-->

Pengertian Struktur Sosial Secara Umum Dan Pendapat Hebat Lengkap

Pengertian Struktur Sosial Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap


A.  Pengertian Struktur Sosial Menurut Secara Umum


Setiap manusia seharusnya sanggup memahami ihwal struktur sosial sesudah mereka memahami ihwal makna dari kata sosial. Hal ini disebabkan lantaran manusa merupakan makhluk sosial dengan individu yang satu dengan yang lain tidak sama.

Kata struktur berasal dari kata bahasa latin yaitu structum yang artinya membangun atau menyusun. Oleh sebab itu, struktur dimaknai sebagai susunan terhadap sesuatu yang memiliki bagian, dasar, ataupun unsur-unsur tertentu yang dapat membentuk suatu susunan.

Secara umum, pengertian struktur sosial yaitu kumpulan dari individu dengan pola sikap yang berbeda. Struktur sosial juga sanggup digambarkan sebagai sebuah bangunan sosial yang terdiir dari aneka macam unsur pembentuk masyarakat. Secara fungsional, unsur-unsur pembentuk masyarakat tersebut saling berafiliasi antara yang satu dengan lainnya. Hal ini mengakobatkan adanya suatu perubahan apabila terjadi perubahan di antara unsur tersebut. Ada juga yang mengartikan struktur sosial sebagai sebuah tatanan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat yang sanggup tersusun secara horizontal misalnya adalah aneka macam agama atau secara vertical misalnya adalah kelompok atasan dan bawahan.

B.  Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli


1.      Pengertian struktur sosial berdasarkan Koentjaraningkat
Menurut Koentjaraningrat struktur sosial yaitu kerangka yang sanggup mendeskripsikan kekerabatan antara aneka macam elemen yang ada dalam masyarakat.

2.      Pengertian struktur sosial berdasarkan Soeleman B Taneko
Soeleman B. Taneko mengemukakan kalau struktur sosial yaitu keseluruhan kekerabatan antara pokok-pokok unsur sosial, yaitu forum lembaga sosial, kaidah-kaidah sosial, lapisan-lapisan sosial serta kelompok-kelompok sosial.

3.      Pengertian struktur sosial berdasarkan menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Struktur sosial yakni keseluruhan kekerabatan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu lembaga-lembaga sosial, kaidah-kaidah sosial atau norma-norma sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial.

4.      Pengertian struktur sosial berdasarkan Abdul Syani
Struktur sosial berdasarkan Abdul Syani yaitu suatu tatanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok atau dasar.

5.      Pengertian struktur sosial berdasarkan D. Hendropuspito
Menurut Hendropuspito, struktur sosial yaitu suatu denah penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, biar organisme masyarakat berfungsi sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan tiap-siap potongan untuk jangka waktu yang cukup lama.

6.      Pengertian struktur sosial berdasarkan Firth
Firth menganggap struktur sosial sama dengan organisasi sosial yang mendasarkan pada hubungan-hubungan sosial yang lebih dasar atau mendasar yang menunjukkan bentuk dasar pada masyarakat dan batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisatoris.

7.      Pengertian struktur sosial berdasarkan George Simmel
Struktur sosial berdasarkan George Simmel yaitu kumpulan dari individu dan pola perilakunya.

8.      Pengertian struktur sosial berdasarkan George C. Homans
George C. Homans mengemukakan bahwa struktur sosial yaitu suatu hal yang memiliki kekerabatan yang dekat dengan dasar sikap sosial di kehidupan sehari-hari.

9.      Pengertian struktur sosial berdasarkan E.R. Lanch
Menurut E.R Lanch, struktur sosial yaitu impian atau harapan mengenai distribusi dan pembagian kekuasaan di antara individu serta kelompok sosial.

10.   Menurut Soerjono Soekanto
Struktur sosial berdasarkan Soerjono Soekanto yaitu berarti kekerabatan timbal balik antar status sosial dan antar tugas sosial. Jadi, struktur sosial sanggup diartikan sebagai suatu tatanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang mengakibatkan kekerabatan timbal balik baik berupa peranan dan status atauppun sikap dalam masyarakat.

11.   Pengertian struktur sosial berdasarkan Raymond Firth,
Menurut Raymond Firth, yang dimaksud dengan struktur sosial yaitu suatu pergaulan hidup insan yang terdiri dari aneka macam jenis kelompok yang terbentuk dari banyak individu serta mencakup aneka macam jenis tipe kelompok yang muncul serta banyak mencakup forum dimana di dalamnya terdapat orang yang ikut ambil bagian.

12.   Pengertian struktur sosial berdasarkan Calhoun
Menurut Calhoun, struktur sosial yaitu pola hubungan-hubungan, status-status serta jumlah orang yang menunjukkan kerangka bagi suatu organisasi manusia, baik dalam kelompok kecil ataupun dalam kelompok yang lebih luas.

13.   Pengertian struktur sosial berdasarkan Coleman
Menurut Coleman, struktur sosial yakni pola kekerabatan antar insan dan antarkelompok insan dalam masyarakat.

14.   Pengertian struktur sosial berdasarkan Kornblum
Struktur sosial yakni pola sikap individu dan kelompok, yaitu sikap dirulang-ulang yang membuat kekerabatan antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat.

Pengertian Struktur Sosial Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap  Pengertian Struktur Sosial Secara Umum dan Pendapat Ahli Lengkap

15.   Pengertian struktur sosial berdasarkan George C. Homans
George C. Homans, struktur sosial merupakan hal yang memiliki kekerabatan yang berpengaruh dengan dasar sikap sosial di kehidupan sehari-hari.

16.   Pengertian struktur sosial berdasarkan Talcott Parsons.
Menurut Talcot, Struktur sosial merujuk pada adanya keterkaitan antar institusi atau lembaga.

17.   Pengertian struktur sosial berdasarkan Ralph Linton
Ralph Linton menambahkan bahwa struktur sosial terdiri atas dua konsep penting, yaitu status atau kedudukan serta tugas sosial.

Dari beberapa pendapat mahir di atas,dapat disimpulkan bahwa struktur sosial yaitu suatu pola kekerabatan atau kekerabatan timbal balik antar individu atau kelompok kecil ataupun besar sehingga individu atau kelompok tersebut sanggup berperan dalam masyarakat.

0 Response to "Pengertian Struktur Sosial Secara Umum Dan Pendapat Hebat Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel