-->

5 Gangguan (Kelainan) Tulang Manusia, Penyebab, Cara Menjaganya

Gangguan (kelainan) tulang pada manusia, penyebab, dan cara menjaga kesehatan tulang. Tulang merupakan salah satu organ penyusun sistem gerak pada makhluk hidup, khusunya insan selain otot dan sendi. Dengan adannya tulang, kita sanggup berjalan, berlari, loncat-loncat, dan melaksanakan banyak sekali acara lainnya. Namun, apa yang terjadi kalau tulang mengalami gangguan? Tentu saja kita akan terhambat dalam beraktivitas. Oleh lantaran itu, kita harus menjaga kesehatan tulang kita.

Untuk lebih memahami wacana pentingnya tulang bagi kehidupan kita, dalam artikel ini, akan kita bahas wacana 5 gangguan (Kelainan) tulang insan dan cara menjaga kesehatan tulang kita.

Gangguan (Kelainan) Tulang Manusia dan Penyebabnya

Ada 5 jenis gangguan tulang yang akan kita bahas, antara lain : gangguan tulang semenjak lahir, gangguan lantaran contoh makan, gangguan lantaran posisi tubuh yang salah, gangguan lantaran penyakit, dan gangguan lantaran kecelakaan. Berikut penjelasanny.

1. Gangguan (Kelainan) tulang lantaran kebiasaan posisi tubuh yang salah
Kebiasaan yang tidak baik akan memengaruhi pertumbuhan tubuh. Sikap tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, tidur, atau ketika membawa beban yang terlalu berat sanggup mengakibatkan gangguan pada tulang belakang/punggung. Ada tiga jenis gangguan atau kelainan tuang yang disebabkan oleh kebiasaan posisi tubuh yang salah, yaitu skoliosis, kifosis, dan lordosis. Berikut ini penjelasannya satu persatu.
a. Skoliosis, yaitu tulang punggung terlalu melengkung ke kiri atau ke kanan. Penyebab skoliosis yaitu kalau seseorang sering membebani salah satu sisi tulang belakang dan kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.
b. Kifosis, yaitu tulang punggung terlalu melengkung ke belakang. Penyebab kifosis yaitu apabila kita sering duduk di dingklik dengan meja yang terlalu tinggi.
c. Lordosis, yaitu tulang punggung yang terlalu melengkung ke depan. Penyebab lordosis yaitu lantaran kebiasaan menulis yang terlalu membungkuk.

2. Gangguan (kelainan) tulang lantaran penyakit
Ganguan tulang insan kedua yang biasanya terjadi yaitu gangguan tulang yang disebabkan lantaran penyakit. Beberapa jenis penyakit yang sanggup menjadikan terjadinya kelainan pada tulang insan antara lain : polio, layuh semu, kaku sendi, kanker tulang, TBC tulang, dan oestoporosis.
a. Polio
Polio merupakan kelainan pada tulang yang menjadikan seseorang akan mengalami kelumpuhan sehingga usang kelamaan tulangnya akan mengecil. Penyakit kelainan tulang ini sanggup dicegah dengan vaksin polio. Pemberian vaksin polio biasanya dilakukan melalui lisan pada dikala anak berusia di bawah lima tahun. Dengan adanya vaksin polio, diharapakan terjadi penurunan angka penderita kelainan tulang lantaran penyakit polio.

b. Layuh Semu
Layuh semu merupakan penyakit gangguan tulang yang terjadi lantaran terinfeksi penyakit sifilis pada anak semasa dalam kandungan akhir tertular oleh ibu yang mengidap penyakit sifilis. Jenis gangguan tulang ini akan menjadikan tulang sebagai anggora gerak pada bayi atau anak menjadi layuh atau tidak bertenaga.

c. Rakhitis
Rakhitis merupakan suatu penyakit gangguan tulang yang menjadikan terhambatnya pertumbuhan tulang. Penyakit gangguan tulang ini timbul lantaran penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderita penyakit rakhitis mempunyai tulang yang lemah dan biasanya berbentuk X atau O lantaran tidak sanggup menahan berat tubuh.

d. Kaku Sendi
Kaku sendi merupakan cacat pada persendian dimana sendi tidak sanggup digerakkan. Penyakit ini disebabkan lantaran persendian terinfeksi penyakit sifilis atau gonorhoe sehingga minyak sendi menjadi kering dan tidak sanggup digerakkan, contohnya pada lutut yang tidak sanggup dibengkokkan. Kaku sendi biasanya ini terjadi pada orang dewasa.

e. Kanker Tulang
Virus juga sanggup merusakkan pertumbuhan sel sel tulang yang tidak terkendali, sehingga di beberapa daerah pada tulang sanggup tumbuh benjolan benjolan yang sanggup berpindah pindah dan timbul rasa sakit. Penyakit ini sanggup mengakibatkan kematian.

f. TBC Tulang
TBC tulang ialah penyakit pada tulang akhir abuh oleh Tuberculosis yang sehingga menciptakan tulang menjadi rusak.

g. Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit yang mengakibatkan tulang gampang retak atau patah. Penyakit ini biasanya menyerang orang lanjut usia, terutama perempuan. Penyebab osteoporosis ialah tubuh kekurangan zat kapur (kalsium).

3. Gangguan (Kelainan) Tulang Karena Faktor Keturunan
Gangguan tulang yang ketiga yaitu lantaran faktor keturunan. Suatu sifat keturunan pada orang renta yang bersifat menurun akan diwariskan kepada keturunannya, sifat itu disebut gen. Misalnya, kelainan bentuk tulang punggung yang dialami orang renta yang disebabkan oleh gen, maka akan diwariskan kepada keturunannya.

4. Gangguan (Kelainan) Tulang Yang Disebabkan Oleh Makanan
Selain faktor keturunan, gangguan kelainan tulang juga sanggup terjadi lantaran contoh makan kita sehari-hari. Kok bisa? Pertumbuhan tulang tulang sangat tergantung dari kuliner yang kita makan setiap hari. Makanan yang kita makan harus mengandung zat zat yang diharapkan untuk pertumbuhan tulang. Misalnya, mengandung zat kapur, fosfor, dan vitamin D.
 Tulang merupakan salah satu organ penyusun sistem gerak pada makhluk hidup 5 Gangguan (Kelainan) Tulang Manusia, Penyebab, Cara Menjaganya

5. Gangguan (Kelainan) Tulang Karena Kecelakaan
Gangguan tulang yang terakhir yaitu gangguan tulang yang disebabkan lantaran kecelakaan. Ada beberapa jenis kelainan tulang yang disebabkan lantaran kecelakaan, antara lain :
a. Fisura, merupakan gangguan tulang berupa retak.
b. Fraktura, merupakan gangguan tulang berupa patah tulang.
c. Kalus, kalau tulang yang patah akhir kecelakaan, kemudian timbul gelembung pada cuilan sambungan tulang, daerah sambungan tulang yang menggelembung sehabis sembuh.
d. Urai Sendi, kalau terjadi pergeseram sendi lantaran selaput sendi sobek.
e. Patah tulang terbuka, kalau tulang yang patah merobek kulit dan tulang mencuat ke luar.
f. Patah tulang tertutup, kalau tulang yang patah tidak hingga merobek kulit.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Begitu pentingnya organ tulang bagi insan menciptakan kita harus menjaga kesehatan tulang. Bayangkan kalau tulang kita bermasalah, kita tidak akan sanggup berkaktivitas menyerupai biasanya. Nah, untuk menjaga kesehatan tulang atau mendapat tulang yang seghat dan kuat, ada beberapa hal yang sanggup kita lakukan, antara lain :
1.  Konsumsi Makanan yang mengandung Vitamin D dan Kalsium 
Kalsium merupakan nutrisi yang terpenting dalam pembentukan tulang. Sedangkan vitamin D ialah nutrisi yang sanggup membantu tubuh menyerap kalsium. Beberapa kuliner yang sanggup kita konsumsi untuk mendapat vitamin D dan kalsium antara lain : susu, keju, telur, almond, yoghurt, kedelai, bayam, ikan lele, sawi, brokoli, ikan tuna, ikan salmon, pisang, jus jeruk dan sereal.

2. Berjemur pada pagi hari
Selain dari makanan, sumber vitamin D yang lain yaitu sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber vitamin yang gampang di sanggup dan murah meriah. Dengan berjemur diantara jam 7-9 pagi selama 10 menit, sanggup mengurangi gangguan tulang hingga 30%.

3. Tingkat acara fisik
Cara lain untuk meningkatkan kekuatan tulang sanggup dilakukan dengan berjalan, jalan cepat, naik-turun tangga, bersepeda, senam aerobik, dan olah raga lainya.

4. Menjaga berat tubuh ideal
Berat tubuh yang terlalu gemuk atau berat akan mengganggu kesehatan tulang lantaran sanggup menjadikan rujukan yang terlalu berat di cuilan betis dan sekitarnya. Untuk itu, Anda perlu menjaga berat tubuh anda.

5. Jangan memakai sepatu high heel yang berlebihan
Khusus untuk perempuan, hindari pemakaian high heel yang hiperbola kalau anda ingin tulang anda sehat. Mengenakan sepatu berhak tinggi yang hiperbola sanggup mengakibatkan cedera kaki dan mengakibatkan terjadinya kerapuhan di cuilan tulang kaki.

0 Response to "5 Gangguan (Kelainan) Tulang Manusia, Penyebab, Cara Menjaganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel