-->

4 Tujuan & Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan (Guru, Siswa)

Tujuan dan manfaat memperlajari psikologi perkembangan bagi pendidik (guru) dan penerima didik (siswa). Dalam kesempatan kali ini, kami akan membagikan materi wacana tujuan mempelajari psikologi perkembangan dan manfaat mempelajari psikologi perkembangan. Namun, sebelum kita mempelajari hal tersebut, sudah tahukah anda wacana pengertian psikologi perkembangan?

Psikologi perkembangan yaitu ilmu yang mempelajari Psikologi perkembangan yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laris individu dalam perkembangannya dan latar belakang yang mempengaruhinya. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, alasannya psikologi perkembangan mempelajari kekhususan dari pada tingkah laris individu. Jika anda yaitu seorang calon guru atau seorang guru, maka mempelajari psikologi yaitu hal wajib yang harus kita lakukan. Mengapa? Hal ini alasannya akan ada banyak manfaat dari memperlajari psikologi perkembangan.

Tujuan dan Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan 

Untuk mengetahui apa saja tujuan dan manfaat mempelajari psikologi perkembangan bagi pendidik (guru) dan penerima didik (siswa), berikut ini kami berikan klarifikasi satu persatu.

Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan

Seperti yang kita ketahui bahya yang mempelajari psikologi perkembangan terdiri dari pendidik (guru) dan penerima didik (siswa). Masing-masing pihak yang mempelajari psikologi perkembangan akan mendapat manfaat yang berbeda-beda.

1. Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Pendidik  (Guru)
a. Dapat menentukan metode pengajaran dan memakai bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid – murid.
b. Dapat menentukan dan memperlihatkan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu.
c. Memahami bentuk-bentuk tanda-tanda psikologis individu (siswa) secara umum dalam bentuk sikap dan tingkah laris selama mengikuti proses pembelajaran.
d. Memehami bagaimana seharusnya pelaksanaan proses mencar ilmu dan pembelajaran supaya tercapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif.
e. Membantu dan memahami aksara siswa dalam menyebarkan banyak sekali jenis kemampuan dan potensi yang dimiliki dalam bentuk proses-proses pembelajaran yang berbasis pengembangan siswa.
f. Membantu siswa menuntaskan agenda pembelajaran sehingga dengan pemahaman guru wacana psikologi pendidikan sanggup memperlihatkan proteksi pada siswa dalam menuntaskan program-program pembelajaran hingga tuntas.

2. Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Peserta Didik (Siswa)
a. Memberikan, mengukur dan membuktikan perubahan dalam tingkah laris serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi belum dewasa di mana saja dan dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
b. Mempelajari karakteristik umum perkembangan penerima didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
c. Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat eksklusif pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
d. Mempelajari penyimpangan tingkah laris yang dialami seseorang, ibarat kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.
e. Mempelajari tingkah laris anak pada lingkungan tertentu yang mengakibatkan reaksi yang berbeda.

Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan

Selain tujuan mempelajari psikologi perkembangan yang dibagi menjadi 2, manfaat mempelajari psikologi perkembangan juga dibagi menjadi 2 pihak, yaitu pendidik (guru) dan penerima didik (siswa). Berikut ini klarifikasi satu eprsatu

1. Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Pendidik (Guru)
a. Dapat menghadapi anak didiknya secara ketat sesuai dengan sifat-sifat khas yang ditampilkan anak didiknya. Contoh : anak berumur 6-12 tahun yang perkembangannya normal memperlihatkan tingkah laris produktif tinggi (erikson,1960). Pada periode ini anak ingin berbuat sesuatu yang memperlihatkan hasil, mempunyai wangsit yang banyak, yang ingin ditampilkannya. Oleh alasannya itu guru hendaknya memberi kesempatan dan rangsangan supaya anak sanggup menyebarkan banyak sekali keterampilan di samping itu yang lebih penting lagi yaitu sikap guru yang menghargai wangsit dan banyak sekali ciptaan anak didiknya dengan sengaja, bukan hanya secara sambil lalu. Jika guru melaksanakan hal itu maka dalam diri anak akan timbul perasaan yakin diri bahwa ia bisa dan harga dirinya akan meningkat.

b. Dapat menentukan dan menetukan tujuan, materi, alat, dan taktik pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan intelektual anak didik. Siswa sekolah dasar khususnya kelas rendah, sedang dalam tahap berfikir konkrit permulaan. Oleh alasannya itu tujuan mencar ilmu hendaknya yang sederhana dan dalam bentuk tingkah laris yang jelas. Demikian pula materi mencar ilmu hendaknya terkait dengan pengalaman anak yang ada disekitarnya. Contoh : Anak dalam mencar ilmu membaca, maka materi mencar ilmu hendaknya terdiri dari kata-kata yang pernah dialami anak melalui pengalaman lingkungan.
Tujuan dan manfaat memperlajari psikologi perkembangan bagi pendidik  4 Tujuan & Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan (Guru, Siswa)
c. Dapat mengadapi anak didik dengan benar dalam membantu membentuk tingkah laris yang benar. Guru yang mempelajari psikologi perkembangan menyadari bahwa anak yang dihadapinya yaitu sedang dalam proses perkembangan. Contoh : Wajarlah anak melaksanakan kesalahan dalam tingkah laku, alasannya kekrang tahuan dan kekurang mampuannya.

d. Dapat terhindar dari pemahaman yang salah wacana anak, khususnya wacana keragaman yang mempengaruhi kemampuannya dalam belajar. Ada anak yang cepat dan ada anak yang lambat perkembangan kemampuannya.Sebagai teladan : memperlakukan anak di dalam kelas tidaklah sama, alasannya pada prinsipnya akan kita jumpai paling tidak tiga kelompok anak taraf kemampuanyang berbeda yaitu anak yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah.

e. Memberikan Bimbingan Kepada Peserta Didik. Seorang guru harus memainkan tugas yang berbeda di sekolah, tidak hanya dalam pelaksanaan pembelajaran, tetapi juga berperan sebagai pembimbing bagi penerima didik. Bimbingan yaitu jenis proteksi kepada siswa untuk memecahkan dilema yang mereka hadapi. Pengetahuan wacana psikologi pendidikan memungkinkan guru untuk memperlihatkan bimbingan pendidikan dan kejuruan yang diharapkan untuk siswa pada tingkat usia yang berbeda-beda.

f. Mengevaluasi Hasil Pembelajaran. Guru harus melaksanakan dua aktivitas penting di dalam kelas ibarat mengajar dan mengevaluasi. Kegiatan penilaian membantu dalam mengukur hasil mencar ilmu siswa. Psikologi pendidikan sanggup membantu guru dan calon guru dalam menyebarkan penilaian pembelajaran siswa yang lebih adil, baik dalam teknis evaluasi, pemenuhan prinsip-prinsip penilaian maupun menentukan hasil-hasil evaluasi.

2. Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Peserta Didik (Siswa)
a. Pengetahuan wacana perkembangan sanggup membantu kita dalam memperlihatkan respons yang sempurna terhadap sikap tertentu seorang anak.
b. Dengan pengetahuan perkembangan penerima didik, seorang guru akan sanggup memperlihatkan impian yang realistis terhadap anak dan remaja.
c. Pengetahuan wacana perkembangan memungkinkan para guru memperlihatkan bimbingan mencar ilmu yang sempurna kepada anak.
d. Studi perkembangan sanggup membantu kita memahami diri sendiri.Melalui psikologi perkembangan kita akan mendapat wawasan dan pemahaman perjalanan hidup kita sendiri ibarat pada masa bayi,anak,remaja atau dewasa. bagaimana hidup kita kelak dikala kita bertumbuh sepanjang tahun menjadi seseorang yang dewasamempelajari psikologi perkembangan akan memperlihatkan banyak isu wacana siapa kita, bagaimana kita sanggup ibarat ini dan kemana  masa depan akan membawa kita.
e. Pengetahuan perkembangan penerima didik sanggup membantu guru mengenali kapan perkembangan normal yang bersama-sama dimulai. Dengan pengetahuan wacana perkembangan normal ini, guru bisa menyusun pedoman dalam bentuk skala tinggi-berat, skala usia-berat, skala usia-mental, dan skala perkembangan sosial atau emosional.
f. Dengan mengetahui pola normal perkembangan, memungkinkan para guru untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pada tubuh, perhatian dan perilakunya.
g. Pengetahuan wacana perkembangan memungkinkan para guru memperlihatkan bimbingan mencar ilmu yang sempurna pada anak.

Demikian artikel wacana manfaat mempelajari psikologi perkembangan dan tujuan mempelajari psikologi perkembangan.

0 Response to "4 Tujuan & Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan (Guru, Siswa)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel