-->

6 Kiprah Perkembangan Insan Oleh Robert J. Havighurs

Tugas perkembangan berdasarkan Robert J. Havighurs. Menurut  Robert J. Havighurs, kiprah perkembangan ialah sebagian kiprah yang muncul pada suatu periode tertentu dalam kehidupan individu, yang merupakan keberhasilan yang sanggup memperlihatkan kebahagiaan serta memberi jalan bagi tugas-tugas berikutnya. Kegagalan akan mengakibatkan kekecewaan bagi individu, penolakan oleh masyarakat dan kesulitan untuk kiprah perekembangan berikutnya.

Setiap dari kita akan melalui beberapa masa, yaitu masa kanak-kanak sampai menjadi orang tua. Selama menjalani masa-masa tersebut, kita akan dihadapkan oleh serangkaian kiprah dan tanggung jawab yang harus kita jalankan dengan maksimal semoga tercipta keteraturan sosial.

Misalnya masih ingatkah kita dulu ketika masih menjadi belum dewasa (balita)? Di masa belum dewasa kita akan berguru hal-hal dasar untuk menjalani kehidupan, contohnya berguru makan dan belajar  berjalan. Atau masih ingatkah anda ketika masih remaja? Anda akan lebih senang bergaul dan bersosialisasi dengan sobat sebaya.

Hal-hal di atas merupakan beberapa contth dari kiprah perkembangan manusia. Dalam hal ini, Robert J. Havighurs membagi kiprah perkembangan insan menjadi 6 masa, yaitu masa kanak-kanak, masa anak-anak, masa remaja, masa remaja awal, masa setengah baya, dan masa orang tua. Sebagian besar dari kita akan melalui 6 masa perkembangan tersebut.

Tugas Perkembangan Manusia oleh Robert J. Havighurs

Nah, untuk lebih jelasnya ihwal kiprah perkembangan apa saja yang akan kita emban di tiap, masa, berikut ini klarifikasi 6 kiprah perkembangan insan berdasarkan masanya.

1. Tugas perkembangan pada masa kanak-kanak
Selama masa kana-kanak, ada beberapa kiprah yang kita lakukan, antara lain :
a. Belajar berjalan
b. Belajar makan masakan padat
c. Belajar mengendalikan gerakan badan
d. Mempelajari kiprah yang sesuai dengan jenis kelaminnya.
e. Memperoleh stabilitas fisiologis
f. Membentuk konsep-konsep sederhana ihwal kenyataan sosial dan fisik.
g. Belajar menghubungkan diri secara emosional dengan orang tua, abang adik dan orang lain.
h. Belajar membedakan yang benar dan yang salah.

2. Tugas perkembangan masa anak
Setelah masa kanak-kanak, masa perkembangan selanjutnya yaitu masa anak. Selama menjalani masa anak, kiprah perkembangan yang dilakukan antara lain :
a. Mempelajari ketrampilan fisik yang diharapkan untuk permainan tertentu
b. Membentuk sikap tertentu terhadap diri sendiri sebagai organisme yang sedang tumbuh.
c. Belajar bergaul secara rukun dengan sobat sebaya
d. Mempelajari peranan yang sesuai dengan jenis kelamin
e. Membina ketrampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
f. Mengembangkan konsep-konsep yang diharapkan dalam kehidupan sehari-hari.
g. Membentuk kata hati, moralitas dan nilai-nilai.
h. Memperoleh kebebasan diri
i. Mengembangkan sikap-sikap terhadap kelompok-kelompok dan forum sosial.

3. Tugas perkembangan masa remaja
Masa remaja merupakan salah satu masa paling menyenangkan. Dimana masa ini akan mengenalkan bagaimana kita bergaul dan bersenang-senang dengan teman. Beberapa kiprah perkembangan masa remaja antara lain :
a. Memperoleh hubungan-hubungan gres dan lebih matang dengan yang sebaya dari kedua jenis kelamin.
b. Memperoleh peranan sosial dengan jenis kelamin individu
c. Menerima fisik dari dan memakai tubuh secara efektif.
d. Memperoleh kebebasan diri melepaskan ketergantungan diri dari orang renta dan orang remaja lainnya.
e. Melakukan pemilihan dan persiapan ntuk jabatan
f. Memperoleh kebebasan ekonomi.
g. Persiapan perkawinan dan kehidupan berkeluarga.
h. Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep-konsep yang diharapkan sebagai warga negara yang baik.
i. Memupuk dan memperoleh sikap yang sanggup dipertanggungjawabkan secara sosial.
j. Memperoleh seperangkat nilai dan sistem susila sebagai pedoman berperilaku.

4. Tugas perkembangan masa remaja awal
Pada masa remaja awal, kita akan diajari ihwal kematangan dalam berpikir. Beberapa kiprah perkembangan pada masa remaja awal antara lain :
a. Memilih pasangan hidup
b. Belajar hidup dengan suami atau istri
c. Memulai kehidupan berkeluarga.
d. Membimbing dan merawat anak
e. Mengolah rumah tangga.
f. Memulai suatu jabatan
g. Menerima tanggung jawab sebagai warga negara.
h. Menemukan kelompok sosial yang cocok dan menarik.

5. Tugas-tugas perkembangan masa setengah baya
Setelah menjalani masa remaja awal, kita akan dihadapkan pada masa setengah baya. Pada masa ini, kita akan banyak mendapat kiprah sebagai anggota masyarakat yang baik. Selain itu, kiprah lain yang dilakukan pada masa setengah baya antara lain :
a. Memperoleh tanggungjawab sosial dan warga negara
b. Membangun dan mempertahankan standar ekonomi.
c. Membantu anak remaja untuk menjadi orang remaja yang bertanggung jawab dan bahagia.
d. Membina acara pengisi waktu senggang orang dewasa
e. Membina kekerabatan dengan pasangan hidup sebagai pribadi
f. Menerima dan mengikuti keadaan dengan perubahan-perubahan fisik sendiri.
g. Menyesuaikan diri dengan pertambahan umur.
 kiprah perkembangan ialah sebagian kiprah yang muncul pada suatu periode tertentu dalam ke 6 Tugas Perkembangan Manusia oleh Robert J. Havighurs

6. Tugas-tugas perkembangan orang tua.
Masa terakhir dari masa perkembangan berdasarkan Robert J. Havighurs yaitu masa orang tua. Pada masa ini, kita tidak hanya memikirkan diri sendiri dan pasangan, namun juga ihwal belum dewasa kita. Tugas yang diemban pada masa perkambangan orang renta antara lain :
a. Menyesuaikan diri dengan menurunnya kesehatan dan kekuatan fisik.
b. Menyesuaikan diri terhadap masa pensiun dan menurunnya pendapatan.
c. Menyesuaikan diri terhadap meninggalnya suami/istri
d. Menjalin kekerabatan dengan perkumpulan insan usia lanjut.
e. Memenuhi kewajiban soasial dan sebagai warga negara
f. Membangun kehidupan fisik yang memuaskan.

Menurut Havighurst setiap tahap perkembangan individu harus sejalan dengan perkembangan aspek-aspek lainnya, yaitu fisik, psikis serta emosional, moral dan sosial.Ada dua alasan mengapa tugas-tugas perkembangan ini penting bagi pendidik.
1. Membantu memperjelas tujuan yang akan dicapai sekolah. Pendidikan sanggup dimengerti sebagai perjuangan masyarakat, melalui sekolah, dalam membantu individu mencapai tugas-tugas perkembangan tertentu.
2. konsep ini sanggup dipergunakan sebagai pedoman waktu untuk melakukan usaha-usaha pendidikan.Bila individu telah mencapai kematangan, siap untuk mencapai tahap kiprah tertentuserta sesuai dengan tuntutan masyarakat, maka sanggup dikatakan bahwa ketika untuk mengajar individu yang bersangkutan telah tiba.Bila mengajarnya pada ketika yang sempurna maka hasil pengajaran yang optimal sanggup dicapai.

0 Response to "6 Kiprah Perkembangan Insan Oleh Robert J. Havighurs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel