-->

Apa Perbedaan Nature Dan Nurture Hubungannya Dengan Pengembangan Potensi Diri?

Haikasut - Apa Perbedaan Nature dan Nurture Hubungannya dengan Pengembangan Potensi Diri? - Pengenalan dan pengukuran potensi diri - Setiap orang mempunyai potensi, tetapi tidak setiap orang bisa mengenali potensinya sendiri untuk kemudian didayagunakan demi kesuksesan dirinya. Oleh sebab itu, sanggup dikatakan bahwa langkah awal untuk menuju sukses yaitu mengenali potensi diri kita sendiri.

Jika kita mengenali apa yang mungkin menjadi kelebihan kita dibandingkan orang lain, maka selanjutnya kita sanggup bekerja keras untuk mengembangkannya. Setiap bakat, kegemaran atau kebiasaan tertentu sanggup saja merupakan potensi yang akan berkembang menjadi prestasi kalau kita mengasah hal tersebut.

Simaklah kisah-kisah sukses para atlet berprestasi. Kebanyakan dari mereka pada awalnya memainkan cabang olahraga tertentu hanya sebagai hobi atau kegemaran.

Akan tetapi, lama-kelamaan mereka menikmati permainan tersebut, bahkan keterampilan bermain mereka menjadi lebih baik dibandingkan orang lain. Setelah mengenali potensi tersebut, mereka kemudian berlatih lebih ulet dan meraih prestasi yang gemilang.

 Apa Perbedaan Nature dan Nurture Hubungannya dengan Pengembangan Potensi Diri Apa Perbedaan Nature dan Nurture Hubungannya dengan Pengembangan Potensi Diri?

Hal yang sama mungkin juga terjadi pada para siswa yang berprestasi. Mereka awalnya menggemari bidang tertentu di sekolahan. Oleh sebab terus mengasah kemampuan dalam bidang tersebut, maka mereka hasilnya bisa berprestasi dan bahkan membawa harum nama negara di tingkat internasional.

Perlunya mengetahui potensi diri yaitu sebagai upaya untuk memperluas dan memperdalam kesadaran mengenai aneka macam kecenderungan dan kekhususan diri sendiri, baik yang sudah teraktualisasi maupun yang belum. Kita sanggup mengukur potensi diri dari aneka macam kecenderungan atau kelebihan kita. Akan tetapi, sebab kecenderungan itu sebagian merupakan hal yang bersifat abstrak, maka pengenalan dan pengukuran kita belum tentu sempurna.

Pada sisi lain, seseorang juga harus bisa bersikap objektif dan realistis dalam memandang potensi dirinya. Objektif bermakna bahwa kita harus bisa mengenal dengan baik apa yang menjadi potensi kita. Hal ini penting sebab dengan bersikap objektif kita sanggup menyebarkan potensi tersebut secara proporsional, yakni sesuai dengan proporsi, sebanding, seimbang, dan berimbang.

Selain itu, kita juga harus realistis, artinya dalam mengukur potensi hendaknya kita berpijak pada kenyataan, contohnya potensi apa yang kita miliki, potensi mana yang harus kita kembangkan, dan lain sebagainya. Jangan hingga kita berusaha tanpa perhitungan dan menciptakan sasaran yang tidak sesuai dengan kemampuan kita. Hal yang demikian justru sanggup membawa kita pada kegagalan, bukan keberhasilan.

Dalam pengembangan diri, pengukuran potensi dimaksudkan untuk mengetahui sejauh manakah potensi-potensi yang dimiliki oleh seorang individu, baik yang diperoleh melalui introspeksi diri, melalui feedback dari orang lain, maupun melalui tes psikologi.

Manfaat pengembangan potensi diri yaitu untuk menyebarkan nature dan nurture.

Berikut ini Perbedaan Nature dan Nurture Hubungannya dengan Pengembangan Potensi Diri:

Nature
  1. Kepribadian insan terbentuk dari bawaan/lahir.
  2. Merupakan bakat.
  3. Dikembangkan dengan imbas lingkungan.
Nurture
  1. Kepribadian insan terbentuk sebab imbas lingkungan.
  2. Tidak merupakan bakat.
  3. Dibentuk dan dikembangkan oleh lingkungan.
Pengembangan potensi diri merupakan upaya untuk memaksimalkan potensi-potensi positif (kekuatan-kekuatan) yang ada dan meminimalkan kelemahan-kelemahan yang ada pada dirinya. Dengan demikian, seseorang bisa berperilaku sesuai dengan tugas yang sedang dimainkannya, baik sebagai makhluk pribadi, makhluk sosial, maupun sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

0 Response to "Apa Perbedaan Nature Dan Nurture Hubungannya Dengan Pengembangan Potensi Diri?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel