Kategori Dan Bentuk Sumber Berguru Yang Harus Kita Tahu
KATEGORI DAN BENTUK SUMBER BELAJAR
Sebelumnya kita telah membahas perihal membuat materi didik inovatif. Untuk mendalami perihal materi ajar, pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal sumber belajar lebih dalam. Sumber mencar ilmu yang akan kita bahas terdiri dari kategori sumber belajar dan bentuk sumber belajar.
A. Kategori Sumber Belajar
Jika kita lakukan penelusuran ke aneka macam literatur perihal teknologi pembelajaran, maka paling tidak kita akan menjumpai 3 (tiga) kategoti sumber mencar ilmu yaitu: sumber mencar ilmu berdasarkan tujuan pembuatannya, sumber mencar ilmu berdasarkan bentuk atau isinya dan sumber mencar ilmu berdasarkan jenisnya. Berikut klarifikasi perihal kategori sumber belajar.
1. Kategori sumber mencar ilmu berdasarkan tujuan pembuatan
Association of Educational Communication and Technology (AECT) membagi sumber belajar berdasarkan tujuan pembuatan menjadi dua kelompok, yaitu:
a. Sumber mencar ilmu yang dirancang (resources by design)
Sumber mencar ilmu yang dirancang yaitu sumber mencar ilmu yang sengaja direncanakan untuk keperluan pembelajaran. Contohnya yaitu buku paket, LKS, Modul, petunjuk praktikum, dan lain sebagainya.
b. Sumber mencar ilmu yang dimanfaatkan (resources by utilization)
Sumber mencar ilmu yang dimanfaatkan yaitu segala sesuatu yang ada disekitar kita yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan belajar. Contohnya pasar, museum, kebun binatang, masjid, lapangan, dan lain sebagainya.
2. Kategori sumber mencar ilmu berdasarkan bentuk atau isinya
Sementara itu, sumber balajar berdasarkan bentuk atau isinya dibedakan menjadi lima macam, yaitu benda, daerah atau lingkungan alam sekitar, orang, buku, kejadian dan fakta yang sedang terjadi. Berikut klarifikasi perihal bentuk-bentuk sumber belajar berdasarkan bentuk atau isinya.
a. Benda
Benda yaitu segala sesuatu yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laris atau pengetahuan siswa. Contoh dari benda yang sanggup dikategorikan sebagai sumber mencar ilmu yaitu candi, situs, dan benda peninggalan lainnya.
b. Tempat atau lingkungan alam sekitar
Arti dari daerah atau lingkungan alam sekitar yang dijadikan sebagai sumber balajar yaitu di mana saja seseorang bisa melaksanakan perubahan tingkah laris (belajar). Contoh dari daerah yang bisa dijadikan sebagai sumber mencar ilmu yaitu museum, gunung, perpustakaan, bak ikan, pasar, dan lain sebagainya.
c. Orang
Orang bisa kita jadikan sebagai sumber mencar ilmu dikala orang tersebut mempunyai kemampuan atau keahlian tertentu dimana seseorang sanggup mencar ilmu sesuatu darinya. Contoh dari orang yang bisa kita jadikan sebagai syumber mencar ilmu yaitu politisi, guru, hebat ekonomi, dan sebagainya.
d. Buku
Buku sudah tentu bisa kita jadikan sebagai sumber belajar. Contoh dari buku yang bisa kita jadikan sebagai sumber mencar ilmu yaitu buku pelajaran, kamus, buku teks, dan lain sebagainya.
e. Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi
Peristiwa atau fakta yang sedang terjadi sanggup kita jadikan sebagai sumber belajar. Contoh dari kejadian yang bisa kita jadikan sebagai sumber mencar ilmu yaitu kejadian kerusuhan, peristiwa alam, dan lain sebagainya.
3. Kategori sumber mencar ilmu berdasarkan jenisnya
Sumber mencar ilmu berdasarkan jenisnya berdasarkan pendapat Sudjana dan Rivai dibedakan menjadi enam jenis, yaitu pesan, manusia, bahan, peralatan, teknik atau metode, dan lingkungan. Berikut klarifikasi perihal jenis-jenis sumber belajar.
a. Pesan (massage)
Pesan sebagai sumber mencar ilmu yaitu segala informasi yang diteruskan oleh sumber lain dalam bentuk fakta, ide, kata, arti, dan lain sebagainya. Contoh dari pesan yang bisa dijadikan sebagai sumber mencar ilmu yaitu isi buku, bidang studi kurikulum, serta informasi lainnya dalam media elektronik.
b. Manusia (people)
Manusia disebut sebagai sumber mencar ilmu alasannya yaitu insan bertindak sebagai penyimpan dan penyalur atau penyaji dari suatu informasi. Contoh dari orang yang bisa kita jadikan sumber mencar ilmu yaitu guru atau dosen, instruktur, pustakawan, tokoh masyarakat, dan sebagainya.
c. Bahan (materials)
Bahan sering disebut sebagai perangkat lunak (software) yaitu sesuatu yangmengandung pesan untuk disampaikan melalui penggunaan alat. Contohnya yaitu buku, majalah, dan film bingkai.
d. Peralatan (device)
Berbeda dengan materi yang biasa disebut sebagai software, peralatan disebut sebagai hardware. Yaitu segala sesuatu yang digunakan untuk menyajikan pesan yang ada dalam software. Contoh dari peralatan yang digunakan sebagai sumber mencar ilmu yaitu aneka macam jenis proyektor dan komputer.
e. Teknik atau metode (technique)
Teknik sebagai sumber mencar ilmu yaitu mekanisme yang dipersiapkan untuk memakai bahan, peralatan, dan lingkungan guna memberikan pesan. Contoh dari teknik sebagai sumber mencar ilmu yaitu ceramah, kulian, dan memimpin diskusi.
f. Lingkungan (setting)
Lingkungan sebagai sumber mencar ilmu yaitu situasi orang yang mendapatkan pesan, baik lingkungan fisik maupun non-fisik. Bentuk dari lingkugan fisik sebagai sumber mencar ilmu yaitu gedung, halaman, tata ruang, dan ruang baca. Sedangkan bentuk dari lingkungan non-fisik yaitu ventilasi udara, penerangan, dan suhu ruangan.
B. Bentuk Sumber Belajar
Bentuk sumber belajar mempunyai potensi yang melimpah yang ada di sekitar kita. Beberapa bentuk-bentuk sumber belajar yang ada di sekitar kita antara lain, buku, majalah, ensiklopedia, poster, brosur, film, internet, stodio, wawancara, pabrik, toko, kebun binatang, dan lain sebagainya.
Adapun yang dimaksud dengan bentuk-bentuk sumber belajar tersebut beberapa di antarannya dijelaskan secara rinci yaitu sebagai berikut.
1. Buku,
Buku yakni lembar kertas yang berjilid baik ada tulisannya ataupun kosong, buku sebagai sumber mencar ilmu yaitu buku yang berisi teks tertulis yang berisi ilmu pengetahuan. Ada aneka macam jenis buku yang bisa kita jadikan sebagai sumber belajar, yaitu buku ajar, novel, komik, karya ilmiah, dan sebagainya.
2. Brosur
Brosur yakni materi informasi tertulis mengenai suatu duduk kasus yang disusun secara sistematis. Brosur bisa juga dimaknai sebagai cetakan yang hanya terdiri atas beberapa jilid atau selebaran cetakan yang ebrisi keterangan singkat, tetapi lengkap atas informasi tertentu.
3. Ensiklopedia
Ensiklopedia yaitu buku yang menghimpun keterangan atau uraian perihal aneka macam hal dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan karakter atau lingkungan ilmu. Contoh dari ensiklopedia yang menjadi sumber mencar ilmu yaitu ensiklopedia al Quran, ensiklopedia hewan, ensiklopedia flora, dan sebagainya.
4. Model
Model sebagai sumber mencar ilmu yaitu barang tiruan yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan bentuk aslinya. Contoh dari model yang biasa digunakans ebagai sumber mencar ilmu yaitu model pesawat terbang, sepeda motor, candi, dan sebagainya.
5. Studio
Studio sanggup juga kita jadikan sebagai sumber belajar. Studio yaitu ruang daerah bekerja (bagi tukang foto atau pelukis) atau ruang yang digunakan untuk menyiarkan program radio atau televisi.
6. Permainan
Permainan yaitu sesuatu yang digunakan untuk bermain, barang atau sesuatu yang dipermainkan, mainan, hal bermain, atau perbuatan bermain.
7. Majalah
Majalah sebagai sumber mencar ilmu yaitu terbitan terjadwal yang isinya meliputi aneka macam liputan yang bersifat jurnalistik dan pandangan perihal topik kasatmata yang patut diketahui pembaca.
8. Poster
Poster yaitu plakat yang dipasang di daerah umum, biasanya berupa pengumuman atau iklan
9. Transparansi
Transparansi yaitu barang yang tembus cayaha, yang digunakan untuk menayangkan goresan pena atau gambar pada media OHP
10. Film
11. Wawancara
Demikian penjalasan perihal kategori dan bentuk sumber belajar. Semoga klarifikasi perihal sumber belajar bermanfaat bagi para pembaca.
Pustaka : Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif karya Andi Prastowo
0 Response to "Kategori Dan Bentuk Sumber Berguru Yang Harus Kita Tahu"
Post a Comment