Proposal Perjuangan Studi Kelayakan Bisnis Star Comp
Proposal Usaha Studi Kelayakan Bisnis Star Comp
PENDAHULUANA. Nama Perusahaan
Nama perjuangan yang akan kami dirikan yaitu “Fa. STAR COMP”. Merupakan perjuangan yang bergerak dibidang penjualan komputer dan aksesoris serta jasa servis komputer.
B. Lokasi
Fa. STAR COMP yang berlokasi di jalan kaligarang no.14 Semarang. Fasilitas pendukung dalam hal ini yaitu ruko/tempat berada dipinggir jalan raya.
C. Deskripsi Batasan Proyek
Di tempat semarang bisnis penjualan komputer dan aksesoris sudah menjamur, namun masih banyak juga yang membutuhkannya. Hal ini dilihat dari setiap ekspo komputer di semarang,antusias masyarakat yang tiba dan membeli cukup besar,maka dari itu kami mendirikan perjuangan penjualan komputer dan asesoris serta jasa servis komputer. Akses dana sebagai modal awal sanggup diperoleh melalui pinjman bank. Karyawan yang dipekerjakan cukup berpengalaman dan hebat pada bidangnya.
D. Tujuan Proyek Jangka Panjang
Proyek ini bertujuan untuk membangun perjuangan jangka panjang dalam bidang penjulan komputer dan asesoris serta jasa servis komputer.
E. Kriteria Kelayakan
Studi kelayakan bisnis ini dikatakan berhasil kalau sanggup mengembalikan dana investasi selama 2th dan memperoleh laba sebesar 70%.
F. Beberapa Pedoman Dasar Proyek
1. Dasar Pemikiran
Di zaman kini ini barang elektronik, ibarat komputer atau laptop sangat dibutuhkan, guna mempermudah pekerjaan manusia. Oleh lantaran itu kami mendirikan perjuangan penjualan komputer dan asesoris serta jasa servis komputer di daearah semarang, yang mana mempunyai prospek yang sangat menguntungkan.
2. Status Proyek dan Jadwal
Waktu yang digunakan untuk menjalankan studi hingga proyek ini berjalan direncanakan memakan waktu 4 bulan untuk tahap pertama yaitu mulai dari persiapan pembuatan studi, survey dan persipan pelaksanaan proyek
3. Inti Bisnis Awal
Inti dari perjuangan ini yaitu penjualan majemuk asesoris komputer dan laptop untuk membuatnya elok dan menarik serta menyediakan jasa servis untuk melindungi komputer dan laptop,hardware atau software.
4. Cara Pendanaan
Usaha ini berbentuk firma dengan sumber dana dari dukungan bank sebesar 60% dengan bunga tetap per bulan 3% dan modal bersama anggota firma sebesar 40%.
5. Biaya Investasi
Dana yang diangaarkan dalam perjuangan ini sebesar Rp 200.000.000,00. Dana ini akan dialokasikan untuk beberap hal yaitu:
1. Biaya sewa tempat(1 tahun) 10.000.000,00
2. Pembelian produk jual 161.000.000,00
3. Perlengkapan 10.000.000,00
4. Pengurusan ijin 3.480.000,00
5. Komputer 2.520.000,00
6. Kendaraan 5.000.000,00
7. Renovasi tempat 8.000.000,00
Total 200.000.000,00
6. Tim Study
Tim studi ini akan dilaksanakan oleh tim firma yang akan dipimpin oleh ketua dan bekerja sama dengan forum terkait di Semarang.
G. Asumsi-asumsi utama dan ringkasan hasil temuan dan kesimpulan
1. Aspek manajemen dan organisasi
Struktur manajeman memakai organisasi sederhana dengan 2 devisi yaitu devisi pemasaran dan devisi akuntansi. Sedangkan untuk sistem penggajian untuk pimpinan sebesar Rp 1.250.000, untuk kepala servis Rp 1.000.000, untuk potongan pemasaran Rp 700.000, potongan manajemen Rp 600.000 dan karyawan masing-masing Rp 500.000 per bulan.
2. Aspek Pemasaran
Dilihat dari kondisi permintaan, permintaan akan produk dikatakan sangat besar lantaran alasan yang sudah disebutkan sebelumnya.
Pada tahun 2010 prosentase permintaan computer mencapai 35% seSemarang, dan dperkirakan didaerah kaligarang sampangan permintaan akan computer mencapai 600 unit per tahunnya. Berdasarkan observasi, Usaha yang homogen gres terdapat 4 di tempat kaligarang sampangan yang sanggup diperhitungkan aktivitasnya dengan produk tidak lebih dari 40 unit PC perbulan atau 480 unit PC pertahunnya. Yang mana masyarakat sekitar diperkirakan membutuhkan 50 unit PC perbulan atau 600 unit PC pertahunnya. Permintaan akan aksesorispun meningkat, jasa servise jg dibutuhkan, dengan adanya star comp, diharapkan sanggup memenuhi kebutuhan akan aksesoris dan jasa servise.
3. Aspek Teknik
Proses produksi berlangsung di toko, dimana ditoko tersebut terdapat ruang servis dan ruang transaksi jual beli. Produk yang dijual berupa komputer, aksesoris dan jasa servis. Produk-produk yang dijual merupakan produk yang baik dan perakitan yang baik. Kami juga selalu menjual produknya dalam keadaan bersegel sehingga kualitasnya terjaga. Penjualan produksi memakai dua cara, yaitu yang pertama sebagai penyuplai ke warnet-warnet, sekolah-sekolah dan universitas-universitas. Yang kedua, kita melayani konsumen yang tiba ketoko langsung.
4. Aspek Finansial
Sumber dana yang dianggarkan dalam perjuangan ini sebesar Rp 200.000.000,00. Sumber dana tersebut berasal dari 60% dukungan bank dengan bunga tetap perbulan 3% dan 40% dari modal anggota.
5. Aspek Perpajakan
Bentuk perjuangan ini yaitu Firma yang kegiatannya berada di atas tanah dan bangunan. Pengenaan pajak pada perjuangan ini lantaran pemilik telah mendaftar pada instansi terkait dan telah menerima NPWP.
ASPEK USAHA
Produksi
1. Siklus dari produk
Siklus dalam perjuangan ini mencakup pembelian produk jual ibarat aksesoris (flashdisk, mouse, keyboard protector, keyboard, headset, modem GSM dan CDMA, Nb color dll) dan hardware. Perakitan perakitan disini maksudnya yaitu perakitan komputer. Kami memperlihatkan paket Pentium 4, paket hemat lengkap, paket student lengkap, paket mahasiswa, dan paket office, sesudah selesai dirakit, produk siap dijual.
Komposisi dari paket-paket tersebut antara lain :
1) Paket Pentium 4 Rp 1.300.000
• INTEL P4/2,4 Ghz tray
• THREE-TECHi915/478
• On board : vga, sound, lan
• DDR2/667,512 MB
• 160 GB SATA SEAGATE
• DVD RW SONY 24x SATA
• CAS. MAX POWER 450w
• MOUSE OPTIC SAMI Ps2
• KEYBOARD SAMI Ps2
2) Paket Ekonomis lengkap Rp 2.000.000
• AMD ATLON 64/3200
• MB ADVANCE S 761
• On board : vga, sound, lan
• DDR 1/ 1GB Pc 3200 (Life Time Waranty)
• 40 GB SATA SEAGATE
• DVD RW LITE ON
• CASING VOTRE 450w (usb front panel)
• MOUSE OPTIC VOTRE
• KEYBOARD VOTRE Ps2
• LED ADVANCE 14”
3) Paket Student lengkap Rp 2.400.000
• PENTIUM 4/2,80 Ghz
• MB J & W G-31MK II
• On board : vga, sound, lan
• VISIPRO DDR2/800/1GB (Life time waranty)
• 250 GB SATA SEAGATE
• DVD RW SONY 24x SATA
• CAS. MAX POWER 500w (usb front panel)
• MOUSE OPTIC SAMI Ps2
• KEYBOARD SAMI Ps2
• LED ACER 15,6”
4) Paket Mahasiswa Rp 2.500.000
• MB BIOSTAR G 41
• On board : vga, sound, lan
• VISIPRO DDR3/1GB (Life time waranty)
• 250 GB SATA SEAGATE
• DVD RW SONY 24x SATA
• CAS. MAX POWER 500w (usb front panel)
• MOUSE OPTIC SAMI Ps2
• KEYBOARD SAMI Ps2
5) Paket Office Rp 2.500.000
• MB ECS DG 41 TM 12
• On board : vga, sound, lan
• VISIPRO DDR3/1GB (Life time waranty)
• DVD RW SONY 24x SATA
• CAS. POWER PRO 470W (usb front. transparan)
• MOUSE OPTIC SAMI Ps2
• KEYBOARD SAMI Ps2
2. Pemilihan produk
Usaha penjualan komputer dan aksesoris serta jasa servis dipilih lantaran mempunyai prospek masa depan yang cerah, lantaran semakin berkembangnya zaman, semakin banyak juga yang memakai komputer untuk mempermudah pekerjaan.
3. Rencana kualitas
Kami akan mengusahakan produk yang dijual dengan kualitas yang baik. Kualitas produk sanggup diantisipasi dengan pemilihan produk yang baik dan perakitan yang baik. Kami juga selalu menjual produknya dalam keadaan bersegel sehingga kualitasnya terjaga.
4. Tata Letak Usaha
Letak perjuangan penjualan computer,aksesoris dan jasa servise computer ini stategis, akrab kampus, Rumah Sakit, Polwiltabes.
5. Perencanaan Layout
Keterangan :
1. Ruang Servis
2. Etalase
3. Etalase
4. Etalase
Peralatan yang digunakan antara lain :
• Meja dingklik diruang servis
• Obeng kecil digunakan dalam servis komuter
• Drei kecil digunakan dalam servis computer
• Dan alat lain sebagainya dalam proses servis computer berlangsung
• Meja dingklik di toko/ ruang penjualan
6. Jumlah Produksi
Untuk memenuhi permintaan pasar tiap bulannya menyediakan 10 PC siap dijual atau sebanyak 120 PC per tahun dan aneka macam macam aksesoris. Setiap bulannya mendapatkan 1 kali jasa servis atau 12 kali per tahun yang diperkirakan akan mengisi market sale dari daftar permintaan.
7. Metode Persediaan
Metode yang digunakan FIFO yang artinya persediaan yang siap dulu dan memenuhi standar yang akan di jual kepada konsumen.
PASAR DAN PEMASARAN
1. Bentuk Pasar
Bentuk pasarnya persaingan tepat yaitu suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli sama banyaknya dan mereka berhak untuk menjual maupun membeli dari siapa dan kesiapa, semua pihak tidak sanggup memilih harga produk tetapi harganyaterjadi lantaran adanya kekuatan menawar antara pihak penjual dan pembeli.
2. Peramalan Permintaan dan Penawaran
Dilihat dari kondisi permintaan, permintaan akan produk dikatakan sangat besar lantaran alasan yang sudah disebutkan sebelumnya.
Pada tahun 2010 prosentase permintaan computer mencapai 35% seSemarang, dan dperkirakan didaerah kaligarang sampangan permintaan akan computer mencapai 600 unit per tahunnya. Berdasarkan observasi, Usaha yang homogen gres terdapat 4 di tempat kaligarang sampangan yang sanggup diperhitungkan aktivitasnya dengan produk tidak lebih dari 40 unit PC perbulan atau 480 unit PC pertahunnya. Yang mana masyarakat sekitar diperkirakan membutuhkan 50 unit PC perbulan atau 600 unit PC pertahunnya. Permintaan akan aksesorispun meningkat, jasa servise jg dibutuhkan, dengan adanya star comp, diharapkan sanggup memenuhi kebutuhan akan aksesoris , permintaan computer dan jasa servise.
3. Peluang Pasar dan Proyeksi Penjualan
Dari 50 unit permintaan pasar gres terpenuhi 40 unit dan masih terdapat 10 unit permintaan yang belum terpenuhi. Dengan sumber daya yang dimiliki diharapkan perjuangan kami sanggup mengisi permintaan sebanyak 10 unit perbulan atau 120 unit pertahun.
4. Segmen – Target – Posisi pasar
Di masa kini PC atau laptop tidak lagi merupakan barang glamor sehingga banyak kalangan yang menggunakannya. Dengan keunggulan koparatif yang dimiliki kami mencoba untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin menjanjikan ini, dengan sasaran pasar masyarakat semarang.
5. Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen
Konsumen selalu menginginkan kualitas produk yang sangat baik. Oleh lantaran kami akan selalu berusaha untuk menjaga kualitas produk yang kami jual. Kualitas produk sanggup diantisipasi dengan pemilihan produk yang baik dan perakitan yang baik. Kami juga selalu menjual produknya dalam keadaan bersegel sehingga kualitasnya terjaga.
6. Program pemasaran
a) Analisa Persaingan
Jika membandingkan antara permintaan dan penawaran yang diuraikan diatas permintaan dirasa bukan merupakan factor ancaman, tetapi untuk mengantisipasi perusahaan akan selalu mengawasi dan menjaga kualitas produknya.
b) Strategi pemasaran
Dengan harga yang bersaing dan kualitas produk yang baik diharapkan produk akan gampang untuk diterima oleh masyarakat. Kami juga akan mengembangkan isu berupa pamflet, via facebook dan mengikuti ekspo komputer untuk memberi tahu pada masyarakat perihal produknya.
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
1. Identitas
Usaha kami merupakan jenis perjuangan yang berbentuk firma. Bentuk firma dipilih lantaran karakteristiknya sesuai komposisi pemilik dan pencetus perjuangan ini. Usaha ini dijalankan oleh 4 orang yang merupakan anggota firma dan 2 orang yang dipekerjakan melalui proses rekuitmen.
2. Legalitas
Karena perjuangan ini berbentuk firma maka unsur legalitas diharapkan untuk menjamin kelangsungan perjuangan ini. Kami mendaftarkan perjuangan ini pada Asosiasi Komputer Indonesia atau AKOMINDO. Dengan biaya Rp 980.000/bulan. Perusahaan juga mendaftarkan usahanya pada Akta Notaris dengan biaya 1.500.000 dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) sebesar 1.000.000.
3. Pengorganisasian
Tugas dari masing-masing potongan sebagai berikut:
a. Pimpinan
Ø Mewakili nama firma dalam lingkup profesionalisme
Ø Mengawasi jalannya kegiatan dalam firma
b. Bagian Pemasaran
Ø Memasarkan produk kepada konsumen
Ø Menentukan daerah-daerah pemasaran
c. Administrasi
Ø Menginput penghasilan dan pengeluaran
d. Kepala Service
Ø Mengurusi servis barang ke distributor
e. Karyawan
Ø Jaga toko
Ø Menjual barang
Perencanaan Sumber Daya Manusia
Agar Firma mempunyai sumber daya insan yang berkualitas, maka dalam merekrut karyawan gres mempunyai beberapa kualifikasi, antara lain :
a) Bagian Pemasaran
• Pendidikan minimal SMA/SMK
• Pria atau wanita
• Berpenampilan sopan dan menarik
• Rajin dan pekerja keras
b) Administrasi
• Pendidikan minimal Sekolah Menengah kejuruan jurusan akuntansi
• Wanita
• Berpenampilan menarik dan sopan
• Rajin dan pekerja keras
c) Kepala servis
• Pendidikan minimal SMA/SMK
• Berpenampilan sopan dan menarik
• Pengalaman minimal 1 tahun
• Rajin dan pekerja keras
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sanggup terjadi oleh aneka macam sebab, antara lain lantaran keputusan perusahaan, impian karyawan, pension, kontrak kerja, meninggal dunia, dan sebagainya. Adapun pesangon yang diberikan yaitu 50% apabila karyawan diberhentikan oleh perusahaan dan 25% dari honor apabila karyawan tersebut berhenti lantaran keinginannya sendiri.
Analisis Pekerjaan
Analisis pekerjaan yg akan dilakukan oleh firma merupakan suatu perjuangan firma untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan firma hingga sejauh mana. Hal-hal yang dilakukan dalam analisis pekerjaan antara lain:
1. Memeriksa hasil dari perakitan hingga computer yang siap dijual, apakah kuantitas dari hasil penjualan computer sama dengan perakitan computer. Apabila penjualan computer lebih dari 70% maka proses pengelolaan perjuangan dianggap berhasil.
2. Memeriksa pemilihan komponen yang elok untuk perakitan computer apakah sanggup menghasilkan komputer yang berkualitas baik atau tidak. Apabila 50% dari komputer yang berkualitas baik yang dibentuk maka proses pemilihan komponen untuk perakitan komputer dianggap berhasil.
0 Response to "Proposal Perjuangan Studi Kelayakan Bisnis Star Comp"
Post a Comment