-->

Soal Ulangan Harian Ips Bahan Benua Dan Samudera Di Dunia

Haikasut - Soal Ulangan Harian IPS Materi Benua dan Samudera di Dunia - Berikut ini soal ulangan dan jawabannya mata pelajaran IPS kelas 9 dengan bahan Benua dan Samudera:

Soal:
  1. Sebutkan nama-nama benua dan samudera di dunia!
  2. Sebutkan Benua terluas di dunia! Berikan uraian penjelasannya!
  3. Mengapa Afrika disebut sebagai Benua Hitam? Jelaskan!
  4. Deskripsikan dengan singkat wacana Benua Eropa!
  5. Mengapa Benua Amerika Utara dijuluki sebagai Dunia Baru?
  6. Benua manakah yang merupakan penghasil kopi terbesar di dunia?
  7. Sebutlan batas-batas samudera Hindia!
  8. Sebutkan benua yang tidak dihuni oleh manusia! Mengapa?
  9. Apa nama benua terkecil di dunia? Jelaskan!
  10. Samudera apa yang terluas di dunia? Jelaskan!
 Soal Ulangan Harian IPS Materi Benua dan Samudera di Dunia  Soal Ulangan Harian IPS Materi Benua dan Samudera di Dunia

Jawaban soal:
  1. Kawasan Benua mencakup Benua-benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Benua Antartika, Australia. Kawasan Samudera mencakup Samudera-samudera Hindia Pasifik, Atlantik, dan Arktik.
  2. Benua Asia terletak di antara 11º LS – 80º LU dan 26º BT – 170º BT, merupakan benua terluas yaitu 43,5 juta km2 atau seperempat luas daratan dunia. Penduduknya berjumlah 3,83 milyar jiwa merupakan 61% dari seluruh penduduk dunia. Secara ekonomi Benua Asia tergolong belum maju dengan daya beli per kapita $ 4.290 di bawah rata-rata dunia yang $ 7.160. Karakteristik Benua Asia ialah terdapatnya empat dari tujuh keajaiban dunia, penduduknya multi ras dan kawasan lahirnya agama-agama besar di dunia. Negara Republik Rakyat Cina merupakan negara dengan sistem pemerintahan komunis yang berhasil menerapkan eknomi kapitalis sehingga secara niscaya bergerak kearah kesejahteraan warganya.
  3. Benua Afrika merupakan Benua Hitam sebab sebagian besar penduduknya berkulit hitam, jumlahnya 861 juta jiwa. Secara ekonomi tergolong miskin sebab hanya memiliki daya beli $ 2.120 jauh di bawah rata-rata dunia. Karakterisitik Benua Afrika ialah kawasan beradanya bangunan piramida sebagai makam raja-raja Mesir, gurun Sahara yang terluas (8,4 juta km2) dan pengidap penyakit HIV/AID terbesar di dunia. Negara Afrika Selatan yang jumlah penduduknya 44 juta jiwa di ujung Selatan Benua Afrika merupakan negara yang dulu populer dengan politik apartheid (perbedaan warna kulit), letak historis yang menghubungkan Benua Eropa dan Benua Asia. Afrika Selatan ialah penghasil emas yang besar, timah, intan, besi, batubara dan tembaga.
  4. Benua Eropa terletak diantara 36º L – 71º 30’ LU dan 11º BB – 66º BT merupakan benua tergolong maju dengan daya beli $ 16.270 dengan penduduk berjumlah 727 juta jiwa, sebagian besar tinggal di perkotaan (73%) dan bekerja di sektor industri. Negara Jerman mewakili negara-negara Benua Eropa yang bangun dari kekalahan Perang Dunia II dan berhasil menyatukan daerahnya yang terpecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Kemakmuran negara Jerman menarik imigran-imigran dari Afrika untuk mencari pekerjaan dan menetap di Jerman.
  5. Benua Amerika pecahan utara, yang luasnya 19,3 juta km2, terletak di antara 26º LU – 80º LU dan 68º BB – 162º BB, berpenduduk 323 juta jiwa, hanya terdiri dari dua negara saja yaitu negara Amerika serikat dan negara Kanada. Keduanya merupakan negara maju, industri dan daya belinya tinggi yaitu $ 33.510. Karakteristik Benua Amerikam Utara dijuluki dunia gres sebab kawasan yang memperlihatkan cita-cita hidup lebih baik dari aneka macam segi kehidupan. Dolar Amerika dijadikan tolok ukur keuangan seluruh dunia. Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ada di New York kota terbesar di Amerika Serikat.
  6. Benua Amerika Latin dan Karibia terletak di antara 160 LU – 560 LS dan 340 BB – 1180 BB, luasnya 20,6 juta km2 dengan penduduk 540 juta jiwa, sebagian besar (75%) tinggal di perkotaan dengan kemampuan daya beli $ 6.820 di bawah rata-rata dunia. Karakteristik Benua Amerika Latin dan Karibia ialah merupakan penghasil kopi terbesar di dunia, memiliki riam tertinggi dan terbesar serta gurun yang terkering di dunia. Negara Brasil merupakan negara terluas di Amerika Latin dan terbesar penduduknya 176,5 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan alami 1,3%/ tahun. Lembah dan Sungai Amazone dengan seribu anak sungainya merupakan lembah yang masih dipenuhi hutan belantara dan menyimpan diam-diam alam yang luar biasa.
  7. Samudera Hindia di batasi oleh tiga benua yaitu Benua Asia, Australia dan Afrika, dengan luas 73 juta km2, berfungsi sebagai penyedia air hujan bagi sebagian besar negara-negara di sekelilingnya. Karakteristik samudera Hindia ialah relatif kondusif untuk transportasi maritim dan dasar samuderanya menjadi pusat-pusat gempa.
  8. Antartika merupakan benua yang luas terletak di kutub Selatan, tidak dihuni manusia, sebab temperaturnya pada bulan Juli mencapai -700 C di pecahan pedalaman.
  9. Australia merupakan benua terkecil dari lima benua yang dihuni manusia. Secara Astronomi, letak benua Australia diantara 100 42’ LS – 430 39’ LS dan 1130 10’ BT – 1530 40’ BT. Batas-batas benua Australia, pecahan utara: maritim Timor dan maritim Arafuru, pecahan timur: maritim Taman dan maritim Koral, samudera Pasifik, pecahan selatan samudera Hindia dan pecahan barat dengan samudera Hindia. Benua yang berada di belahan bumi selatan luasnya 7.686.848 Km2. Australia memiliki corak fauna yang unik yang tidak ditemkan pada pecahan benua lainnya. Terdapat 3 kenampakan alamiah pada benua ini yaitu: dataran tinggi sebelah barat, dataran rendah pecahan tengah dan pegunungan di sebelah timur. Dataran Tinggi sebelah Barat terdiri dari plato dan gurun pasir. Bagian tengah Austalia berupa dataran rendah- dataran rendah Arnhem di Utara, Mullarbor di Selatan, basin danau Eyre, basin Murray Darling dan basin Artesian Besar. Jumlah penduduk Australia pada tahun 2003 ialah 19,9 juta jiwa, dan tingkat kepadatannya hanya 3 orang per km2. Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan (85%) yang banyak terdapat di pantai-pantai , terutama pantai Selatan dan Timur Austrlia.
  10. Kawasan samudera Pasifik merupakan samudera terluas di dunia terletak diantara Benua Amerika dan Benua Asia. Ciri khasnya kawasan berhimpitnya garis bujur timur dan garis bujur barat menjadi garis batas tanggal internasional, bertemunya arus panas Kuroshio dan arus cuek Oyashio yang membentuk perairan hangat di Laut Bering dan memiliki palung terdalam.

0 Response to "Soal Ulangan Harian Ips Bahan Benua Dan Samudera Di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel