-->

Contoh Soal Latihan Pkn Bahan Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Haikasut - Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat - Untuk menambah pemahaman akan segala hal ihwal efek globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berikut ini referensi soal latihan dan jawabannya:

Soal Latihan:
  1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi dalam arti luas dan dalam arti ekonomi?
  2.  Sebutkan 2 faktor penting dan utama yang mempengaruhi globalisasi!
  3. Sebutkan sebab-sebab meningkatnya globalisasi!
  4. Apa saja tantangan atas globalisasi yang harus kita sikapi?
  5. Sebutkan sifat politik luar negeri Indonesia yang diterapkan dalam relasi internasional sebagai wujud kolaborasi antarnegara!
  6. Jelaskan dampak konkret dari globalisasi!
  7. Jelaskan dampak negatif dari globalisasi dalam bidang politik!
  8. Jelaskan dampak negatif dari globalisasi dalam bidang ekonomi!
  9. Jelaskan dampak negatif dari globalisasi dalam bidang sosial budaya! 
  10. Sikap apa saja yang harus kita kembangkan untuk menghadapi dampak globalisasi?
 Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat  Contoh Soal Latihan PKn materi Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat

Jawaban:
  1. Globalisasi ialah sebuah istilah yang dipakai untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi, globalisasi mengacu pada liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas (free trade).
  2. Dua faktor penting dan utama yang mempengaruhi globalisasi yaitu berkembang pesatnya teknologi komunikasi serta adanya integrasi ekonomi dunia.
  3. Sebab-sebab meningkatnya globalisasi ialah terjadinya perubahan politik dunia, adanya pedoman info yang begitu cepat, dan berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan multinasional.
  4. Tantangan atas globalisasi, antara lain memberdayakan masyarakat, dunia tanpa batas, periode gres kapitalisme, dan kesadaran warga-negara.
  5. Dalam relasi internasional sebagai wujud kolaborasi antarnegara, Indonesia menerapkan sifat politik luar negeri sebagai berikut: 1). Bebas dan aktif. 2). Antiimperialisme dan kolonialisme serta ikut melakukan ketertiban dunia. 3). Mengabdi pada kepentingan nasional dan amanat penderitaan rakyat. 4). Demokratis.
  6. Dampak konkret globalisasi antara lain: 1). Di bidang politik, yaitu meningkatkan penegakan aturan dan pendewasaan demokrasi, meningkatkan kedewasaan dan kemanusiaan partai politik, dan meningkatkan sumbangan HAM. 2). Di bidang ekonomi, yaitu meningkatkan mutu produksi. 3). Bidang sosial budaya, yaitu meningkatkan kepribadian, perilaku hidup, dan dampak berpikir sehingga tidak gampang terpengaruh budaya negatif. Hidup menjadi gampang dan murah; meningkatkan pendapatan masyarakat. 4). Bidang iptek, yaitu sanggup menyerap iptek yang akan mendukung dan memperlancar pembangunan, lebih gampang mendapat informasi, dan mempunyai wawasan lebih luas dalam memahami dan menangani persoalan. 5). Bidang perilaku mental, yaitu meningkatkan budaya disiplin dan etos kerja sehingga meningkatkan hasil produktivitas dan prestasi kerja. 6). Bidang hankam, yaitu meningkatkan kewaspadaan dan ketahanan nasional, persatuan dan kesatuan bangsa, kesetiaan pada Pancasila, dan pemahaman Wawasan Nusantara sehingga terhindar dari separatisme, konflik sosial, dan disintegrasi bangsa.
  7. Dampak negatif dari globalisasi dalam bidang politik ialah sebagai berikut: Bidang politik - Meningkatkan euforia politik/kebiasaan/kebebasan politik yang berlebihan, yaitu acara yang mengatasnamakan HAM dan demokrasi, tetapi mempunyai sasaran utama meraih kekuasaan lokal atau pusat.
  8. Dampak negatif dari globalisasi dalam bidang ekonomi adalah: Bidang ekonomi: (a) Membentuk jaringan global yang merangkul seluruh dunia dan mengarahkannya pada proses kendali negara yang mempunyai kekuatan ekonomi raksasa yang menyebabkan ketergantungan negara-negara miskin; (b) Menimbulkan kesenjangan kepemilikan modal yang mendorong timbulnya kesenjangan sosial ekonomi masyarakat.
  9. Dampak negatif globalisasi dalam bidang sosial budaya adalah: a) Menimbulkan pola hidup gesellschaft (perkembangan), artinya relasi dan kolaborasi antarorang atas dasar mencari laba dan kegotongroyongan. b) Menimbulkan ancaman yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan (hal-hal yang harus dihindari), antara lain, sebagai berikut. Hedonisme, materialisme, sekularisme, individualisme, egoisme, ekstrimisme, klitisme, eksklusivisme, glamoristik, dan konsumtif.
  10. Sikap yang harus kita kembangkan untuk menghadapi dampak globalisasi ialah sebagai berikut: a). Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya terhindar dari dampak negatif globalisasi. b). Giat meningkatkan kolaborasi dengan negara lain. c). Menerima efek budaya gila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia (tanpa merusak struktur dan kultur lokal). d). Melestarikan sumber daya alam dari pencemaran global. e). Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab.

0 Response to "Contoh Soal Latihan Pkn Bahan Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel