Soal Sejarah : Uas Genap Terbaru
Latihan Soal Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan lagi embel-embel referensi soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X. Adapun yang menjadi fokus materi dalam soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X yaitu :
a. Wujud Akulturasi Kebudayaan Hindu Buddha dengan Kebudayaan Nusantara
b. Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara
c. Perkembangan dam Akulturasi Islam di Nusantara
Soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X terdiri dari dua jenis, yaitu soal pilihan ganda dan soal esai. Berikut soal latihan mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X.
Soal Pilihan Ganda Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru
1. Berdasarkan gosip dari Marcopolo, Islam telah berkembang di Nusantara disimpulkan berasal dari kunjungan Marcopolo di …
a. Demak
b. Aceh
c. Kutai
d. Malaka
e. Samudra Pasai
2. Berdasarkan makam Sultan Malik Al Saleh, disimpulkan bahwa Islam masuk ke Nusantara pada periode ke …
a. 11
b. 12
c. 13
d. 14
e. 15
3. Golongan pembawa Islam ke Nusantara yang pertama ialah …
a. kaum ulama
b. para raja
c. kaum sufi
d. kaum pedagang
e. kaum bnagsawan
4. Di abwah ini yang menjelaskan mengenai kondisi sosial politik di nusantara pada masa kedatangan Islam ialah …
a. masyarakat nusantara hidup dalam keanekaragaman penjajah bangsa barat
b. banyak bangkit kerajaan-kerajaan hindu
c. masyarakat masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme
d. kerajaan-kerajaan hindu di nusantara silih berganti mengalami kemunduran
e. kondisi masyarakat pendalaman sangat terbuka terhadap dampak asing
5. Sultan Malik Al Saleh merupakan raja dari kerajaan …
a. Pidie
b. Sriwijaya
c. Samudra pasai
d. Aceh
e. Malaka
6. Pada masa pemerintahan Iskandar Sani, ilmu pengetahuan wacana Islam di kerajaan Aceh berkembang sangat pesat. kemajuan ini didukung oleh kehadiran …
a. Kamalat Syah
b. Sri Ratu Naqiyatuddin Nurul Alam
c. Safiatuddin Tajul Alam
d. Inayat Syah
e. Nurudin Ar Raniri
7. Kerajaan Demak mengalami kemunduran pada masa pemerintahan Sultan Prawoto disebabkan …
a. banyak lerajaan kecil di Demak yang melepaskan diri
b. terjadinya perebutan kekuasaan
c. terjadinya peristiwa alam
d. masuknya bangsa Portugis di Jawa
e. mendapat serangan dari kerajaan Mataram
8. Pada tahun 1651, Abdul Qadir mangkat dan tahta Banten diduduki oleh …
a. Sultan Baabullah
b. Sultan Ageng Tirtayasa
c. Sultan Haji
d. Sultan Khairun
e. Sultan Hasanuddin
9. Wilayah yang termasuk komplotan sembilan (uli siwa) di Maluku ialah …
a. Ambon
b. Obi
c. Bacan
d. Seram
e. Jailolo
10. Para sultan dan pejabat tinggi rupanya juga menimba ilmu dari para ulama. Seperti halnya yang terjadi di kerajaan Islam yaitu kerajaan …
a. Samudra Pasai
b. Pajajran
c. Kutai
d. Majapahit
e. Maluku
11. Keberhasilan kerajaan Malaka dalam waktu singkat melaksanakan perubahan perilaku dan konsepsi masyarakat terhadap agama, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan merupakan dampak dari kegiatan yang dilakukan yaitu …
a. melakukan pertukaran pelajaran antara pelajar dari nusantara dengan pelajar dari Arab
b. giat melaksanakan pengajian dan pendidikan Islam
c. melakukan revolusi pemerintahan
d. mengangkat para ulama sebagai perangkat pemerintahan
e. rajin mendatangkan para ulama mancanegara
12. Perhatian kerajaan Malaka yang tinggi terhadap pendidikan Islam mengakibatkan …
a. banyak sultan dari kerajaan Islam di Asia Tenggara yang tiba ke Malaka
b. roda pemerintahan berjalan baik dan lancar
c. didirikan forum pendidikan Islam
d. banyak ulama dari mancanegara yang tiba ke Malaka
e. menarik para penuntut ilmu dari aneka macam kerajaan Islam di Afrika
13. Ulama yang populer sebagai aktivis pendidikan Islam di Minagkabau ialah …
a. Syekh Muhammad Baha’udin
b. Syekh Abdul Muhyi al Garuti
c. Syekh Yusuf al Makassari
d. Syekh Abdurrahman Assegaf
e. Syekh Burhanuddin Ulakan
14. Ulama yang berjasa membuatkan pendidikan Islam di Jawa Barat ialah …
a. Syekh Muhammad Baha’udin
b. Syekh Abdul Muhyi al Garuti
c. Syekh Yusuf al Makassari
d. Syekh Abdurrahman Assegaf
e. Syekh Burhanuddin Ulakan
15. Kerajaan-kerajaan Islam di nusantara telah merintis terwujudnya idiom kultural yang sama sebagai pendorong terjadinya interaksi budaya yang makin erat, yaitu …
a. Islam
b. jaringan
c. akulturasi
d. kesultanan
e. integrasi
16. Banten sudah menjadi sentra ilmu pengetahuan Islam di pulau Jawa pada periode ke …
a. 14
b. 15
c. 16
d. 17
e. 18
17. Pendidikan agama cukup menonjol ketika Belanda tiba untuk pertama kalinya pada 1596 dan menyaksikan bahwa orang-orang Banten mempunyai guru-guru yang berasal dari Mekkah. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
a. Fransen van der Putte
b. Martin van Bruinessen
c. B.D van Rietschoten
d. Jan Huygen Linshoten
e. JC van Leur
18. Banyak sultan Palembang yang mendorong perkembangan intelektual keagamaan, salah satunya ialah …
a. Sultan Muhammad Bahauddin
b. Sultan Iskandar Muda
c. Sultan Ahmad Burhanuddin
d. Sultan Burhanuddin Ulakan
e. Sultan Hasanuddin Muda
19. Perhatian Sultan Palembang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan Islam tercermin pada …
a. keberadaan pondok pesantren dan masjid di tempat karaton
b. datangya para ulama besar dari mancanegara terutama Timur Tengah
c. giat melaksanakan pengajian dan pendidikan Islam
d. keberadaan perpustakaan keraton yang mempunyai koleksi yang cukup lengkap dan rapi
e. dilakukannya pertukaran pelajar muslim antar kerajaan atau kesultanan di nusantara
20. Semua ilmu yang diberikan di forum pendidikan Islam di nusantara ditulis dalam abjad …
a. Palawa
b. Jawi
c. Arab
d. Pegon
e. Jawa
21. Sebutan untuk abjad Arab di Melayu ialah …
a. huruf Palawa
b. huruf Jawi
c. huruf Arab
d. huruf Pegon
e. huruf Kawi
22. Tujuan pembentukan kasta dalam agama hindu yaitu …
a. pengaturan upacara keagamaan
b. agar ada perkawinan dalam satu kasta
c. agar terang perbedaan antar kasta
d. untuk menjaga kemurnian ras bangsa Arya
e. agar murni tidak campur aduk antar kasta
23. Fungsi-fungsi dari masjid di nusantara yang berada dalam pemukiman penduduk dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat ialah …
a. pemberian aneka macam pesan dan fatwa wacana kehidupan beragama
b. tempat untuk beribadah dan bersosialisasi antar masyarakat
c. pengajaran dan pendidikan untuk keluarga kurang mampu
d. tempat untuk bersembunyi dan berlindng dari serangan penjajah
e. pengajaran dan pendidikan untuk masyarakat umum
24. Bahasa dari negara India yang pengaruhnya paling berpengaruh terhadap bahasa di Nusantara ialah …
a. Pallawa
b. Saka
c. Pali
d. Sansekerta
e. Hindi
25. Ajaran agama Islam yang masuk dan berkembang di Nusantara ialah mengajarkan …
a. semangat bahu-membahu dalam hal kebaikan di lingkungan kelompoknya
b. perbedaan antara agama Islam dan agama lain
c. kebersamaan dan mengembangkan toleransi dalam kehidupan beragama
d. kebebasan dalam berekspresi dan pergaulan
e. kebersamaan dan kebebasan dalam menikmati kegidupan
26. kegiatan perdagangan dan pelayaran pada umumnya berlangsung dalam waktu yang usang sehingga menjadikan …
a. pergaulan dan kekerabatan kebudayaan antara para pedagang satu dan pedagang lain
b. pertengkaran dan perselisihan antara para pedagang dengan penduduk setempat
c. ketertarikan penduduk setempat dengan para pedagang mengenai ilmu dagang
d. pergaulan dan kekerabatan antara pedagang dan penduduk setempat
e. kecurigaan penduduk setempat terhadap para pedagang asing
27. Pengaruh kebudayaan India terhadap kebudayaan nusantara tampak pada kepercayaan masyarakat, berupa …
a. anggapan setiap benda mati mempunyai roh
b. anggapan bahwa roh nenek moyang selalu berada di sekelilingnya
c. seni membuat tempat pemujaan
d. cara bercocok tanam
e. adanya anggapan bahwa raja sebagai keturunan dewa
28. Di Asia Tenggara, bandar perdagangan terbesar pada ketika itu ialah …
a. Malaka
b. Sunda Kelapa
c. Aceh
d. Tuban
e. Pasai
29. Pengaruh kebudayaan Hindu Buddha di nusantara dalam bidang politik ialah …
a. pemilihan raja didasarkan pada kasta
b. hubungan penguasa dan rakyat adlalah kekerabatan insan dengan dewa
c. pergantian pimpinan masyarakat didasarkan pada keturunan
d. gelar yang digunakan pemimpin ialah datuk
e. pemimpin masyarakat dipilih menurut kastanya
30. Jika tidak mempunyai kesamaan bahasa, persatuan tidak terjadi lantaran di antara suku bangsa timbul …
a. perbedaan kebutuhan dan kebudayaan
b. ketertarikan menguasai bangsa lain
c. kecurigaan dan prasangka lain
d. perpecahan dan peeprangan antarsuku
e. rasa iri dan ingi menang sendiri
31. Bukti penggunaan bahasa sansekerta di nusantara sanggup dilihat dari …
a. bahasa sansekerta digunakan sebagai bahasa resmi istana
b. penulisan prasasti peninggalan kerajaan Hindu Buddha yang memakai bahasa sansekerta
c. banyak naskah kuno yang ditemukan di nusantara berbahasa sansekerta
d. banyak kitab dari zaman Hindu Buddha yang memakai bahasa sansekerta
e. bahasa sansekerta digunakan sebagai bahasa pengantar
32. Sebelum agama Hindu dan Budha masuk, penduduk nusantara memakai bahasa tempat atau lokal, yaitu bahasa …
a. sansekerta dan sidddham
b. prenagari dan melayu kuno
c. nagari dan jawa kuno
d. jawa kuno dan melayu kuno
e. pallawa dan melayu kuno
33. Pengaruh Hindu Buddha dalam sistem pemerintahan, salah satunya ialah konsep pendeta ratu, yang artinya ialah raja …
a. yang nomor satu di antara sesamanya
b. biasanya menghormati para Brahmana
c. berasal dari diangkat dari kepala suku
d. dianggap sebagai wakil tuhan di dunia
e. merupakan titisan dewa
34. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk peninggalan sejarah yang becorak Hindu Buddha ialah …
a. Kaligrafi
b. wayang
c. candi
d. seni sastra
e. stupa
35. Tradisi masyarakat nusantara yang dipengaruhi oleh kebudayaan nusantara usang dan kebudayaan Hindu Buddha ialah …
a. berziarah
b. bertapa
c. memelihara anak yatim piatu
d. berpuasa
e. menjaga benda pusaka
36. Letak nusantara yang strategis memperlihatkan laba bagi masyarakat dalam bidang budaya, contohnya yaitu …
a. masyarakat nusantara mengenal corak arsitektur yang gres menyerupai candi dan masjid
b. masyarakat nusantara mulai membentuk kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha
c. pulau-pulau dinusantara dikunjungi banyak pedagang asing
d. masyarakat nusantara sering mengalami peperangan antarsesama lantaran perbedaan keyakinan
e. masyarakat nusantara mulai membentuk kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha
37. Bangunan masjid yang memperlihatkan unsur budaya nusantara terlihat pada penggalan …
a. tempat imam
b. pintu gerbang
c. tiang penyangga
d. atap tumpang
e. bentuk fisik
38. Aksara arab yang digunakan untuk menulis bahasa aceh dan melayu disebut dengan abjad …
a. Hanacaraka
b. Siddham
c. Ajwa
d. Pallawa
e. Pegon
39. Pada zaman Walisanga, karya sastra yang dekat kaitannya dengan problem agama, yaitu …
a. sajak
b. syair
c. puisi
d. suluk bonang
e. naskah drama
40. Karya sastra yang ditulis oleh Hamzah Fansuri di bawah ini ialah …
a. Lelakon Mesda Kuminir
b. Hikayat Cekel Weneng Pati
c. Syair Perahu
d. Syair Ken Tumbunan
e. Hikayat Panji Kuda Sumirang
41. Berikut ini yang termasuk salah satu tokoh sufi yaitu …
a. Cheng Ho
b. Raden Patah
c. Hamzah Fansuri
d. Raden Rahmad
e. Syekh Maulana Malik Ibrahim
42. Penganut tradisi kebatinan kebanyakan orang ialah …
a. Arab
b. Melayu
c. Sunda
d. Jawa
e. Batak
43. Penggunaan sesaji dan bunga tabur dalam tradisi ziarah kubur merupakan bentuk akulturasi antara …
a. tradisi Buddha dan lokal
b. terdisi lokal dan hindu
c. tradisi islam dan lokal
d. tradisi islam dan Hundu Buddha
e. tradisi Hindu dan Buddha
44. Berikut ini ialah rujukan perayaan yang memperlihatkan adanya percampuran antara unsur tradisi islam dengan tradisi lokal
a. hari raya asyuro
b. sekaten
c. hari raya idul fitri
d. ziarah kubur
e. hari raya idul adha
45. Sistem kalender yang diciptakan sultan agung mengganti bulan muharrom diganti dengan bulan …
a. Pasa
b. Mulud
c. Sura
d. Besar
e. Sapar
Soal Esai Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X Terbaru
1. Jelaskan begaimana proses islamisasi di jawa salah satunya melalui dakwah!
2. Bagaimana isi pernyataan Martin van Bruinessen wacana pendidikan agama di banten!
3. Jelaskan bahwa bahasa juga mempunyai tugas yang strategis dalam proses integrasi di nusantara!
4. Bagaimana tradisi religius lokal sebelum kedatangan agama Hindu Buddha maupun Islam!
5. berikan rujukan seni tari yang telah menerima dampak dari Islam!
Demikian latihan soal mata pelajaran Sejarah Indonesia UAS Genap Kelas X. Semoga bermanfat bagi para pembaca. Apabila pembaca belum puas, silahkan baca juga :
Sumber : Buku Pendamping Sejarah Indonesia karya Utami MS, Solo : CV HaKa MJ
0 Response to "Soal Sejarah : Uas Genap Terbaru"
Post a Comment