yang telah menikmati media komunikasi dan informasi, baik elektronik dan cetak maupun elektronik; serta generasi muda yang mempunyai kecenderungan terbuka mendapatkan unsur-unsur perubahan dan modernisasi.

Masyarakat yang kurang siap mendapatkan globalisasi di antaranya individu atau kelompok yang belum mapan, belum siap mendapatkan perubahan, baik mental maupun fisik alasannya ialah tidak mengenyam pendidikan; individu atau masyarakat yang tinggal di kawasan terasing yang sangat terbatas kontaknya dengan kebudayaan luar; dan generasi tua.

 Sebutkan Sikap yang Diperlukan dalam Menghadapi Dampak Globalisasi Sebutkan Sikap yang Diperlukan dalam Menghadapi Dampak Globalisasi!
Budaya bangsa merupakan alat penyaring
dampak globalisasi yang negatif

Bersikap terbuka sekaligus waspada terhadap dampak globalisasi dan penerapan iptek amatlah penting. Hal itu dimaksudkan biar bangsa kita bisa menjadi masyarakat yang modern. Di samping itu, kecenderungan ke arah globalisasi dan pemanfaatan iptek mustahil ditolak dan dihindarkan.

Bangsa yang menutup diri atau menolak globalisasi dan pemanfaatan iptek akan terlindas oleh kemajuan bangsa-bangsa lain.

Di abad globalisasi, kita wajib meningkatkan kedisiplinan, etos kerja, budaya antre, suka bekerja keras, dan menghargai waktu. Jika kita sanggup meningkatkan kerja keras dan etos kerja yang baik, maka produktivitas dan prestasi semakin optimal.

Kerja sama dengan bangsa lain khususnya di bidang iptek, diharapkan sanggup mentransfer iptek tersebut untuk kemajuan negara kita. Semakin tinggi penguasaan terhadap iptek, berarti sanggup mendukung dan memperlancar jalannya pembangunan.

Sikap yang harus kita kembangkan untuk menghadapi dampak globalisasi ialah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa biar terhindar dari dampak negatif globalisasi.
  2. Giat meningkatkan kolaborasi dengan negara lain.
  3. Menerima imbas budaya absurd yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia (tanpa merusak struktur dan kultur lokal).
  4. Melestarikan sumber daya alam dari pencemaran global.
  5. Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab.
  6. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  7. Menerapkan iptek tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa.
Dengan sikap-sikap tersebut diharapkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang modern tanpa harus kehilangan jati diri sebagai bangsa yang tangguh dan mempunyai ketahanan sehigga akan bisa menghadapi tantangan abad globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Teknologi dan ilmu pengetahuan merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Setiap kemajuan dalam ilmu pengetahuan membuka cara gres bagi pengembangan teknologi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Teknologi juga membantu ilmu pengetahuan dengan menyediakan bahanbahan dan alat-alat yang diharapkan bagi penelitian.

0 Response to "Sebutkan Perilaku Yang Diharapkan Dalam Menghadapi Efek Globalisasi!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel