-->

Contoh Soal Ulangan Harian Ips 9 Bahan Kejadian Peristiwa Nasional

Haikasut - Contoh Soal Ulangan Harian IPS 9 Materi Peristiwa Tragedi Nasional - Berikut ini Soal ulangan harian mata pelajaran IPS untuk siswa kelas 9 ihwal materi insiden bencana nasional yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Soal:
  1. Pada periode mengisi kemerdekaan, ternyata bangsa Indonesia harus menghadapi aneka macam macam ancaman, gangguan stabilitas negara. Hal ini nampak dari munculnya gerakan ....
  2. Apakah Fron Demokrasi Rakyat itu?
  3. Apa tujuan gerakan Darul Islam di Jawa Barat?
  4. Siapa pemimpin gerakan DI/TII Jawa Barat?
  5. Siapa pemimpin gerakan DI/TII Aceh?
  6. Siapa pemimpin gerakan DI/TII Sulawesi Selatan?
  7. Di mana terjadinya pemberontakan APRA? Siapa Pemimpinnya?
  8. Di mana terjadinya pemberontakan Andi Aziz?
  9. Apa nama Dewan yang dibuat di Sumatera Barat pada final tahun 1956?
  10. Perpindahan masa Orde Lama ke Orde Baru ditandai dengan lahinya ....
 Berikut ini Soal ulangan harian mata pelajaran IPS untuk siswa kelas  Contoh Soal Ulangan Harian IPS 9 Materi Peristiwa Tragedi Nasional

Jawaban:
  1. Pada periode mengisi kemerdekaan, ternyata bangsa Indonesia harus menghadapi aneka macam macam ancaman, gangguan stabilitas negara. Hal ini nampak dari munculnya gerakan sparatis diberbagai daerah.
  2. Peristiwa Madiun tidak sanggup dipisahkan dari pembenukn Fron Demokrasi Rakyat (FDR) pada tanggal 28 Juni 1948. FDR yakni kumpulan beberapa partai menyerupai partai Sosialis, Pesindo, partai Buruh, PKI dan Sobsi.
  3. Di Jawa Barat muncul gerombolan ekstrimis „Darul Islam“ (DI). Keinginan yang menjadi keinginan mereka yakni membentuk Nrgara Islam Indonesia (NII) degan sebuah kekuatan tentara yaitu Tentara Islam Indonesia (TII).
  4. Organisasi DI/TII di Jawa Barat dipimpin oleh Sukarmaji Marijan Kartosuwiryo.
  5. Pemberontakan DI juga terjadi di Aceh dengan terjadinya upaya merongong terhadap Pemerintah Republik Indonesia yang dilakukan oleh Tengku Daud Beurueh. Tengku Daud Beureueh ini sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Militer Daerah spesial Aceh.
  6. Di Sulawesi Selatan juga timbul gerakan Darul Islam (DI) yang dipimpin oleh Kahar Muzakar.
  7. Di Jawa Barat terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) dibawah pimpinan Kapten Raymond Westerling. Dia yakni seorang algojo saat bertugas di Sulawesi Selatan.
  8. Pemberontakan Andi Aziz terjadi di Ujungpandang. Gerakan ini berusaha untuk mempertahankan negara bab Indonesia Timur dengan bekas KNIL sebagai pegawanegeri militernya. Salah seorang yang juga menjadi dalang dalam pemberontakan Andi Aziz yakni Dr. Chr. R.S. Soumokil tiba ke Ambon.
  9. Pada final tahun 1956 beberapa Panglima yang ada di daerah-daerah membentuk dewan-dewan. Di Sumatra Barat bangun Dewan Banteng yang dipimpin oleh Kolonel Achmad Hussein.
  10. Gerakan 30 September tahun 1965 membawa efek yang besar terhadap perkembangan sejarah Indonesia. Dengan peritiwa ini menjadikan keluarnya Supersemar dan dengan keluarnya Supersemar merupakan awal kemunduran kekuasaan Presiden Soekarno, dan mulai muncul kiprah Letnan Jendral Soeharto dalam kancah perpolitikan di tanah air. Keluarnya Supersemar merupakan tonggak baru, alasannya yakni mulai munculnya Orde Baru yang menginginkan adanya perubahan yang fundamental disegala bidang dan sekaligus mengakhiri Orde Lama. Dengan Supersemar yang diperkuat dengan ditetapkannya melalui Ketetapan MPRS No.IX/MPRS/1966 menjadi dasar aturan untuk melakukan langkah-langkah dalam rangka perbaikan kehidupan baik dalam bidang politik, ekonomi dan sosial-budaya.

0 Response to "Contoh Soal Ulangan Harian Ips 9 Bahan Kejadian Peristiwa Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel