-->

Ki Kd Matematika Mtk Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)

Daftar KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 K13 Revisi terbaru. Matematika ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki perubahan signifikan dalam kurikulum 2013 revisi ini. Salah satu perubahannya yaitu nampak dalam hal pembagian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD). Jika pada KTSP, matematika dibagi menjadi beberapa golongan, yaitu matematika teknik,  matematika pariwisata, dan matematika akuntansi. Nah, untuk matematika Kurikulum 2013 revisi ini hanya ada satu matematika saja. Kaprikornus semua kelompok Sekolah Menengah kejuruan memakai kompetensi yang sama pada mata pelajaran Matematika.

Untuk itu lah, kali ini kami akan membagikan daftar KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan K13 revisi dengan peraturan atau dasar aturan yang terbaru. Dasar aturan yang kami gunakan dalam artikel wacana KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan ini yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad.

Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017 sanggup anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda sanggup lihat pribadi pada simpulan artikel. Sudah kami siapkan dan kami lampirkan biar anda puas. Dalam KI KD matematika ini, setidaknya ada 34 kompetensi dasar. Jumlah kompetensi dasar tersebut dipelajari mulai dari kelas 10, 11, dan 12. Untuk pembagian kompetensi dasar per kelas, menyesuaikan guru yang mengajar. Keluwesan pemilihan KD ini menjadi laba tersendiri bagi guru, terutama dalam mengajar di sekolah.

KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi

Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi  sikap  spiritual,  (2)  sikap  sosial,  (3)  pengetahuan,  dan  (4) keterampilan.  Aspek-aspek  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan  kompetensi  sikap  spiritual  yaitu,  “Menghayati  dan mengamalkan  ajaran  agama  yang  dianutnya”.  Sedangkan  rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin,  santun,  peduli  (gotong  royong,  kerja  sama,  toleran,  damai), bertanggung-jawab,  responsif,  dan  proaktif  melalui  keteladanan,  santunan nasihat,  penguatan,  pembiasaan,  dan  pengkondisian  secara berkesinambungan serta mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial  dan  alam  serta  dalam  menempatkan  diri  sebagai  cerminan  bangsa dalam  pergaulan  dunia”.  Kedua  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui pembelajaran  tidak  langsung  (indirect  teaching)  yaitu  keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan sepanjang  proses  pembelajaran  berlangsung,  dan  dapat  digunakan  sebagai pertimbangan  guru  dalam  mengembangkan  karakter  peserta  didik  lebih lanjut.

KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan K13 Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menuntaskan masalah
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam persoalan kontekstual
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan kegiatan linear dua variabel
3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmetika
3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri
3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
3.9 Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
3.11 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus
3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri
3.14 Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
3.15 Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan persoalan yang berkaitan dengan matriks
3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua
3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
3.21 Menentukan persamaan lingkaran
3.22 Menganalisis persoalan kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan)
3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
3.24 Menetukan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada persoalan kontekstual
3.26 Menentukan peluang kejadian
3.27 Mengevaluasi kajian statistika dalam persoalan kontekstual
3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar
3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar memakai definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan memakai integral tertentu

 Matematika ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki perubahan signifikan dalam kur KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi (2018)

KI KD Matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan K13 Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan persoalan sesuai dengan bidang kajian Matematika`
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan penyelesaian persoalan bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
4.2 Menyajikan penyelesaian persoalan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
4.3 Menyelesaikan persoalan sistem persamaan linier dua variabel
4.4 Menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan kegiatan linear dua variabel
4.5 Menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
4.6 Menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
4.7 Menyelesaiakan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
4.8 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku- siku
4.9 Menyelesaikan persoalan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
4.10 Menyelesaikan persoalan perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
4.13 Menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
4.14 Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
4.15 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan matriks
4.16 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
4.17 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
4.18 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
4.19 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
4.20 Menyelesaikan persoalan operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
4.21 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan persamaan lingkaran
4.22 Menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan beragam , negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan )
4.23 Menyajikan penyelesaian persoalan yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga
4.24 Menyelesaikan persoalan kontekstual kontekstual yang
4.25 Menyajikan penyelesaian persoalan kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
4.26 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan peluang kejadian
4.27 Menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika
4.28 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
4.29 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
4.30 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
4.31 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
4.32 Menyelesaikan persoalan kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
4.33 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
4.34 Menyelesaikan persoalan luas permukaan dan volume benda putar dengan memakai integral tertentu

KEPUTUSAN DIRJEN NOMOR 330/D.D5/KEP/KR/2017
Dasar aturan wacana KI KD Kurikulum 2013 revisi mata pelajaran matematika ini mengacu pada keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru. Adapun kompetensi keahlian yang kami lampirkan yaitu kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Kami pikir tidak ada masalah, alasannya ialah KI KD Matematika itu sama di semua jurusan.


Link : Download KI KD Matematika Sekolah Menengah kejuruan K13 Revisi (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel wacana daftar kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran matematika MTK Sekolah Menengah kejuruan Kelas X, XI, dan XII. Jika anda tidak puas, atau ingin mendownload artikel ini, sanggup melalui link yang telah disediakan.

0 Response to "Ki Kd Matematika Mtk Smk Kurikulum 2013 Revisi (2018)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel