-->

Apa Saja Tugas Nilai Dan Norma Dalam Masyarakat ?

Peran nilai dan norma dalam masyarakat merupakan bahan yang berisi antara perpaduan nilai dan norma sosial. Peran nilai dan norma dalam masyarakat sangat penting sebab menawarkan stabilitas kehidupan. Coba bayangkan jikalau suatu kawasan tidak terdapat suatu nilai dan norma sosial yang berlaku, pastilah kawasan tersebut akan mengalami kekacauan dan teladan kehidupannya akan mengalami penyimpangan.

Misalnya, di kawasan Papua di mana kawasan tersebut belum bisa melembagakan suatu norma, kesannya masyarakat di sana tidak tahu bagaimana cara berpakaian yang sopan di depan umum, bagaimana cara mereka mengikat tali perkawinan yang suci sesuai agama, dan bagaimana mereka bersosialisasi dengan damai. Makara tugas nilai dan norma sosial dalam masyarakat sangat penting. (Baca juga : Pengertian Nilai Sosial)

Peran Nilai dan Norma dalam Masyarakat

Peran nilai dan norma sosial dalam masyarakat secara umum ialah untuk mengatur teladan kehidupan masyarakat semoga teladan sikap yang ditunjukkan seimbang, tidak merugikan, serta tidak mengakibatkan ketidakadilan. Dalam masyarakat yang modern dikala ini memang sangat diperlukan tugas dari nilai dan norma sosial. Nilai dan norma sosial dipakai semoga masyarakat modern tidak berlaku sekehendak hatinya. Secara lebih rinci tugas nilai dan norma dalam masyarakat ialah :

1. Peran nilai dan norma sebagai petunjuk sikap yang benar
Peran nilai dan norma dalam masyarakat menjadi rel dari sikap yang harus dibuat oleh setiap masyarakat. Perilaku yang kompleks dalam masyarakat akan mengakibatkan variasi-variasi dalam pencapaian kebutuhan hidup. Akibatnya masyarakat akan berlaku sekehendak hatinya tanpa memandang kepentingan-kepentingan orang lain, sehingga terjadi ketidakseimbangan yang mengakibatkan benturan-benturan antar individu dalam masyarakat mengakibatkan konflik sosial. Untuk mengantisipasi hal ini, maka masyarakat membentuk  nilai dan norma semoga dijadikan petunjuk dalam sikap yang sudah disepakati oleh anggota masyarakat.

2. Peran nilai dan norma sebagai pengatur sistem dalam masyarakat
Setiap masyarakat niscaya mempunyai sistem dalam kehidupannya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Sistem ini dibuat untuk memudahkan masyarakat semoga kebutuhan hidupnya sanggup terpenuhi secara normal. Karena sistem ialah serangkaian sikap yang terstruktur dan sistematis, maka dibentuklah tatanan nilai dan norma. Hal ini dilakukan semoga masyarakat terus berjalan pada sistem yang sudah disepakati, sehingga keseimbangan hidup dalam masyarakat tercipta.

3. Peran nilai dan norma sebagai pelindung bagi mereka yang lemah
Masyarakat pada umumnya terdiri dari beberapa komponen yang saling melengkapi. Secara alamiah komponen tersebut tersusun sedemikian rupa yang melembaga pada suatu kehidupan masyarakat. Sehingga variasi dari teladan sikap mengikuti komponen yan terbentuk dan terdiri dari tugas dan status dari masyarakat. Karena setiap individu mempunyai kemampuan yang berbeda-beda maka komponen masyarakat tersebut membentuk struktur sosial yang vertikal, kesannya ada segolongan individu yang menjadi pemimpin maupun menjadi penjahat. Untuk melindungi ketidaknyamanan dari pemimpin yang adikara maupun dari penjahat yang merugikan dan meresahkan, maka masyarakat secara kolektif membentuk nilai dan norma.

4. Peran nilai dan norma sebagai Khasanah Budaya Masyarakat
Dalam konteks ini nilai dan norma yang ada di depan masyarakat berperan sebagai etos budaya masyarakat yang menawarkan ciri khusus bagi masyarakat tersebut. Bentuk kebudayaan dalam masyarakat mempunyai keragaman tersendiri. Keragaman tersebut berasal dari nilai dan norma yang ada dalam masyarakat tersebut.

Peran nilai dan norma dalam masyarakat merupakan bahan yang berisi antara perpaduan nilai Apa Saja Peran Nilai dan Norma dalam Masyarakat ?

Demikian klarifikasi singkat wacana tugas nilai dan norma dalam masyarakat yang terdiri dari tugas nilai dan norma sebagai petunjuk sikap yang benar, tugas nilai dan norma sebagai pengatur sistem dalam masyarakat, tugas nilai dan norma sebagai pelindung bagi mereka yang lemah, tugas nilai dan norma sebagai khasanah budaya masyarakat. Semoga artikel kami yang membahas wacana tugas nilai dan norma dalam masyarakat yang terdiri dari tugas nilai dan norma sebagai petunjuk sikap yang benar, tugas nilai dan norma sebagai pengatur sistem dalam masyarakat, tugas nilai dan norma sebagai pelindung bagi mereka yang lemah, tugas nilai dan norma sebagai khasanah budaya masyarakat bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "Apa Saja Tugas Nilai Dan Norma Dalam Masyarakat ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel