-->

Kedudukan Akuntansi Sektor Publik (Lembaga/ Instansi Pemerintah)

Kedudukan akuntansi sektor publik (akuntansi lembaga/ instansi pemerintah). Setelah sebelumnya kami sampaikan ihwal apa itu sektor publik dan sektor swasta, maka selanjutnya akan kita pelajari ihwal kedudukan dari akuntansi sektor publik. Jika anda masih galau ihwal perbedaan atau persamaan sektor publik dan swasta, anda sanggup membuka artikel : Apa itu sektor publik dan sektor swasta.

Sebagai bab dari ilmu akuntansi, tentu kita bertanya-tanya ihwal posisi akuntansi publik itu di sebelah mana. Dengan mempelajari kedudukan dari akuntansi publik (pemerintahan) diharapkan kita juga tahu ihwal kekerabatan antara akuntansi publik dengan akuntansi yang lain.

Macam/ Bentuk Akuntansi

Secara umum, akuntansi dibedakan atas akuntansi sektor swasta dan akuntansi sektor publik. Menurut Sugiyanto dkk akuntansi terdiri dari 2 bidang utama yaitu :

1. Akuntansi Komersial/ Perusahaan (Commercial Accounting)

Akuntansi yang pertama yaitu akuntansi komersil. Dalam akuntansi komersial, data akuntansi digunakan untuk memperlihatkan gosip keuangan kepada manajemen, pemilik modal, penanam modal, kreditur, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan perusahaan tersebut. Seperti pemerintah untuk kepentingan atas laporan keuangan perusahaan sebagai dasar dalam penetapan pajak.

Akuntansi komersial ialah akuntansi yang digunakan untuk mencatat insiden ekonomi pada entitas bisnis (perusahaan) yang mencari keuntungan atau keuntungan (profit oriented). Dalam akuntansi komersial, ini dikenal adanya proses pencatatan harian, penjurnalan, posting ke buku besar, pembuatan neraca saldo, pembuatan neraca lajur, dan pembuatan laporan keuangan. Laporan keuangan yang dimaksud ialah laporan neraca, laporan keuntungan rugi, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

Jenis akuntansi ini pada umumnya dipelajari pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan perusahaan manufaktur. Yang mana ketiga jenis perusahaan ini umumnya mengarah pada keuntungan atau mencari keuntungan.

2. Akuntansi Sektor Publik

Bentuk akuntansi yang kedua yang sedang kita pelajari yaitu akuntansi sektor publik. Akuntansi sektor publik ialah akuntansi yang digunakan untuk mencatat insiden ekonomi pada organisasi non profit atau nirlaba (perusahaan yang tidak berorientasi pada keuntungan). Secara sederhana akuntansi sektor publik ini banyak digunakan oleh organisasi sektor publik, menyerupai partai politik, masjid, Puskesmas, rumah sakit, sekolah atau universitas, forum swadaya masyarakat, dan pemerintah pusat.

Dalam praktek keseharian, pengelola entitas ekonomi perlu mempunyai keahlian akuntansi sektor publik biar laporan yang disajikan sesuai dengan standar akuntansi keuangan sektor publik atau yang lebih dikenal dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Selanjutnya, akuntansi sektor publik dibedakan atas akuntansi pemerintahan dan akuntansi sosial

a. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
Dalam akuntansi pemerintahan data akuntansi digunakan untuk memperlihatkan gosip mengenai transaksi ekonomi dan keuangan pemerintah kepada pihak eksekutif, legislatif, yudikatif, dan masyarakat.

Akuntansi pemerintahan dibedakan atas akuntansi pemerintah sentra dan akuntansi pemerintah kawasan yang sering disebut dengan akuntansi keuangan daerah. Akuntansi pemerintah kawasan terdiri dari akuntansi pemerintah provinsi dan akuntansi pemerintah Kabupaten Kota.

Akuntansi keuangan kawasan ialah akuntansi yang digunakan untuk mencatat insiden ekonomi pada entitas ekonomi di lingkungan pemerintahan daerah. Akuntansi keuangan kawasan ini dibutuhkan sejalan dengan semangat otonomi kawasan yang harus mengelola keuangan kawasan secara terpisah dari pemerintahan sentra dan sekaligus melaporkan kesudahannya secara transparan kepada publik untuk mencapai tujuan tersebut. Pemerintah perlu mengatur standar akuntansi pemerintahan kawasan biar sanggup digunakan secara seragam di seluruh pemerintahan daerah

b. Akuntansi sosial social accounting
Akuntansi sosial merupakan bidang akuntansi khusus untuk diterapkan pada forum dalam artian forum yang melayani perekonomian nasional. Akuntansi sosial ialah akuntansi yang digunakan untuk mencatat insiden ekonomi pada organisasi non profit atau nirlaba secara sederhana.  Akuntansi sosial ini banyak digunakan oleh organisasi sektor publik, misalnya partai politik, masjid, Puskesmas, rumah sakit, sekolah atau universitas, dan forum swadaya masyarakat.

Untuk lebih jelasnya ihwal kedudukan akuntansi publik (lembaga instansi pemerintah), anda sanggup melihat pada gambar di bawah ini :

 Setelah sebelumnya kami sampaikan ihwal apa itu sektor publik dan sektor swasta Kedudukan Akuntansi Sektor Publik (Lembaga/ Instansi Pemerintah)

Pada gambar di atas, terlihat terperinci bagaimana posisi dan kedudukan dari akuntansi publik. Jadi, secara umum akuntansi di bagi menjadi 2, yaitu akuntansi komersil dan akuntansi sektor publik. Sektor publik sendiri terdiri dari akuntansi pemerintah dan sosial. Dan di akhir, akuntansi pemerintah dibagi menjadi akuntansi pemerintah sentra dan pemerintah kawasan (kabupaten/ kota)

0 Response to "Kedudukan Akuntansi Sektor Publik (Lembaga/ Instansi Pemerintah)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel