Soal Sosiologi : Sosiologi Sebagai Ilmu, Nilai & Norma Di Masyarakat
Soal Sosiologi bahan Sosiologi sebagai Ilmu dan Nilai dan Norma dalam Masyarakat akan kami bagikan dalam artikel ini. Ada dua jenis soal yang kami sediakan dalam artikel ini, yaitu soal pilihan ganda dan soal esai. Berikut ini soalnya.
A. Soal Pilihlah Ganda
1. Lahirnya ilmu pengetahuan dalam masyarakat berawal dari adanya . . . .
a. common sense
b. cipta, rasa, dan kehendak dalam dirimanusia
c. rasa ingin tahu insan yang besar
d. perkembangan penelitian
e. perkembangan metode ilmiah
2. Ilmu pengetahuan yaitu suatu hasil acara insan yang merupakan kumpulan teori, metode, dan praktik kemudian menjadi pranata dalam masyarakat. Pernyataan di atas yaitu pengertian ilmu pengetahuan menurut. . . .
a. J. Haberer
b. J.D. Bernal
c. E. Cantote
d. Cambridge-Dictionary
e. Gillin and Gillin
3. Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang termasuk sifat-sifat ilmu pengetahuan adalah…
a. rasional, fiksi, objektif, dan akumulatif
b. tergantung pada suasana hati dan fiksi
c. rasional, objektif, akumulatif, dan empiris
d. fiksi, adanya prasangka, dan empiris
e. jago dan dirancang, akumulatif dan fiksi
4. Pernyataan di bawah ini yang merupakan sifat empiris dalam ilmu pengetahuan . . . .
a. ilmu pengetahuan didasarkan atas kegiatan berpikir secara logis dengan memakai rasio (nalar) dan kesudahannya sanggup diterima oleh logika manusia
b. ilmu yang merupakan kebenaran mengenai pengetahuan yang jujur, apa adanya sesuai dengan kenyataan objeknya
c. ilmu dibuat dengan dasar teori usang yang disempurnakan, ditambah dan diperbaiki sehingga semakin sempurna
d. ilmu harus sanggup dibuktikan melalui investigasi dan pembuktian pancaindra, serta sanggup diuji kebenarannya dengan fakta
e. ilmu pengetahuan sanggup diuji kembali secara terbuka berdasarkan persyaratan dengan hasil yang sanggup diandalkan
5. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Jurnalistik
2) Antropologi
3) Sosiologi
4) Metalurgi
5) Ilmu perencanaan kota
Manakah dari pernyataan di atas yang termasuk dalam Applied Science?
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 1), 4), dan 5)
d. 2), 3), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
6. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak benar?
a. Pengetahuan awam merupakan pengetahuan insan dalam kehidupan sehari-hari.
b. Bukti yaitu pengamatan faktual yang sanggup dilihat, ditimbang, dihitung, dan diperiksa.
c. Menurut E. Cantote, ilmu pengetahuan yaitu suatu hasil acara insan yang mempunyai makna dan metode.
d. Berpikir secara logis dan memakai rasio merupakan salah satu sifat ilmu pengetahuan.
e. Applied Sciencemerupakan ilmu yang bermaksud mendalami suatu teori dan isi alam yang hidup.
7. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Reaksivitas suatu benda
2) Kenakalan anak
3) Sistem organ tubuh
4) Sistem kemasyarakatan
5) Struktur sosial
Manakah pernyataan-pernyataan di atas yang termasuk konsep-konsep dalam sosiologi?
a. 1), 2), dan 3)
b. 2), 3), dan 4)
c. 2), 4), dan 5)
d. 3), 4), dan 5)
e. semua benar
8. Pernyataan di bawah ini merupakan manfaat mempelajari sosiologi, kecuali . . . .
a. sosiologi sanggup memperlihatkan pengetahuan mengenai pola-pola interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat
b. sosiologi sanggup membantu kita untuk mengontrol dan mengendalikan setiap tindakan dan sikap seseorang dalam masyarakat
c. sosiologi bisa mengkaji status dan kiprah seseorang dalam masyarakat
d. adanya kepekaan dan kekritisan menghadapi gejala-gejala sosial
e. adanya laba secara materiil
9. “Dampak Virus Flu Burung terhadap Dunia Pariwisata Kebun Binatang”
Judul penelitian di atas merupakan salah satu kajian sosiologi . . . .
a. politik
b. hukum
c. pendidikan
d. pariwisata
e. keluarga
10. Manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk suatu hipotesis?
a. Adanya tindakan-tindakan kejahatan
yang dilakukan oleh anak-anak.
b. Semakin tinggi tingkat interaksi antara keluarga maka semakin kecil kenakalan anak terjadi.
c. Polisi menemukan pisau, pedang, dalam tindakan tawuran pelajar.
d. Mengapa kenakalan anak sanggup terjadi?
e. Seberapa jelek akhir dari kenakalan anak?
11. Menurut Suriasumantri, pengertian daypikir yaitu . . . .
a. kegiatan berpikir berdasarkan pola, alur, dan kerangka tertentu
b. konsekuensi dari adanya suatu pola berpikir analisis, sintesis berdasarkan langkah-langkah tertentu
c. proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang benar dan bukan hasil perasaan
d. pengamatan faktual yang sanggup diuji dan diperiksa
e. kegiatan berpikir secara logis dengan memakai rasio
12. Perhatikan preposisi berikut ini!
1) Dita, siswa Sekolah Menengan Atas Tanjung Jaya membenci tawuran pelajar.
2) Siska, siswa Sekolah Menengan Atas Tanjung Jaya membenci tawuran pelajar.
3) Lusi, siswa Sekolah Menengan Atas Tanjung Jaya membenci tawuran pelajar
Kesimpulan: semua siswa Sekolah Menengan Atas Tanjung Jaya membenci adanya tawuran pelajar.
Metode daypikir tersebut disebut metode . . . .
a. induktif
b. ilmiah
c. deduktif
d. case study
e. komparatif
13. Pejuang kemerdekaan melawan penjajah Belanda sampai titik darah penghabisan. Nilai yang dijunjung tinggi oleh para pejuang tersebut yaitu . . . .
a. kerja sama
b. patriotisme
c. kedisiplinan
d. gotong royong
e. kepedulian
14. Di bawah ini yaitu contoh-contoh nilai.
1) Menerima tamu dengan rapi.
2) Mematuhi aturan kemudian lintas.
3) Meningkatkan prestasi kerja.
4) Menjaga kebersihan lingkungan.
5) Etika pergaulan laki-laki dan wanita.
Dari referensi di atas, yang tergolong ke dalam prinsip moral yaitu nomor . . . dan . . . .
a. 1), 4)
b. 1), 2)
c. 2), 3)
d. 3), 4)
e. 1), 5)
15. Berikut ini merupakan referensi penanaman nilai melalui media massa yaitu . . . .
a. persaingan merebut medali emas antara dua negara
b. korelasi yang bersahabat antara dua bersaudara sepupu
c. semenjak kecil mereka saling mengenal alasannya bertetangga
d. melalui pendidikan formal mereka dilatih disiplin
e. pejabat itu menunda penggusuran sesudah ada isu di surat kabar
16. Dipertahankan atau tidaknya suatu nilai tergantung pada aspek . . . .
a. kegunaan nilai tersebut
b. beratnya hukuman dalam nilai
c. cara pandang masyarakat terhadap nilai
d. keefektifan nilai tersebut
e. kekuatan nilai tersebut
17. Manfaat nilai keyakinan diri bagi individu yaitu . . . .
a. bisa bekerja sama dalam menjalankan tugas
b. lebih memikirkan diri sendiri daripada orang lain
c. sanggup mengandalkan kemampuan berpikir
d. sanggup mengambil keputusan dengan baik
e. bisa berinteraksi dengan orang lain
18. Salah satu realitas sosial yang memperlihatkan fungsi norma dalam mewujudkan keteraturan sosial yaitu . . . .
a. sebelum ujian nasional berlangsung, sekolah menyelenggarakan Pra-Unas atau Latihan Ujian Nasional
b. segala bentuk pelanggaran yang terjadi di masyarakat harus dikenakan hukuman yang tegas
c. bekerja sama dengan beberapa kelompok sanggup mewujudkan kesatuan dan persatuan
d. keharusan antre membeli tiket kereta api sanggup menertibkan penumpang
e. penyelesaian konflik kedua belah pihak melibatkan pihak ketiga yang netral
19. Contoh tanda-tanda sosial yang menggambarkan adanya keterkaitan antara norma dengan keteraturan sosial yaitu . . . .
a. praktik pemikiran agama berjalan dengan baik dengan semangat kekeluargaan
b. larangan berhenti di jalan raya/tol, membuat kelancaran arus kemudian lintas
c. kedisiplinan dalam belajar, memperkuat kepribadian suka bekerja tidak mengenal waktu
d. rajin berguru bersama dalam kelompok, meningkatkan prestasi belajar
e. semakin tinggi ilmu pengetahuannya, semakin luas pandangannya
20. Pada ketika Aman tiba ke salah satu kawasan Aceh, ia menyaksikan suatu kenyataan yang disebut tahu mertua, yaitu antara mertua dan menantu dihentikan saling bertemu. Sedangkan di wilayahnya tidak demikian. Dari perbedaan tersebut, Aman sanggup mengambil kesimpulan bahwa . . . .
a. ada perbedaan tata nilai berdasarkan tempatnya
b. tiap kawasan mempunyai sistem kekeluargaan yang berbeda
c. tiap kawasan mempunyai peranan yang berbeda-beda
d. hidup harus dalam keanekaragaman kebudayaan dan tata nilai
e. seharusnya tiap kawasan mempunyai kesamaan nilai
21. Adanya norma dipakai sebagai pelindung dari tindakan-tindakan destruktif orang lain merupakan fungsi nilai dan norma sebagai . . . .
a. pendorong sikap dan tindakan manusia
b. benteng pinjaman bagi keberadaan masyarakat
c. pemersatu anggota masyarakat
d. pemandu dan pengontrol bagi sikap dan tindakan manusia
e. petunjuk arah bersikap dan bertindak
22. Menurut Hasan Sadily, norma sosial merupakan patokan hidup berbentuk kode-kode. Segala bentuk kriminalitas yang ada dalam masyarakat termasuk dalam instruksi . . . .
a. etik
b. moral
c. agama
d. estetika
e. hukum
23. Bagi keutuhan masyarakat, fungsi nilai sosial yaitu . . . .
a. mendorong solidaritas kelompok
b. memperlihatkan batas pada kelakuan individu
c. mengidentifikasi individu dengan kelompok
d. menjaga interaksi antaranggota masyarakat
e. alat untuk mengetahui sifat individu
24. Manakah pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri-ciri nilai sosial?
a. Hasil interaksi antaranggota masyarakat.
b. Terbentuk melalui proses belajar.
c. Adanya aspek kegunaan.
d. Merupakan anggapan dari aneka macam objek di dalam masyarakat.
e. Berbeda-beda antarkebudayaan yang satu dengan yang lainnya.
25. Sebelum berangkat sekolah, Mira dan Yudi selalu berpamitan dengan kedua orang tuanya dengan cara mencium tangan mereka. Norma yang ditanamkan oleh kedua orang bau tanah Mira dan Yudi termasuk dalam . . . .
a. mores
b. custom
c. folkways
d. usage
e. adat
B. Soal Esai
1. Jelaskan fungsi nilai sosial bagi keutuhan masyarakat!
2. Jelaskan mengapa norma dijadikan pedoman hidup dalam memenuhi kebutuhan sosial!
3. Jelaskan pengertian nilai disintegratif!
4. Jelaskan mengapa Aguste Comte dinobatkan sebagai Bapak Sosiologi!
Demikian soal soal sosiologi yang membahas wacana sosiologi sebagai ilmu, nilai, dan norma dalam masyarakat. Silahkan download soal di atas melalui link yang disediakan.
0 Response to "Soal Sosiologi : Sosiologi Sebagai Ilmu, Nilai & Norma Di Masyarakat"
Post a Comment