-->

Sejarah Perkembangan Akuntansi Lengkap

Sejarah perkembangan akuntansi. Dalam dunia usaha, akuntansi mempunyai tugas yang sangat penting. Akuntansi merupakan bahasa bisnis; merangkum semua acara yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Akuntansi melaksanakan pencatatan data-data acara   perusahaan menjadi informasi yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak yang berkepentingan. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas perihal sejarah perkembangan akuntansi.

Mengapa informasi akuntansi diperlukan? Banyak yang menyatakan bahwa akuntansi merupakan bahasa bisnis (accounting is a business language). Sebagai bahasa bisnis, akuntansi merupakan alat berpikir pengelola perjuangan (manajer) dalam menjalankan bisnis dan mengomunikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan bisnis tersebut. Dalam hal ini akuntansi sanggup dikatakan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak terkait mengenai acara dan kondisi suatu perusahaan. (Baca juga  : Pengertian Akuntansi Lengkap )

Akuntansi dimulai semenjak insan mengenal uang sebagai alat pembayaran dan menciptakan catatan. Pada awal kala XV muncul naskahnaskah mengenai  pelajaran akuntansi di Italia dengan menggunakan angkaangka Arab. Dan pada selesai kala  XV terbit buku yang pertama di Italia, hasil karya seorang Venesia, berjulukan Lucas Paciolo yang berjudul “Summa De Arithmatica, Geometrica et Proportionalita”.

Buku tersebut membahas perihal akuntansi, dan menjadi tonggak sejarah di bidang akuntansi. Di dalam salah satu babnya, buku tersebut membahas perihal “Tractatus de Computist el Scriptorio”, yaitu cara-cara pembukuan dengan berpasangan (double book keeping), yang hingga kini masih banyak digunakan.

Hasil karya Lucas Paciolo ini menyebar ke Eropa Barat dan dikembangkan oleh pengarang-pengarang baru. Sehingga timbullah beberapa sistem, yang namanya diubahsuaikan dengan nama negaranya masingmasing,  contohnya sistem Belanda, sistem Amerika (anglo saxon), dan sebagainya.

Akuntansi berbeda dengan pembukuan. Pembukuan atau tata buku yaitu suatu seni pencatatan, pengelompokan, dan pengikhtisaran. Adapun akuntansi lebih luas cakupannya daripada pembukuan. Mengapa demikian? Karena pembukuan sebagian dari kegiatan akuntansi. Adapun hal yang berkaitan dengan akuntansi, yaitu:
1. pembukuan;
2. penganalisisan laporan-laporan keuangan yang telah disusun;
3. penelitian untuk mengetahui luas serta macam-macam transaksi keuangan;
4. perencanaan sistem akuntansi yang akan digunakan pada sebuah perusahaan menurut hasil survei;
5. investigasi akuntansi; dan lain sebagainya.

 akuntansi mempunyai tugas yang sangat penting Sejarah Perkembangan Akuntansi Lengkap


Dalam perkembangan akuntansi, beberapa negara di Eropa Barat memisahkan “pembukuan” dari pelajaran “akuntansi dalam arti yang luas”. Di negeri Belanda, hingga kini masih memperlihatkan pelajaran “pembukuan” saja pada aneka macam perguruan, dan untuk pelajaran “akuntansi secara luas” hanya diberikan di fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Adapun di Amerika Serikat, dikarenakan pembukuan merupakan penggalan dari akuntansi, maka yang dipergunakan pada perguruan-perguruan di sana yaitu pelajaran akuntansi dalam arti yang luas. (Baca juga : Daftar Pengguna Informasi Akuntansi)

Dan di Indonesia sendiri disepakati lewat lokakarya Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi tahun 1980 perihal Pendidikan Akuntansi di Indonesia, bahwa cara atau sistem yang digunakan di Indonesia yaitu cara atau sistem Amerika, sesudah sebelumnya Indonesia pernah menggunakan sistem Belanda alasannya efek penjajahan oleh pihak Belanda.

Demikian klarifikasi singkat kami perihal sejarah perkembangan akuntansi. Semoga artikel kami yang membahas perihal sejarah perkembangan akuntansi bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Akuntansi Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel