-->

Apa Saja Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur? Ini Penjelasannya

Manfaat berwudhu sebelum tidur - Memang ini kedengarannya terlalu sepele, tetapi jangan anggap enteng soal ini. Pasalnya, nabi Muhammad Saw senantiasa menjalankan kebiasaan ini, yaitu berwudhu sebelum tidur. Berwudhu disamping mempunyai nilai ibadah, juga bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian dari Universitas Alexanderia, Dr Mustafa Syahatah yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT menjelaskan bahwa jumlah bakteri pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak berwudhu.

Manfaat berwudhu secara Medis

Dengan ber istinsyaq (menghidup air dalam hidung), kita sanggup mencegah timbulnya penyakit dalam hidung. Dengan mencuci kedua tangan, kita sanggup menjaga kebersihan tangan. Kita juga sanggup menjaga kebersiha kulit wajah bila rajib berwudhu. Kita juga sanggup menjaga kebersihan pada daun indera pendengaran dan telapak kaki. Artinya, dengan berwudhu kita sanggup menjaga kesehatan tubuh. Lalu bagaimana kalau berwudhu dilakukan sebelum kiat tidur?

Nah, para pakar kesehatan senantiasa menganjurkan semoga mencuci kaki, mulut, dan muka sebelum tidur. Sejumlah pakar kecantikan memproduksi alat kecantikan semoga sanggup menjaga kesehatan kulit muka. Alat kosmetik itu dipakai dengan memoleskannya dibagian kulit muka. Tidak hanya itu saja, sejumlah pakar kesehatan gigi menyarankan semoga kita tidak lupa menggosok gigi sebelum tidur. Ini dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi.

Bahkan para dokter selalu menyarankan semoga anak sebelum tidur mencuci kaki sebelum naik ke daerah tidur. Pendek kata, semua hal terkait dengan menjaga kesehatan dilakukan sebelum kita tidur. Nah, kalau memang demikian, maka saran nabi Muhammad Saw tentu sangat relevan. Jauh-jauh hari sebelum pakar kesehatan menyarankan wacana pentingnya membersihkan anggota badan sebelum tidur justru nabi Muhammad Saw terlebih dulu yang menyarankan semoga senantiasa berwudhu sebelum tidur.

Manfaat berwudhu secara Islami

Oleh alasannya yaitu itu, dalam acara wudhu, kita membasuh beberapa belahan penting dalam tubuh. Itu artinya nabi Muhammad Saw tahu persis manfaat berwudhu bagi kesehatan manusia. Disamping itu, tentunya tawaran berwudhu mengandung nilai ibadah. Sebab ketika seseorang dalam keadaan wudhu, ia berada dalam keadaan suci. Jika seseorang berada dalam keadaan suci, ia akrab dengan Allah Swt. Karena Allah Swt akan akrab dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan yang suci. Bahkan nabi Muhammad Saw bersabda : “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari selesai zaman dengan wajah putih berkilau-kilau lantaran bekas air wudhu. Barang siapa diantara kau sanggup untuk memanjangkan kilauan cahayanya, hendaklah ia lakukan berwudhu yang tepat  (HR Imam Ahmad dan Abu Daud).”

Berwudhu Ketika Sedang Junub
Ada satu riwayat yang menjelaskan wacana latar belakangnya keluarnya hadis soal wudhu sebelum kita tidur. Di dalam kita Al Jamiul Kabir diterangkan bahwa suatu hari Ibnu umar bertanya kepada nabi, “Ya Rasul, saya mempunyai janabad (hadas besar), apakah saya boleh tidur?”. Rasul menjawab, “Jika kau akan tidur, maka berwudhulah terlebih dahulu.” Artinya, tawaran berwudhu sebelum tidur berdasarkan keterangan hasis ini diperuntukkan bagi seseorang yang mempunyai hadas besar atau junub. Jika ia tidak dalam keadaan junub, maka ajuran wudhu itu tidak berwudhu. Namun begitu ada juga hadits yang menjelaskan wacana manfaat wudhu sebelum tidur. Berwudhu sebelum tidur tidak hanya dianjurkan untuk mereka yang dalam keadaan junub saja. Mereka yang tidak junub tetap dianjurkan untuk selalu berwudhu sebelum tidur.

Berwudhu Mendapatkan Jaminan Mati Syahid
Hal ini dituliskan dalam kitab Tanqih al qaul al hatsis karangan Syekh muhammad bin umar an nawawi al bantany.Dari umar bin harits,bahwa nabi muhammad saw bersabda : ”Barang siapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila ia mati disaat ia tidur, maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah”. (HR.Hakim dan Tirmidzi). Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan menerima posisi yang tinggi disisi Allah. Bila ia dicabut nyawanya ketika ia sedang dalam keadaan tidur dan sebelumnya ia berwudhu maka ia akan menerima predikat meninggal dalam keadaan mati syahid.Sementara itu, predikat mati syahid hasilnya ialah surga. Semua dosanya akan diampuni oleh Allah swt.

 Memang ini kedengarannya terlalu sepele Apa Saja Manfaat berwudhu Sebelum Tidur? Ini Penjelasannya

Manfaat Berwudhu Sama dengan Berpuasa Di siang Hari
Lebih dari itu,nabi muhammad saw juga pernah bersabda : ”Orang tidur dalam keadaan suci sama ibarat orang berpuasa sunnah di siang hari”. (HR.Hakim dan Tirmidzi). Artinya pahala orang berwudhu sebelum tidur sama dengan orang yang menjalankan puasa sunnah di siang hari. Sedangkan orang yang berpuasa akan menempati  posisi mulia di sisi Allah swt.

Dengan begitu sanggup ditarik kesimpulan bahwa berwudhu sebelum tidur yaitu tawaran nabi muhammad saw yang harus dikerjakan bila seseorang berkeinginan memperoleh kemuliaan di sisi Allah swt.

0 Response to "Apa Saja Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur? Ini Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel