-->

9 Bidang Akuntansi Yang Harus Diketahui

Bidang-bidang akuntansi yaitu materi selanjutnya yang kita pelajari dalam ilmu akuntansi. Sebagai sumber gosip yang dibutuhkan oleh banyak sekali pihak, akuntansi bisa menyajikan banyak sekali jenis akibatnya sesuai dengan kebutuhan pemakai. Oleh alasannya yaitu itu, akuntansi dikelompokkan dalam beberapa bidang sesuai dengan kebutuhan pemakai. Ada banyak bidang akuntansi yang bisa kita pelajari, terdiri dari bidang akuntansi keuangan, bidang akuntansi biaya, bidang akuntansi anggaran, bidang akuntansi auditing/pemerinsaan, bidang akuntansi perpajakan, bidang akuntansi pemerintaha, bidang akuntansi sistem akuntansi, bidang akuntansi pendidikan. Selengkapnya ihwal bidang-bidang akuntansi antara lain sebagai berikut : (Baca juga  : Pengertian Akuntansi)

1. Akuntansi Keuangan
Akuntansi keuangan yaitu bidang akuntansi terutama yang berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan yang ditujukan terutama kepada pihak-pihak eksternal perusahaan menyerupai investor, kreditor, forum pemerintah, pelanggan, pemasok dan masyarakat. Dalam pencatatan banyak sekali transaksi keuangan perusahaan, akuntansi keuangan harus berpatokan kepada ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

2. Akuntansi Biaya
Akuntansi biaya yaitu bidang akuntansi yang berafiliasi dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya berkaitan dengan penentuan harga pokok produksi dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya bermanfaat bagi administrasi untuk mengendalikan aktivitas perusahaan dan merencanakan aktivitas perusahaan di masa depan menurut data-data biaya yang diperoleh.

3. Akuntansi Anggaran
Akuntansi anggaran yaitu bidang akuntansi yang berafiliasi dengan penyusunan anggaran perusahaan dan kemudian membandingkannya dengan realisasinya semoga sanggup dijadikan sebagai materi evaluasi. Akuntansi anggaran merupakan bab dari akuntansi manajemen.

4. Auditing/ Akuntansi Pemeriksaan
Auditing yaitu bidang akuntansi yang mengkhususkan diri pada investigasi catatan-catatan akuntansi secara bebas (independen). Pelaksananya disebut auditor. Auditor harus bekerja secara bebas tanpa dipengaruhi kepentingan pihak-pihak tertentu. Auditor akan menyidik apakah pencatatan transaksi telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Dalam melaksanakan pemeriksaan, auditor berpatokan pada standar auditing yang berlaku.

5. Akuntansi Manajemen
Akuntansi administrasi yaitu bidang akuntansi yang melaksanakan pengembangan dan penafsiran data-data akuntansi, baik data masa kemudian maupun data tafsiran untuk membantu administrasi dalam mengoperasikan perusahaan. Akuntansi administrasi membantu memecahkan banyak sekali duduk kasus khusus yang dihadapi manajemen, yang pemecahannya membutuhkan beberapa alternatif.

6. Akuntansi Perpajakan
Akuntansi perpajakan yaitu bidang akuntansi yang bertugas melaksanakan penyiapan data yang dipakai untuk perhitungan pajak. Sehingga pajak yang dibayar perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah. Agar sanggup bekerja dengan baik, seorang akuntan pajak harus memahami banyak sekali peraturan, baik yang berupa undang-undang maupun ketentuan lain ihwal perpajakan

7. Akuntansi Pemerintahan
Akuntansi pemerintahan yaitu bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam penyajian laporan keuangan dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pemerintah. Akuntansi ini berkaitan dengan pembuatan anggaran negara beserta laporan realisasinya. Akuntansi ini bermanfaat untuk mengendalikan pengelolaan keuangan negara.

8. Sistem Akuntansi
Sistem akuntansi yaitu bidang akuntansi yang melaksanakan perencanaan mekanisme pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan data keuangan. Sistem akuntansi harus membuat suatu sistem yang sanggup mempermudah pengelolaan dan pengendalian perusahaan.

bidang akuntansi yaitu materi selanjutnya yang kita pelajari dalam ilmu akuntansi 9 Bidang Akuntansi yang Harus Diketahui

9. Akuntansi Pendidikan
Akuntansi pendidikan yaitu bidang akuntansi yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan akuntansi dalam rangka membuatkan ilmu akuntansi. Melalui bidang akuntansi pendidikan, akuntansi bisa dikembangkan dengan cara memasukkan akuntansi ke kurikulum sekolah.
(Baca juga artikel lengkap ihwal : Profesi Akuntansi)

Demikian klarifikasi singkat kami ihwal bidang-bidang akuntansi yang terdiri dari bidang akuntansi keuangan, bidang akuntansi biaya, bidang akuntansi anggaran, bidang akuntansi auditing/pemerinsaan, bidang akuntansi perpajakan, bidang akuntansi pemerintahan, bidang akuntansi sistem akuntansi, bidang akuntansi pendidikan. Semoga artikel kami yang membahas ihwal tentang bidang-bidang akuntansi yang terdiri dari bidang akuntansi keuangan, bidang akuntansi biaya, bidang akuntansi anggaran, bidang akuntansi auditing/pemerinsaan, bidang akuntansi perpajakan, bidang akuntansi pemerintaha, bidang akuntansi sistem akuntansi, bidang akuntansi pendidikan bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "9 Bidang Akuntansi Yang Harus Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel