-->

3 Jenis-Jenis Interaksi Sosial Dan Misalnya - Lengkap

Jenis-jenis interaksi sosial beserta contohnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu bahan mata pelajaran IPS atau sosiologi, yaitu perihal jenis-jenis interaksi sosial. Namun, sebelum kami bagikan bahan tersebut, alangkah baiknya kita pahami sekali lagi perihal apa itu interaksi sosial.

Jika kita menganut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interaksi artinya “saling melaksanakan aksi, berhubungan, mempengaruhi, terikat sesuatu antah hubungan.” Sedangkan Sosial artinya ialah masyarakat. Secara sederhana, interaksi sosial ialah kekerabatan timbal balik antara dua orang atau lebih. Timbal balik dalam hal ini yaitu adanya kekerabatan dua arah, yang mana masing-masing pihak melaksanakan tindakan atau agresi antara satu dengan yang lain.

Interaksi sosial niscaya terjadi di lingkungan sosial (masyarakat), mengapa? Hal ini sebab sudah kodratnya insan ialah makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak sanggup hidup sendiri dan tidak sanggup hidup tanpa dukungan orang lain. Interaksi sosial merupakan ciri khas kehidupan bermasyarakat/sosial. Artinya kehidupan bermasyarakat/sosial akan kelihatan konkret dalam banyak sekali bentuk pergaulan seseorang dengan orang lain. Contohnya : buruh pabrik berdemonstrasi, keramaian di pasar,
dan pelajar mencar ilmu di kelas.

Namun, tidak semua acara masyarakat itu masuk dalam jenis-jenis interaksi sosial. Kok bisa? Hal ini sebab suatu fenomena dikatakan sebagai interaksi sosial jikalau telah memenuhi 2 syarat interaksi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi sosial.

Kontak sosial sanggup kita artikan sebagai pertemuan, perkenalan, kontak mata, kontak fisik, kontak bunyi dan sebagainya. Kontak hanya sanggup berlangsung apabila kedua belah pihak sadar akan kedudukan atau kondisi masing-masing. Untuk itu kontak memerlukan kolaborasi dengan orang lain. Di kala globalisasi kontak sanggup berlangsung dengan gampang dan cepat, sebab adanya kemajuan teknologi yang makin canggih. Misalnya dengan adanya internet, HP, telepon, telegram, dan email.

Selanjutnya yaitu komunikasi, yang sanggup kita artikan adanya hal yang disampaikan. Jadi, jikalau kita duduk bersebelahan bersama teman, namun tidak ada komunikasi (hanya diam, atau bermain hp/ smartphone sendiri), maka hal tersebut tidak sanggup dinamakan interaksi sosial. Isi dalam suatu komunikasi ini tidak harus berupa omongan, sanggup jikalau adanya pesan mata, pesan melalui tangan, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Interaksi Sosial 

Setelah kita mengetahui perihal interaksi sosial dan bagaimana suatu acara dinamakan interaksi sosial (melalui syaratnya), maka selanjutnya akan kita bahas jenis-jenis interaksi sosisl.  Jenis interaksi sosial dibagi menjadi 3, yaitu interaksi antar individu, interaksi individu dengan kelompok, dan interaksi kelompok dengan kelompok.

Jenis Interaksi sosial 1 : Interaksi Individu dengan Individu
jenis interaksi sosial beserta misalnya 3 Jenis-Jenis INTERAKSI SOSIAL dan Contohnya - LENGKAP
Jenis interaksi yang pertama yaitu interaksi individu atau interaksi individu dengan individu. Sesuai dengan namanya, jenis interaksi ini terjadi manakala adanya interaksi antara satu orang dengan satu orang. Contoh jenis interaksi antar individu ini sanggup kita lihat di sekitar kita. Contohnya ada suami istri yang sedang ngobrol, ibu yang sedang menasehati anaknya, seseorang yang sedang curhat dengan sahabatnya, tukang ojek yang berkomunikasi dengan pelanggannya, teller yang sedang melayani nasabahnya, dan contoh-contoh lainnya.

Jenis Interaksi sosial 2 : Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok
jenis interaksi sosial beserta misalnya 3 Jenis-Jenis INTERAKSI SOSIAL dan Contohnya - LENGKAP

Selanjutnya yaitu interaksi individu dengan kelompok. Jika interaksi sosial antar individu itu satu orang dengan satu orang, nah untuk interaksi yang kita bahas ini yaitu interaksi satu orang dengan dua orang atau lebih. Contoh jenis interaksi sosial ini antara lain : seorang sales yang sedang mempresentasikan produknya, seorang guru yang sedang mengajar di depan kelas, seorang siswa yang sedang berpidato di depan kelas, seorang ustadz atau kyai yang sedang berceramah, seorang polisi yang mengatur banyak pengendara sepeda motor, seorang pilot yang sedang memperlihatkan pengarahannya, dan contoh-contoh lain.

Jenis Interaksi sosial 3 : Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok
jenis interaksi sosial beserta misalnya 3 Jenis-Jenis INTERAKSI SOSIAL dan Contohnya - LENGKAP
Jenis interaksi yang terakhir yaitu interaksi kelompok dengan kelompok. Interaksi ini terjadi mana kala terjadi kekerabatan timbal balik antara dua kelompok yang berbeda. Dalam jenis interaksi ini, tiap-tiap anggota kelompok tidak melaksanakan interaksi secara individu, namun secara kelompok. Adapun referensi jenis interaksi ini yaitu ; adanya debat antar kelompok di dalam kelas, perkelahian pelajar antar sekolah, perkelahian antar suporter sepak bola, dan sebagainya.

Demikian artikel pelajaran sosiologi perihal jenis-jenis interaksi dan misalnya yang ada di sekitar kita. Semoga bahan tersebut bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "3 Jenis-Jenis Interaksi Sosial Dan Misalnya - Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel