-->

8 Pengguna Info Akuntansi

Setelah kita memahami pengertian akuntansi pada artikel sebelumnya, kini kita akan membahas wacana pengguna warta akuntansi. Akuntansi dibutuhkan oleh banyak sekali pihak yang berkepentingan sebagai materi pertimbangan untuk pengambilan keputusan ekonomi baik pihak internal maupun pihak eksternal yang menyelenggarakan kegiatan akuntansi.

Pengguna Informasi Akuntansi

Pemakai yang berasal dari dalam perusahaan (intern) yaitu pengelola (manajer) perusahaan itu sendiri. Informasi akuntansi dibutuhkan oleh manajer guna mengetahui kemajuan perusahaan yang dikelolanya sehingga manajer sanggup merencanakan suatu tindakan di masa depan yang lebih niscaya dan terukur. Pemakai dari luar perusahaan di antaranya, kreditur, investor, pemasok, pelanggan, karyawan, pemerintah, dan masyarakat.

Beberapa pengguna warta akuntansi yang akan kita bahas antara lain : pemilik, kreditur, karyawan, pelanggan, pemerintah, pemasok, manajer, dan masyarakat. Berikut klarifikasi wacana pengguna warta akuntansi : (Baca juga : Sejarah Perkembangan Akuntansi)

1. Pemilik/ Owners/ Investor
Pemilik perusahaan tentu menginginkan dana yang ditanamkannya sanggup berkembang. Oleh sebab itu pemilik perusahaan selalu mengevaluasi hasil kegiatan perusahaan dari waktu ke waktu dan mengevaluasi posisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu. Di sinilah, warta akuntansi sangat membantu para pemilik perusahaan untuk mengambil keputusan apakah ia akan tetap menanamkan modalnya, menambah modal, mengurangi atau justru menarik modal yang telah ditanamkan dalam perusahaan. Adapun untuk para calon pemilik perusahaan akan memakai warta akuntansi sebagai tolok ukur tingkat keuntungan yang akan diterimanya bila ia membeli saham perusahaan tertentu

2. Kreditur
Kreditur membutuhkan warta akuntansi untuk menilai kemampuan debitur atau calon debitur untuk memenuhi kewajiban pembayaran pokok pinjaman dan bunganya. Kemampuan untuk mengembalikan pinjaman ini sangat tergantung pada besarnya keuntungan (laba) dan arus kas yang dihasilkan dari kegiatan operasi perusahaan debitur. Melalui analisis laporan keuangan perusahaan debitur, kreditur sanggup mengetahui kondisi di atas.

3. Karyawan
Karyawan berkepentingan untuk mengetahui warta akuntansi, khususnya warta profitabilitas dan stabilitas perusahaan dimana mereka bekerja sebab kelangsungan hidupnya sangat tergantung kondisi perusahaan tersebut termasuk pula jaminan hidup sehabis mereka pensiun. Akuntansi sanggup memperlihatkan warta yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut.

4. Pelanggan
Pelanggan memiliki kepentingan dengan warta akuntansi, yaitu mengenai kelangsungan hidup perusahaan terutama mereka yang sangat membutuhkan produk produk perusahaan dalam jangka panjang dan sulit untuk digantikan oleh produk perusahaan lainnya.

5. Pemerintah
Salah satu sumber pendapatan pemerintah ialah dari sektor pajak. Perusahaan merupakan salah satu wajib pajak. Pemerintah berkepentingan untuk memperoleh warta akuntansi yang sanggup dipakai untuk memutuskan jenis pajak dan besarnya kewajiban pajak yang harus ditanggung dan dibayar oleh perusahaan tersebut. Selain untuk kepentingan pajak, warta akuntansi dibutuhkan oleh pemerintah untuk :

a. Ketaatan perusahaan terhadap peraturan-peraturan yang telah ditetapkan, contohnya wacana pertolongan Upah Minimum Regional (UMR).
b. Penetapan kebijakan tertentu
(Baca juga : Pengertian Akuntansi)

6. Pemasok
Pemasok atau supplier berkepentingan untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk memenuhi utang atas pembelian barang atau jasa dari mereka pada ketika jatuh tempo. Informasi akuntansi sanggup memperlihatkan (gambaran) wacana besarnya aset lancar yang sanggup menjamin pembayaran utang utang di atas.

Setelah kita memahami pengertian akuntansi pada artikel sebelumnya 8 Pengguna Informasi Akuntansi
7. Manajer
Manajer ialah orang yang diberi wewenang oleh pemilik untuk mengoperasikan perusahaan. Untuk itu manajer membutuhkan warta akuntansi guna perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan. Bagi manajemen, akuntansi memiliki beberapa manfaat berikut ini.
a. Melindungi Harta Perusahaan
Laporan akuntansi memperlihatkan posisi keuangan perusahaan dari waktu ke waktu sehingga mempersempit ruang gerak pihak-pihak yang akan melaksanakan korupsi maupun manipulasi.
b. Menyusun Rencana Kegiatan Perusahaan yang Akan Datang
Anggaran merupakan planning kegiatan yang dinyatakan dalam satuan uang, yang menjadi panduan perusahaan untuk melaksanakan kegiatannya di masa yang akan datang.
c. Mengukur Laba Perusahaan dalam Periode Tertentu
Adanya laporan akuntansi yang memperlihatkan besarnya penghasilan perusahaan dan biaya-biaya yang ada, maka sanggup diketahui besarnya keuntungan atau kerugian perusahaan. Perusahaan memperoleh keuntungan jikalau penghasilan perusahaan lebih besar daripada biaya-biaya. Sedangkan jikalau penghasilan lebih kecil dari biaya-biaya yang ada maka perusahaan mengalami kerugian.
d. Mengawasi Kegiatan Perusahaan
Dengan berpedoman pada planning yang ditetapkan, administrasi sanggup mengukur efektifitas dan efisiensi produksi, prestasi manajemen, dan sebagainya. Adapun hasil pengawasan dianalisis untuk memilih ketidakberesan yang menjadikan sasaran perencanaan tidak sanggup dicapai. Dengan demikian akuntansi memiliki tugas dalam perencanaan sekaligus pengawasan ataupun pengendalian

8. Masyarakat
Laporan keuangan sanggup menyediakan warta kecenderungan (trend) dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktivitasnya. Informasi akuntansi ini berkhasiat untuk menilai bantuan perusahaan terhadap ekonomi nasional contohnya jumlah orang yang dipekerjakan, jumlah modal yang  ditanamkan dalam perusahaan.

Demikian klarifikasi singkat kami wacana pengguna warta akuntansi yang mencakup pemilik, kreditur, karyawan, pelanggan, pemerintah, pemasok, manajer, dan masyarakat. Semoga artikel kami yang membahas wacana pengguna warta akuntansi yang mencakup pemilik, kreditur, karyawan, pelanggan, pemerintah, pemasok, manajer, dan masyarakat bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "8 Pengguna Info Akuntansi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel