-->

Apakah Partai Komunis Indonesia (Pki) ?

Partai Komunis Indonesia (PKI). Partai Komunis Indonesia (PKI) itu apa? Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk apa dipelajari? Mengapa Partai Komunis Indonesia (PKI) dianggap sebagai kejahatan di Indonesia? Idiologi Partai Komunis Indonesia (PKI) berasal dari mana?

Organisasi Pergerakan Nasional Partai Komunis Indonesia (PKI)

Pada awal periode ke-20, di Nusantara muncul banyak sekali kelompok dan organisasi yang mempunyai konsep nasionalisme yaitu organisasi pergerakan kemerdekaan Indonesia antara lain : Budi Utomo (BU), Sarekat Dagang Islam (kemudian menjadi Sarekat Islam), Partai Komunis Indonesia (PKI), Partai Nasional Indonesia (PNI), Indische Partij (IP), Perhimpunan Indonesia, Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI), Partai Indonesia Raya (Parindra), Gabungan Politik Indonesia (Gapi), Gerakan dan Organisasi Pemuda, Organisasi Kepanduan, Gerakan Wanita, dan organisasi lainnya..

Munculnya organisasi-organisasi itu mendanai fase perubahan perlawanan terhadap pemerintah kolonial Belanda. Kalau sebelumnya berupa perlawanan fisik kedaerahan menjadi pergerakan nasional yang bersifat modern. Organisasi-organisasi itu mengusung tujuan yang sama, yakni untuk lepas dari penjajahan. Tidak semua pemikiran dari organisasi Partai Komunis Indonesia (PKI) itu salah. Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan kepingan dari organisasi pergerakan nasional. Partai Komunis Indonesia (PKI) juga mempunyai andil dalam usaha pergerakan nasional Indonesia.

Apa itu Partai Komunis Indonesia (PKI)? Partai Komunis Indonesia yaitu organisasi pergerakan sosialis yang mengadopsi nilai-nilai usaha komunisme dari Rusia. Pada awalnya organisasi ini berjulukan  Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV), yang lalu menjelma Partai Komunis Indonesia pada tahun 1924.

Partai Komunis Indonesia (PKI) didirikan oleh siapa? Gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI)  dipelopori oleh seorang Marxis Belanda Sneevliet yang ingin membuatkan ajaran-ajaran Marxis di Indonesia, khususnya perihal manifesto-komunisnya. Konsep perjuangannya yaitu mempertentangkan kelas antara kaum pribumi sebagai buruh dan penjajah sebagai kapitalisme Barat. Sneevliet yaitu pendiri organisai Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV). Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) didirikan Sneevliet pada tahun 1914 di Semarang. Perkumpulan Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) merupakan perkumpulan adonan antara orang-orang Belanda dengan orang-orang Indonesia yang mempunyai pandangan politik sama.

Sneevliet berusaha mempengaruhi tokoh-tokoh terkemuka pada perkumpulan orang Indonesia untuk mendapatkan pemikiran Marxis. Setelah itu tokoh-tokoh Marxis dalam Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) menyusup ke badan organisasi Sarekat Islam yang dianggap mempunyai basis massa yang banyak dan bersedia mendapatkan pikiran-pikiran radikal usaha sosialis. Selain itu, anggota Sarekat Islam yang radikal bisa masuk Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) tanpa harus meninggalkan Sarekat Islam.

Komunisme cepat berkembang di kalangan rakyat Indonesia yang terjajah. Kondisi buruknya kehidupan ekonomi pribumi sanggup dimanfaatkan dengan baik oleh tokoh-tokoh komunis Indonesia. Tokoh-tokoh komunis juga memanfaatkan kondisi buruknya hubungan antara gerakan politik dan pemerintah Belanda. Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) semakin berpengaruh sehabis pecahnya Revolusi Rusia pada 1917, berdirinya Uni Soviet, dan Communis International (Comintern) Maret 1919. Komunis Indonesia makin radikal dan menerima proteksi yang luas sehabis pada 1922 melaksanakan pemogokkan-pemogokkan untuk menuntut kenaikan upah dari kaum kapitalis.

Bagaimana Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) menjelma Partai Komunis Indonesia (PKI)? Gerakan-gerakan Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) yang radikal dalam menentang kapitalisme Belanda menyebabkan orang-orang Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV) diusir Belanda. Pimpinan komunis di Indonesia diambil alih oleh orang Indonesia sendiri dan lalu mendirikan organisasi dengan nama Perserikatan Komunis Hindia pada Mei 1920. Pada 1924 nama ini menjelma Partai Komunis Indonesia (PKI). Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan cepat berkembang sebab menerima banyak proteksi dari kalangan rakyat jelata yang terjajah. PKI masuk Komintern pada 1920. Tokoh-tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) di antaranya, Semaun, Alimin, Tan Malaka, dan Darsono (Dekker, 1993).

Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam melaksanakan kegiatannya bersifat simpel dan radikal, organisasi Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan tegas menyatakan ingin melaksanakan gerakan revolusi untuk menggulingkan pemerintahan kolonial Belanda. Tokoh-tokohnya dengan berilmu bisa memanfaatkan militansi Islam yang juga berkeinginan untuk melawan pemerintah kolonial Belanda. Oleh sebab itu, banyak tokoh Islam yang direkrut untuk membuatkan propaganda Partai Komunis Indonesia (PKI) yang anti kapitalisme Belanda. Misalnya di kawasan berbasis Islam, Banten dan Minangkabau, terjadi pemberontakan melawan kapitalisme Barat pada 1926 dan 1927.

 dianggap sebagai kejahatan di Indonesia Apakah Partai Komunis Indonesia (PKI) ?

Akibat pemberontakan, pemerintah kolonial Belanda melaksanakan penindasan terhadap pengikutnya. Pemimpinnya dibuang, sejumlah 13.000 anggotanya ditangkap, 4.000 orang dihukum, dan 1.300 orang dibuang ke Digul. Oleh pemerintah kolonial, Partai Komunis Indonesia (PKI) dinyatakan sebagai organisasi terlarang, walaupun acara politiknya masih terus berjalan. Semaun, Darsono, dan Alimin meneruskan propaganda untuk mendukung agresi revolusioner dan menuntut kemerdekaan Indonesia.

Walaupun Partai Komunis Indonesia (PKI) sudah mengalami kemunduran, tetapi usaha bangsa Indonesia untuk terbebas dari praktik kolonialisme masih terus berlangsung. Partai Komunis Indonesia (PKI) mungkin sudah runtuh, tetapi sehabis itu bermunculan organisasi-organisasi lain. Demikian artikel kami perihal Partai Komunis Indonesia (PKI). Semoga artikel kami perihal Partai Komunis Indonesia (PKI) bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Apakah Partai Komunis Indonesia (Pki) ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel