-->

Pengertian, Ciri, Kebaikan, Dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian, Ciri, Kebaikan, dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian, ciri, kebaikan, dan keburukan pasar persaingan sempurna. Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna? Mengapa pasar disebut dengan pasar persaingan sempurna? Jika ada pasar persaingan sempurna, apa ada juga pasar persaingan tidak sempurna? Apa kekerabatan antara pasar persaingan tepat dan pasar persaingan tidak sempurna?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana pasar persaingan tepat dan menjawab semua pertanyaan berkaitan dengan pasar persaingan sempurna. Sebelum mempelajari pasar persaingan sempurna, kita akan membahas wacana pasar output. Pasar output yaitu pasar yang memperjualbelikan barang dan jasa yang merupakan output (hasil) dari acara produksi.

Pasar output mempunyai dua macam struktur pasar, yakni pasar persaingan tepat dan pasar persaingan tidak sempurna. Apa perbedaan pasar persaingan tepat dengan pasar persaingan tidak sempurna? Di mana letak perbedaannya? Berikut ini yang pertama kita bahas yaitu pasar persaingan tepat yang mencakup pengertian pasar persaingan sempurna, ciri pasar persaingan sempurna, kebaikan pasar persaingan sempurna, dan keburukan pasar persaingan sempurna.

( Baca Juga : Pengertian dan Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna )

1. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian pasar persaingan sempurna. Hal pertama yang kita pelajari wacana pasar persaingan tepat yaitu pengertian pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan tepat yaitu salah satu pasar yang mempunyai banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak bisa memengaruhi harga pasar. Pada pasar persaingan sempurna, harga yang terbentuk sungguh-sungguh mencerminkan cita-cita penjual dan pembeli secara keseluruhan (bersama-sama). Pasar persaingan tepat merupakan bentuk pasar yang paling baik dan ideal, lantaran pasar persaingan tepat bisa menjamin terjadinya acara produksi yang sangat efisien. Namun, dalam kenyataannya hampir tidak ada satu pun pasar yang bisa memenuhi seluruh ciri pasar persaingan sempurna. Selalu saja ada salah satu ciri yang tidak dipenuhi.

2. Ciri Pasar Persaiangan Sempurna

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Agar kita bisa mengenali lebih jauh wacana pasar persaingan sempurna, berikut ini merupakan ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Adapun ciri-ciri pasar persaingan tepat yaitu sebagai berikut.

a. Jumlah Pembeli dan Penjual Sangat Banyak
Ciri yang pertama dari pasar persaingan tepat yaitu jumlah pembeli dan penjual sangat banyak. Karena jumlah penjual dan pembeli sangat banyak maka masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak akan bisa memengaruhi harga pasar. Tak akan ada gunanya seorang pembeli menawar harga lantaran penjual tidak akan menurunkannya alasannya yaitu masih banyak pembeli yang lain. Tak ada gunanya pula seorang penjual menaikkan harga lantaran seluruh pembeli akan segera berpindah ke penjual lain. Keadaan ini sangat berbeda dengan pasar persaingan tidak tepat yang kadangkadang hanya ada satu penjual atau produsen yang menguasai penjualan barang sehingga sanggup seenaknya menaikkan harga, dan konsumen tidak bisa berpindah ke penjual/produsen lain.

b. Barang dan Jasa yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen
Ciri yang kedua dari pasar persaingan tepat yaitu barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen.. Bersifat sejenis berarti barang dan jasa yang diperjualbelikan mempunyai ciri dan kualitas yang sama. Konsumen pun beranggapan bahwa antara barang dan jasa satu dengan yang lain tidak mempunyai perbedaan.

c. Pembeli dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar dengan Sempurna
Ciri yang ketiga dari pasar persaingan tepat yaitu pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar dengan sempurna. Mengetahui keadaan pasar dengan sempurna, artinya pembeli mengetahui keadaan, kualitas dan harga barang maupun jasa yang akan dibeli. Demikian juga dengan penjual, kalau seorang penjual atau produsen menaikkan harga barang untuk mencari keuntungan lebih banyak maka pembeli akan segera beralih ke penjual lain. Akan tetapi, kalau ada penjual yang berani menurunkan harga maka pembeli akan berbondong-bondong membeli ke penjual tersebut. Ini bisa terjadi lantaran pembeli mengetahui dengan baik wacana kualitas dan harga barang.

d. Pembeli dan Penjual Bebas Keluar Masuk Pasar
Ciri yang keempat dari pasar persaingan tepat yaitu pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar. Pasar persaingan tepat menawarkan kebebasan bagi penjual untuk berdagang dan pembeli untuk berbelanja. Bila sewaktu-waktu penjual atau pembeli ingin keluar dari pasar maka pasar tidak akan menghalanginya. Dengan kata lain, siapa pun bebas keluar masuk pasar.

e. Faktor-Faktor Produksi Bebas Bergerak
Ciri yang kelima dari pasar persaingan tepat yaitu faktor-faktor produksi bebas bergerak. Dalam pasar ini, faktor-faktor produksi menyerupai materi baku, tenaga kerja, mesin, dan pengusaha sanggup bebas bergerak ke mana pun tanpa ada halangan. Pemerintah tidak turut campur dalam menentukan harga atau menawarkan akomodasi khusus bagi produsen tertentu. Dengan demikian, prosedur yang terjadi dalam pasar ini benar-benar bebas dari campur tangan pemerintah.

f. Tidak Ada Campur Tangan Pemerintah
Ciri yang keenam dari pasar persaingan tepat yaitu tidak ada campur tangan pemerintah. Dalam kenyataan, keadaan pasar yang memenuhi seluruh ciri pasar persaingan tepat tidak pernah ada menyerupai yang telah dijelaskan sebelumnya. Yang ada hanyalah pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna, menyerupai pasar yang menjual hasil pertanian, contoh: pasar buah, pasar sayur, pasar jagung, pasar kedelai, dan lain-lain. Begitu banyaknya hasil pertanian yang dihasilkan oleh banyak petani, yang dijual secara bersamaan dikala panen, akan menyulitkan pembeli untuk mengetahui perbedaan produk petani yang satu dengan petani yang lain. Petani secara perseorangan tidak akan bisa memengaruhi harga pasar yang sudah terbentuk. Bila seorang petani berani menaikkan harga maka pembeli akan segera berpindah ke petani yang lain.

3. Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan tepat mempunyai kebaikan dan keburukan. Berikut ini kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna.

Yang pertama kita bahas dalam kebaikan dan keburukan pasar persaingan tepat yaitu kebaikan pasar persaingan sempurna. Ada banyak kebaikan pasar persaingan sempurna. Kebaikan pasar persaingan tepat yaitu sebagai berikut.

a. Mampu mendorong efisiensi (penghematan) dalam produksi
Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan produsen berjumlah banyak, sehingga antarpenjual atau produsen akan berusaha menciptakan produk dengan mutu yang baik dengan biaya sehemat mungkin. Lain halnya kalau jumlah produsen hanya satu menyerupai pada pasar monopoli, produsen cenderung akan kurang efisien dalam berproduksi lantaran tidak ada saingan. Dengan demikian kebaikan pasar persaingan tepat yaitu bisa mendorong penghematan dalam produksi.

b. Tidak memerlukan iklan
Karena barang dan jasa dalam pasar persaingan tepat bersifat sejenis (serba sama) maka para produsen atau penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan. Dalam pasar persaingan tepat percuma beriklan, lantaran memang barang dan jasa yang dijual serba sama. Kaprikornus dalam pasar persaigan tepat tidak memerlukan iklan.

c. Pembeli dan penjual bebas bertindak
Pasar persaingan tepat menawarkan keleluasaan bagi penjual untuk keluar masuk pasar kapan saja. Siapa saja yang mempunyai modal dalam pasar persaingan tepat bisa segera masuk sebagai penjual atau produsen, dan siapa saja yang merasa rugi bisa segera keluar dari pasar. Demikian juga dengan pembeli, kapan saja pembeli bisa berbelanja kebutuhannya tanpa ada yang menghalangi di pasar persaingan sempurna.

d. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli;
Pada pasar persaingan tepat harga yang terbentuk benar-benar merupakan hasil tarik-menarik seluruh seruan dan seluruh penawaran. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual yang bisa merugikan para pembeli. Harga juga tidak dikendalikan oleh satu pembeli yang bisa merugikan para penjual.

Selain mempunyai kebaikan, pasar persaingan tepat juga mempunyai keburukan. Keburukan pasar persaingan tepat juga ada banyak. Beberapa diantara keburukan pasar persaingan tepat yaitu sebagai berikut.

 dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna Pengertian, Ciri, Kebaikan, dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

a. Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk
Karena keuntungan yang diperoleh produsen atau penjual dalam pasar persaingan tepat bersifat normal (secukupnya) maka produsen atau penjual tidak bisa menyisihkan dana untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan produk. Dengan demikian, penemuan (penemuan baru) akan lambat diperoleh dalam pasar persaingan sempurna.

b. Terbatasnya kebebasan menentukan bagi pembeli
Karena barang dan jasa yang diperjualbelikan di pasar persaingan tepat bersifat sejenis (serba sama) maka konsumen tidak bisa menentukan sesuai selera dan tingkat pendapatannya di pasar persaingan sempurna.

c. Demi efisiensi (penghematan) biaya produksi,
Di pasar persaingan tepat kadang-kadang produsen atau penjual menawarkan upah/gaji yang terlalu rendah bagi pekerjanya.
( Baca Juga : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Kebaikan serta Keburukan Pasar Monopoli )

Demikian klarifikasi singkat kami wacana pengertian pasar persaingan sempurna, ciri pasar persaingan sempurna, kebaikan pasar persaingan sempurna, dan keburukan pasar persaingan sempurna. Semoga artikel kami yang membahas wacana pengertian pasar persaingan sempurna, ciri pasar persaingan sempurna, kebaikan pasar persaingan sempurna, dan keburukan pasar persaingan tepat bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "Pengertian, Ciri, Kebaikan, Dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel