-->

Contoh Soal Latihan Pkn Wacana Prestasi Diri Lengkap Dengan Jawabannya

Haikasut - Contoh Soal Latihan PKn perihal Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya - Berikut ini referensi soal untuk Latihan, tugas, maupun Ulangan Harian yang dilengkapi dengan jawabannya:

Soal:
  1. Apa yang dimaksud dengan prestasi?
  2. Sebutkan upaya yang harus dilakukan supaya sanggup berprestasi!
  3. Apa yang dimaksud dengan insan yang berpotensi?
  4. Sebutkan pembagian terstruktur mengenai potensi secara umum!
  5. Sebutkan beberapa referensi kepribadian manusia!
  6. Sebutkan macam-macam potensi insan secara umum!
  7. Sebutkan kendala yang mungkin muncul dalam upaya menyebarkan potensi!
 Contoh Soal Latihan PKn perihal Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya  Contoh Soal Latihan PKn perihal Prestasi Diri Lengkap dengan Jawabannya

Jawaban:
  1. Prestasi ialah hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan.
  2. Prestasi setiap orang tidak selalu sama dalam banyak sekali bidang. Beberapa upaya yang dilakukan insan supaya berprestasi: a). Semenjak usia dini telah dilakukan pencarian bibit-bibit berbakat. b). Dididik dan dilatih secara sedikit demi sedikit serta terprogram dengan baik. c). Secara periodik, diadakan penilaian dan diberikan umpan balik (feedback). d). Diuji coba melalui kompetisi dari yang level reguler hingga dengan yang profesional. e). Berkompetisi secara profesional dalam jangka waktu tertentu.
  3. Manusia yang berpotensi ialah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut untuk meraih prestasi.
  4. Secara umum, potensi sanggup diklasifikasikan sebagai berikut: a). Kemampuan dasar, menyerupai tingkatan inteligensi, kemampuan abstraksi, logika, dan daya tangkap. b). Sikap kerja, menyerupai ketekunan, ketelitian, tempo kerja, dan daya tahan terhadap tekanan. c). Kepribadian, yaitu pola menyeluruh terhadap semua kemampuan, perbuatan, dan kebiasaan seseorang, baik yang jasmani, rohani, emosional, maupun sosial yang ditata dengan cara yang khas di bawah aneka efek dari luar. Pola ini berbentuk tingkah laris dalam usahanya menjadi insan sebagaimana yang dikehendaki.
  5. Beberapa referensi kepribadian, antara lain ikhlas, tulus, lincah, cerdas, dan lain sebagainya.
  6. Secara umum, macam-macam potensi insan terbagi menjadi potensi fisik, potensi mental intelektual (intelectual quotient), potensi sosial emosional (emotional quotient), potensi mental spiritual (spiritual quotient), dan potensi ketangguhan (adversity quotient).
  7. Beberapa kendala yang mungkin muncul dalam upaya menyebarkan potensi diri, yaitu sebagai berikut: a). Hambatan yang berasal dari lingkungan, yaitu kendala yang disebabkan oleh sistem pendidikan yang dianut, lingkungan belajar/bekerja, dan kebiasaan atau budaya tertentu dalam lingkungan masyarakat. b). Hambatan yang berasal dari individu sendiri, merupakan faktor penghambat yang muncul dari perilaku negatif seseorang, contohnya berprasangka buruk, tidak mempunyai tujuan yang jelas, dan enggan mengenal dirinya sendiri. Hal lain ialah tidak mau mendapatkan umpan balik, kurang mau mengambil risiko, takut situasi baru, perilaku hirau tak acuh, selalu mencari kambing hitam, dan sebagainya. Ada beberapa hal yang sanggup menjadi pemicu supaya orang menjadi kreatif, yaitu berpikiran terbuka, keingintahuan yang tinggi, berani mencoba, dan tidak gampang menyerah.

0 Response to "Contoh Soal Latihan Pkn Wacana Prestasi Diri Lengkap Dengan Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel