-->

60 Soal Perilaku Menghargai Jasa Hero Dan Patriotisme + Jawaban

Latihan soal perihal pendekar dan patriotisme. Secara hukum, Indonesia memang sudah merdeka berpuluh-puluh tahun yang lalu. Namun, sebagai masyarakat yang hidup di kurun kemerdekaan, kita dihentikan melupakan jasa pendekar yang telah berjuang dengan semangat patriotisme untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

Beberapa hal yang sanggup kita lakukan untuk mengisi kemedekaan yakni meneladani (soal) kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungan. Dengan mempunyai sikap kepahlawanan dan patriotisme, diharapkan kita bisa menjaga Indonesia ini semoga tetap jaya. Beberapa perilaku yang sanggup kita kembangkan dalam mengisi kemerdekaan yaitu : bekerja sama mewujudkan rasa gotong royong, selalu membela yang benar, tidak gampang frustasi dalam menghadapi kesulitan, mau mendapatkan saran orang lain dengan senang, tidak aib bertanya kalau menemui kesulitan, suka menolong dengan ikhlas, dan lain-lain.

Soal Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme

Dalam hal ini, bukan materi perihal meneladani kepahlawanan dan patriotisme yang akan kami bagikan, malainkan latihan soal perihal kepahlawanan dan patriotisme. Sebenarnya ini adalam soal kedua kami yang membahas perihal materi tersebut, sebelumnya kami sudah pernah menciptakan soal dengan materi yang sama. Kami sarankan anda untuk membuka : Soal Pilgan, Essay, Uraian perihal Kepahlawanan dan Patriotisme + Jawaban

Soal dan tanggapan perihal kepahlawanan dan patriotisme ini sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan soal sebelumnya yang telah kami bagikan. Namun, untuk soal menghargai jasa pendekar ini kami susun hanya ada satu jenis soal saja, yaitu soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice). Jika anda membutuhkan soal essay atau uraian, anda sanggup membuka soal yang sebelumnya kami bagikan.

Materi soal kepahlawanan dan patriotisme ini biasanya dipelajari pada beberapa mata pelajaran, yaitu mata pelajaran IPS dan PKN. Namun, untuk jenjangnya biasanya sama, yaitu PKN atau IPS SD/MI. Meskipun hanya ada satu jenis soal yang kami bagikan, yaitu soal pilihan ganda, namun dengan banyaknya soal yang kami bagikan sejumlah 60 soal, kami harap sanggup dipakai untuk aneka macam kebutuhan di sekolah. Mulai dari ulangan harian, tes evaluasi, dan ujian selesai semester.

Tidak lupa kami juga sudah melampirkan kunci tanggapan dan pembahasan soal pada selesai artikel untuk membantu anda dalam menjawab pertanyaan. Sengaja letak kunci tanggapan soal kepahlawanan dan patriotisme ini berada di bawah, alasannya yakni kami harap sanggup menciptakan anda untuk mencoba mengerjakan soal sendiri dan tidak menggantungkan pada kunci jawaban. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan tanggapan perihal pendekar indonesia dan patriotisme.

Soal Pilihan Ganda Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme

1. Kemerdekaan negara Indonesia diperoleh alasannya yakni ...
a. Perjuangan rakyat dan rahmat Tuhan
b. Hadiah pemerintah jepang
c. Sudah saatnya merdeka
d. Berjuang tanpa mengenal lelah

2. Pahlawan yang berjuang di bidang budaya yakni ...
a. Ki hajar dewantara dan w. R. Supratman
b. Bung tomo dan sutan takdir alisyahbana
c. Soekarno dan mohammad hatta
d. W. R. Supratman dan amir hamzah

3. Pengabdian seorang pelajar sanggup dilakukan dengan cara ...
a. Belajar sambil bermain
b. Membantu orang renta sepanjang hari
c. Bekerja bakti membersihkan sekolah
d. Belajar dengan giat

4. Ciri perilaku kepahlawanan seorang pelajar yakni ...
a. Pemaaf
b. Berjiwa besar
c. Rajin belajar
d. Rela berkorban

5. Seorang ksatria akan selalu berani dalam ...
a. Berkelahi
b. Menantang maut
c. Kebenaran
d. Berbuat apa saja

6. Untuk mempunyai jiwa kepahlawanan kita harus ...
a. Rajin menabung
b. Rela berkorban
c. Rajin bekerja
d. Taat beribadah

7. Sikap rela berkorban merupakan pengamalan pancasila, terutama ...
a. Sila ke 5
b. Sila ke 3
c. Sila ke 2
d. Sila ke 4

8. Cita – cita pendekar perlu diteruskan dengan cara ...
a. Membaca buku sejarah
b. Mengisi kemerdekaan
c. Mengusir penjajah
d. Memperingati dari pahlawan

9. Wujud ikut serta seorang pelajar dalam memajukan bangsa yakni dengan cara ....
a. berguru dengan giat
b. bersikap terbuka
c. semangat lebih maju
d. menjaga kesehatan badan

10. Menyeberangkan seorang nenek di jalan merupakan pola wujud dari perilaku ....
a. kepahlawanan   
b. toleransi
c. kerukunan
d. berani

11. Ciri – ciri patriot bangsa yakni ...
a. Sopan
b. Pasrah dan sabar
c. Teguh pendirian
d. Tidak semena mena

12. Perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa yakni ...
a. Menolak produk luar negeri
b. Menolak barang produk dalam negeri
c. Menggunakan produk dalam negeri
d. Membeli produk impor

13. Musuh utama pelajar yang harus diperangi ketika ini yakni ....
a. kemalasan
b. pemerintah       
c. penjajah 
d. penjahat

14. Seorang siswa Kelas 4 SD mempraktikkan semangat kepahlawanan dengan cara …
a. menegakkan keadilan
b. mencegah kejahatan
c. tekun dan rajin belajar
d. memberantas kemiskinan

15. Orang yang disebut sebagai pendekar tanpa tanda jasa yakni ....
a. guru
b. pegawai pemerintah 
c. pejuang kemerdekaan         
d. dokter

16. Salah satu perilaku kepahlawanan yakni ... .
a. mendahulukan kepentingan kelompok sendiri
b. berani membela kebenaran dan keadilan
c. berani menentang siapa saja
d. mendahulukan kepentingan sendiri

17. Yang merupakan pendekar proklamator Indonesia adalah... .
a. Ir. Sukandar dan Drs. Muhamad Abubakar
b. Ir. Soekarno dan Drs. Muhamad Hatta
c. Ir. Sutami dan Drs. Muhammad Musa
d. Ir. Sutardjo dan Drs. Muhammad Haiti

18. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri perilaku kepahlawanan yakni ....
a. sabar dan gotong royong
b. bahu-membahu dan berani   
c. berani dan tertib
d. berani dan rela berkorban

19. Jendral Ahmad Yani, Mayor Jenderal R. Suprapto, Mayor Jenderal MT Haryono, dan Mayor Jenderal S. Parman yakni pendekar bangsa. Mereka termasuk Pahlawan ... .
a. proklamator
b. reformasi
c. revolusi 
d. kemerdekaan

20. Mohammad Husni Thamrin yakni pendekar nasional. Selain itu, dia yakni tokoh masyarakat ... .
a. Bugis
b. Yogyakarta       
c. Minangkabau   
d. Betawi

21. Seorang pendekar perempuan yang berasal dari Aceh yakni ....
a. Nyi Ahmad Dahlan
b. Cut Nyak Dhien
c. RA Kartini         
d. Dewi Sartika

22. Menghargai pendekar yang paling penting yakni dengan cara ....
a. meneruskan harapan perjuangannya
b. menabur bunga di makamnya
c. menjadikan namanya sebagai nama jalan
d. memuat gambarnya pada uang kertas

23. Berjiwa besar untuk mengakui kekalahan biasanya disebut dengan perilaku ... .
a. tidak semena-mena
b. percaya diri       
c. sportif
d. pantang menyerah

24. Seorang pendekar sejati akan melaksanakan usaha dengan tujuan ....
a. untuk kepentingan diri sendiri
b. menerima pujian
c. menerima imbalan   
d. tulus tanpa pamrih

25. Sikap kepahlawanan harus diterapkan oleh ....
a. seluruh masyarakat Indonesia
b. para anggota dewan perwakilan rakyat dan MPR
c. pegawai negeri 
d. presiden dan para menteri

26. Jenderal Ahmad Yani yakni salah satu pendekar ....
a. Pergerakan Nasional
b. Proklamasi     
c. Revolusi
d. Kemerdekaan

27. Menghargai jasa pendekar merupakan salah satu bentuk perilaku ....
a. kapitalis
b. chauvinisme     
c. ingin dipuji       
d. berjiwa besar

28. Orang yang berjasa terhadap bangsa atau negara disebut ....
a. tentara
b. presiden
c. pahlawan
d. polisi

29. Orang yang menonjol alasannya yakni keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, merupakan pengertian dari . . .
a. pahlawan
b. chauvinisme
c. patriotisme
d. kepahlawanan

30. Dibawah ini yakni ciri-ciri perilaku kepahlawanan dan patriotisme, kecuali . . .
a. bertanggung jawab
b. tegas
c. berani
d. ingin menang sendiri

31. Menyerahkan sebagian tanahnya untuk pembangunan merupakan wujud rela berkorban yang diwujudkan di ....
a. lingkungan keluarga
b. lingkungan kelas
c. lingkungan sekolah 
d. lingkungan bernegara

32. Berkat usaha dan jasa para pendekar di masa penjajahan, akibatnya bangsa Indonesia menerima ....
a. kesengsaraan
b. kemerdekaan   
c. kejayaan
d. kemudahan

33. Meminta maaf dan memberi maaf termasuk perilaku . . .
a. perilaku memalukan
b. terpuji
c. tidak bertanggung jawab
d. tercela

34. Contoh dari perilaku terpuji dan bertanggung jawab yakni . . .
a. berani mengakui kesalahan
b. aib meminta maaf
c. menyembunyikan kesalahan
d. tidak memaafkan orang lain

35. Suatu keadaan yang mengatakan sifat keberanian, keperkasaan dan kerelaan untuk berkorban dalam membela kebenaran yakni pengertian. . .
a. keberanian
b. bertanggung jawab
c. kepahlawanan
d. patriotisme

36. Memiliki perilaku kepahlawanan dan patriotisme tercermin pada . .
a. tidak membayar pajak
b. selalu membeci orang
c. menjadi orang yang suka menolong
d. menodong orang lain

37. Contoh perilaku patriostisme yakni yang yakni . . .
a. bersikap semena-mena
b. ingin menang sendiri
c. takut berkorban
d. rela berkorban

38. Sikap yang harus harus dikembangkan seorang murid untuk memupuk kepahlawanan yakni ...
a. berjuang mencapai prestasi dengan cara curang
b. berjuang demi kepentingan keluarga saja
c. berjuang demi kepentingan sendiri
d. berjuang tanpa pamrih

39. Apakah yang dimaksud dengan patriotisme . . .
a. keberanian
b. perilaku bertanggung jawab
c. cinta tanah air
d. saling menghargai

40. Contoh dari perilaku kepahlawanan dan patriostisme dimasa kini yakni . . .
a. menghukum maling dengan berlebihan
b. melawan penjajah
c. berjuang menghapus kemiskinan
d. melaksanakan tidak kejahatan

41. Untuk menghargai pahlawan-pahlawan bangsa, kita memakamkan mereka di ... .
a. taman makam pahlawan
b. taman kota       
c. taman bunga   
d. taman burung

42. Ajaran Ki Hajar Dewantara yang terdapat dalam simbol pendidikan, yaitu ….
a. Pendidikan dan Pengajaran
b. Kebangsaan     
c. Taman Siswa   
d. Tut Wuri Handayani

43. Apakah istilah dari perilaku cinta tanah air yang berlebihan?
a. solidarisme
b. chauvinisme
c. komunisme
d. patriotisme

44. Semangat cinta tanah air disebut juga … .
a. ideologisme
b. nasionalisme     
c. kolonialisme     
d. patriotisme

45. RA. Kartini dilahirkan di kota Jepara provinsi ….
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur       
c. Jawa Tengah   
d. Banten

 Indonesia memang sudah merdeka berpuluh 60 Soal Sikap Menghargai Jasa Pahlawan dan Patriotisme + Jawaban
46. KH. Dewantara ditetapkan sebagai pendekar ….
a. Taman Siswa
b. Pendidikan dan pengajaran
c. Kemerdekaan bangsa
d. Pergerakan Nasional

47. RA. Kartini merupakan tokoh perempuan yang bercita-cita meningkatkan derajat ….
a. para penjajah
b. kaum wanita   
c. kaum pria         
d. kaum bangsawan

48. Kumpulan surat RA. Kartini disusun dalam buku berjudul ….
a. Seandainya Aku Seorang Belanda
b. Sekolah Kartini
c. Habis Gelap Terbitlah Terang
d. Emansipasi Wanita

49. Peringatan Hari Kartini dilakukan setiap tanggal ….
a. 21 April
b. 5 Oktober 
c. 2 Mei         
d. 14 Agustus

50. Salah satu cara menghargai jasa para pendekar yang berjasa dalam membela negara yakni . . .
a. dingin saja
b. mengotori lingkungan
c. menciptakan keonaran
d. berguru dengan tekun

51. Sikap pendekar sanggup kita teladani yakni ….
a. berjuang dengan pamrih
b. minta imbal jasa
c. tidak gampang putus asa 
d. semoga menjadi tokoh

52. Contoh dari perilaku cinta tanah air yang hiperbola yakni . . .
a. merasa bangsanya yang paling maju
b. membuang sampah sembarangan
c. malas sekolah
d. tidak mengikuti acara masyarakat

53. Apakah salah satu warisan dari hasil usaha para pejuang bagi bangsa kita ?
a. rumah
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. tanah
d. uang

54. Tokoh yang berjuang di bidang politik ialah . . .
a. Guru
b. Supriyadi
c. WR. Supratman
d. Ir. Soekarno

55. Salah satu perilaku rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat yakni . . .
a. merusak tanaman
b. mengotori lingkungan
c. ikut membersihkan lingkungan
d. mencoret-coret tembok

56. Berikut ini siapakah yang berjuang pada bangsa kita dalam bidang pendidikan ?
a. Sudirman
b. R.A Kartini
c. Ki Hajar Dewantara
d. Supriyadi

57. Apakah jasa dari para petani bagi masyarakat ?
a. menggali materi tambang
b. menyediakan kebutuhan sandang-pangan
c. menyediakan peralatan elektronik
d. menangkap ikan

58. Sikap saling memaafkan diharapkan semoga kita sanggup hidup . . .
a. hirau tak acuh
b. bertengkar
c. rukun
d. bermusuhan

59. Mengapa para pejuang berjasa bagi bangsa kita ?
a. dikarenakan telah mengusir penjajah
b. dikarenakan telah berhubungan dengan penjajah
c. dikarenakan telah mendatangkan penjajah
d. dikarenakan telah menimbulkan perang

60. Apakah jasa guru disekolah bagi murid-muridnya ?
a. mengajarkan cara bermain
b. mengajarkan masak-memasak
c. mengajarkan kejahatan
d. mengajarkan ilmu pengetahuan

Kunci Jawaban Soal Sikap Menghargai Jasa Pahlawan dan Patriotisme

1 A 11 D 21 B 31 D 41 A 51 A
2 D 12 C 22 A 32 B 42 D 52 A
3 C 13 A 23 C 33 B 43 D 53 B
4 D 14 C 24 D 34 A 44 B 54 D
5 C 15 A 25 A 35 D 45 C 55 C
6 B 16 B 26 D 36 C 46 B 56 C
7 C 17 B 27 D 37 D 47 B 57 B
8 B 18 D 28 C 38 D 48 C 58 C
9 A 19 D 29 A 39 A 49 A 59 A
10 A 20 D 30 D 40 C 50 D 60 D
Buka Juga : Soal Pilgan, Essay, Uraian perihal Kepahlawanan dan Patriotisme + Jawaban

Demikian 60 soal pilihan ganda dan tanggapan perihal menghargai jasa pendekar (kepahlawanan) dan patriotisme. Semoga bermanfaat. Jika anda butuh soal di atas, anda sanggup mendownload soal pada link yang disediakan.

0 Response to "60 Soal Perilaku Menghargai Jasa Hero Dan Patriotisme + Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel