-->

Pengertian Dan Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pengertian dan jenis pasar persaingan tidak sempurna. Apa itu pasar persaingan tidak sempurna? Apakah ada korelasi antara pasar persaingan tepat dan pasar persaingan tidak sempurna? Pasar persaingan tidak tepat merupakan bab dari pasar output. Pasar output yakni pasar yang memperjualbelikan barang dan jasa yang merupakan output (hasil) dari aktivitas produksi.

Pasar output mempunyai dua macam struktur pasar, yakni pasar persaingan tepat dan pasar persaingan tidak sempurna. Apa perbedaan pasar persaingan tepat dengan pasar persaingan tidak sempurna? Di mana letak perbedaannya? Sebelumnya kita telah membahas perihal pasar persaingan tepat yang mencakup pengertian pasar persaingan sempurna, ciri pasar persaingan sempurna, kebaikan pasar persaingan sempurna, dan keburukan pasar persaingan sempurna. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas perihal pasar persaingan tidak tepat yang mencakup pengertian pasar persaingan tidak tepat dan bentuk pasar persaingan tidak sempurna.
( Baca Juga : Pasar Persaingan Monopolistik, Pasar Monopsoni, dan Pasar Oligopsoni )

1. Pengertian Pasar Persaingan tidak Sempurna

Pengertian pasar persaingan tidak sempurna. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai pasar persaingan tidak sempurna. Ciri pasar persaingan tidak tepat yakni kalau satu atau beberapa ciri dari pasar persaingan tepat tidak terpenuhi. Jadi, pengertian pasar persaingan tidak tepat yakni pasar persaingan tepat yang tidak lengkap ciri- cirinya. Contoh pasar persaingan tidak tepat yakni kalau jumlah penjual tidak banyak, tetapi hanya ada satu atau beberapa penjual sehingga penjual bisa leluasa mengubah harga. Atau bisa juga jumlah pembeli hanya satu atau beberapa sehingga pembeli bisa menekan harga dan membeli dengan harga rendah menyerupai yang diinginkannya. Di Indonesia banyak pola pasar persaingan tidak sempurna, menyerupai pasar listrik (dikuasai satu penjual/produsen yakni PLN), pasar telepon (dikuasai dua penjual/produsen, yakni PT Telkom dan PT Indosat), pasar kendaraan beroda empat (dikuasai beberapa produsen), dan lain-lain.

2. Bentuk Pasar Persaingan tidak Sempurna

Bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Berdasarkan jumlah penjual dan jumlah pembeli, ada beberapa bentuk pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar persaingan monopolistik, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni. Berikut ini klarifikasi singkat perihal bentuk pasar persaingan tidak sempurna.

a. Pasar Monopoli
Pasar monopoli. Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual, yang keduanya berasal dari bahasa Yunani. Jadi, pasar monopoli yakni pasar yang dikuasai oleh satu penjual atau satu perusahaan. Dalam pasar ini penjual mempunyai keleluasaan besar untuk mengubah situasi dan kondisi pasar terutama dalam hal menaikan dan menurunkan harga. Contoh yang gampang kita lihat, saat PLN secara sedikit demi sedikit menaikkan tarif dasar listrik, masyarakat yang terasa keberatan tidak bisa pindah ke perusahaan lain alasannya hanya PLN satu-satunya perusahaan penghasil listrik. Kenaikan tarif dasar listrik pada hasilnya menawarkan pelajaran perihal pentingnya menghemat pemakaian listrik.

b. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli. Oligopoli berasal dari kata oligo yang berarti beberapa dan poli yang berarti penjual. Dengan demikian, pasar oligopoli yakni pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual. Dan kalau pasar tersebut hanya dikuasai oleh dua penjual disebut sebagai pasar duopoli.

c. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik. Sesuai dengan namanya, pasar persaingan monopolistik merupakan bentuk pasar antara pasar persaingan tepat dengan pasar monopoli. Dikatakan menyerupai pasar persaingan tepat alasannya jumlah penjual hampir sebanyak pasar persaingan sempurna. Dikatakan menyerupai pasar monopoli alasannya pada pasar ini setiap perusahaan punya kekuasaan monopoli walau kecil, yakni sebatas pada barang yang diproduksinya sendiri. Contoh pasar persaingan monopolistik yakni pasar pakaian, pasar sepatu, pasar majalah, pasar boneka, pasar tas, dan lain-lain.

Pengertian dan jenis pasar persaingan tidak tepat Pengertian dan Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

d. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni. Pasar monopsoni yakni pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli. Jadi, dalam pasar ini jumlah penjualnya banyak, tetapi pembelinya hanya ada satu. Contohnya: pasar sayuran di tempat terpencil, umumnya akan kesulitan menjual produknya ke tempat lain. Oleh alasannya itu, mereka terpaksa menjualnya ke seorang pedagang yang ada di tempat tersebut. Dengan demikian, pedagang yang hanya seorang itu menguasai pembelian sayuran di tempat tersebut

e. Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni. Pasar oligopsoni yakni pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli. Dalam pasar ini jumlah penjual banyak, sedang pembelinya hanya beberapa. misalnya pasar wortel di suatu desa. Di sini para petani wortel bisa menjual wortelnya ke beberapa pedagang di desanya untuk dijual lagi ke kota.
( Baca Juga : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Kebaikan serta Keburukan Pasar Oligopoli )

Demikian klarifikasi singkat kami perihal pasar persaingan tidak tepat yang mencakup pengertian pasar persaingan tidak sempurna, bentuk pasar persaingan tidak tepat yang terdiri dari pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar persaingan monopolistik, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni. Semoga artikel kami yang membahas perihal tentang pasar persaingan tidak tepat yang mencakup pengertian pasar persaingan tidak sempurna, bentuk pasar persaingan tidak tepat yang terdiri dari pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar persaingan monopolistik, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "Pengertian Dan Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel