-->

7 Jenis Kebutuhan Anak Usia Sekolah Menengah (Murray)

Jenis-jenis kebutuhan anak usia sekolah menengah (SMP SMA) berdasarkan Murray. Setiap insan melaksanakan acara dalam rangka memenuhi kebutuhan (needs) hidupnya. Murray mengelompokkan kebutuhan menjadi dua kelompok besar, yaitu viscerogenic, dan psychogenic. Kebutuhan viscerogenic yaitu kebutuhan secara biologis, yaitu kebutuhan untuk makan, minum, bernafas dan lain sebagainya yang berorientasi pada kebutuhan untuk mempertahankan hidup. Sedangkan kebutuhan psychogenic yaitu kebutuhan sosial atau social motives.

Kebutuhan seseorang dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.Faktor internal yaitu faktor yang mensugesti kebutuhan dari dalam diri individu, atau tujuannya ada di dalam acara itu sendiri.Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang mensugesti kebutuhan individu dari luar, atau tujuan suatu acara berada di luar kegiatannya itu sendiri.

Jenis-jenis kebutuhan anak usia sekolah menengah berdasarkan Murray

Lantas, untuk apa kita harus mengetahui kebutuhan anak usia sekolah menengah? Zaman telah berganti, kebutuhan siswa zaman dahulu berbeda dengan zaman sekarang, kita tidak sanggup membandingkan kebutuhan waktu kita sekolah dulu dengan kebutuhan anak sekolah zaman sekarang. Dengan mengetahui kebutuhan anak usia sekolah, sebagai guru kita akan sanggup memilih metode apa yang sempurna untuk mengatasi banyak sekali permasalahan anak usia sekolah menengah.

Berdasarkan pendapat Murray, maka jenis kebutuhan yang lebih banyak didominasi pada usia anak sekolah menengah yaitu sebagai berikut : need for affiliation (n aff), need for aggression (n agg), autonomy needs (n aut), counteraction, need for dominance (n dom), exhibition (n exh), dan sex. Keenam kebutuhan anak usia sekolah tersebut akan kita bahas satu persatu dalam artikel ini.

Kebutuhan Anak Usia Sekolah Pertama : Need for Affiliation (n Aff)
Need for Affiliation (n Aff) yaitu kebutuhan untuk bekerjasama dengan orang lain ibarat sahabat sebaya, setia kawan, mengerjakan sesuatu untuk teman, berpartisipasi dalam kelompok sebaya, kebutuhan untuk membentuk persahabatan baru, dorongan untuk mencari mitra sebanayak mungkin, mengerjakan pekerjaan bersama-sama, dekat dengan teman, dorongan untuk menulis persahabatan, dan sebagainya. Pada usia dewasa kebutuhan untuk membentuk kelompok ini terkadang mengakibatkan problem dengan terbentukknya gang atau kelompok yang saling bertentangan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Kebutuhan Anak Usia Sekolah Pertama : Need for Aggression (n Agg) 
Need for Aggression yaitu kebutuhan untuk melaksanakan tindakan kekerasan, menyerang pandangan yang berbeda dengan dirinya, memberikan pandangan wacana jalan pikiran orang lain, mengecam orang lain secara terbuka, melukai perasaan orang lain, mempermainkan orang lain, dorongan untuk membaca informasi yang menjurus kepada kekerasan ibarat perkosaan, dan lain seabagainya yang sejenis. Dorongan ini mengakibatkan anak dewasa suka melaksanakan tawuran/perkelahian.

Kebutuhan Anak Usia Sekolah Kedua : Autonomy Needs (n Aut) 
Autonomy Needs (n Aut) yaitu kebutuhan untuk bertindak secara mandiri, menyatakan kebebasan diri untuk berbuat atau menyampaikan apapun, bebas dalam mengambil keputusan, melaksanakan sesuatu yang tidak biasa dilakukan orang lain, menghindari pendapat orang lain, menghindari tanggungjawab atau kiprah dari orang lain.Anak dewasa bahagia menentang pendapat orang tuanya sendiri.

Kebutuhan Anak Usia Sekolah Ketiga : Counteraction
Counteraction yaitu kebutuhan untuk mencari bentuk yang berbeda dan yang telah mapan, ibarat sebagi oposisi. Remaja senantiasa ingin berbeda pendapat orang tuanya, bahkan dengan gurunya di sekolah.

Kebutuhan Anak Usia Sekolah Keempat : Need for Dominance (n Dom) 
Need for Dominance (n Dom) atau kebutuhan mendominasi, yaitu kebutuhan untuk menguasai lingkungan manusia, membantah pendapat orang lain, ingin menjadi pemimpin kelompoknya, ingin dipandang sebagai pemimpin orang lain, ingin selalu terpilih sebagai pemimpin, mengambil keputusan dengan mengatasnamakan kelompoknya, tetapkan persetujuan secara sepihak, membujuk dan mensugesti orang lain biar mau menjalankan apa yang beliau inginkan, mengawasi dan mengarahkan acara orang lain, mendiktekan apa yang harus dikerjakan orang lain.
jenis kebutuhan anak usia sekolah menengah  7 Jenis Kebutuhan Anak Usia Sekolah Menengah (Murray)

Kebutuhan Anak Usia Sekolah Kelima : Exhibition (N Exh) 
Exhibition (N Exh) atau kebutuhan pamer diri yaitu kebutuhan untuk memamerkan diri, menarik perhatian orang lain, memperlihatkan diri biar menjadi sentra perhatian orang lain, dorongan untuk menceritakan keberhasilan dirinya, memakai kata-kata yang tidak dipahami orang lain, dorongan untuk bertanya yang sekiranya tidak dijawab orang lain, membicarakan pengalaman diri yang membahayakan, dorongan untuk menceritakan hal-hal yang mengelikan. Pada masa dewasa inilah umumnya dewasa biasa memakai bahasa prokem yang hanya dipahami oleh kelompoknya sendiri.

Kebutuhan Anak Usia Sekolah Keenam : Seks
Seks yaitu kebutuhan untuk membangun kekerabatan yang bersifat erotis. Tanpa pengawasan yang terarah dewasa sering terjerumus ke dalam sikap seks bebas.

Melihat kajian wacana kebutuhan pada siswa sekolah menengah berdasarkan konsep Murray, seorang guru mestinya peka terhadap kebutuhan siswanya. Bagaimana pemenuhan kebutuhan tersebut oleh guru? sebagai guru Anda sanggup menciptkan suasana kelas yang demokratis, merencanakan pembelajaran yang bervariasi, serta mengadakan kekerabatan atau komunikasi dengan memakai pendekatan pribadi. Dengan usaha-usaha ibarat ini paling tidak Anda telah mencoba memenuhi kebutuhan para siswa Anda.

0 Response to "7 Jenis Kebutuhan Anak Usia Sekolah Menengah (Murray)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel