-->

7 Kerusakan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Alam & Manusia

Berbagai kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh alam dan insan – Seiring terjadinya peningkatan populasi di dunia dan kebutuhan insan yang beragam, maka eksploitasi penggunaan sumber daya alam tidak sanggup dihindari. Akibat penggunaan sumber daya alam yang berlebihan, mengakibatkan terjadinya aneka macam kerusakan lingkungan. Berdasarkan penyebabnya, ada dua pihak yang mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, yaitu ulah tangan insan itu sendiri dan oleh ulah tangan manusia.

Kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh proses alam

1. Letusan Gunung Api
Letusan gunung api termasuk dalam salah satu kegiatan vulkanisme. Letusan gunung api ini merupakan tanda-tanda alam. Kita sebagai insan tidak dapay membendung atau mencegahnya. Tentu saja jawaban dari letusan ini sanggup merusak lingkungan hidup. Kerusakan tersebut antara lain :
a. Hujan bubuk vulkanik yang keluar bersamaan dengan letusan sanggup mengakibatkan terjadinya gangguan pernafasan dan pemandangan yang gelap. Selain itu, timbunan bubuk yang tebal sanggup menutupi tempat perkebunan dan pertanian yang sanggup mengancam gagal panen.
b. Letusan gunung api melemparkan aneka macam material padat menyerupai bebatuan, krikil, dan pasir. Material tersebut sanggup menimpa perumahan, merusak pertanian, dan membahayakan nyawa manusia
c. Awan panas yang keluar dari gunung merapi berhembus dengan kecepatan tinggi dan tidak terlihat mata, sanggup mengancam jiwa makhluk hidup yang dilaluinya.
d. Larva panas yang meleleh akan merusak bahkan mematikan apa saja yang dilaluinya. Setelah dingin, larva tersebut akan membeku menjadi batuan yang keras yang sanggup menghambat pertumbuhan tanaman.
e. Aliran lahar dari letusan gunung merapi sanggup mengakibatkan terjadinya pendangkalan sungai, sehingga ketika hujan turun menimbulkan banjir.
f. Gas yang mengandung racun sanggup mengancam keselamatan makhluk yang ada di sekitar gunung merapi

2. Gempa Bumi
Gempa merupakan sentakan lapisan bumi yang bersumber dari lapisan dalam yang merambat ke permukaan bumi. Jika getaran bumi tersebut melanda tempat pemukiman padat penduduk, maka akan menjadi tragedi yang hebat. Ada beberapa insiden yang akan terjadi ketika terjadi gempa sebagai sebagai jawaban eksklusif dan tidak langsung, antara lain :
a. Akibat goncangan yang andal maka sanggup terjadi tanah longsor yang menimbun segala sesuatu di bawahnya.
b. Tanah di permukaan menjadi merekah, sehingga sanggup mengakibatkan jalan raya terputus.
c. Gempa juga sanggup mengakibatkan aneka macam bangunan roboh.
d. Akibat pengiring gempa sanggup terjadi kebakaran lantaran sambungan pendek pedoman listrik
e. Sebagai jawaban dari rusaknya tanggul dan bendungan sehingga tanggul tersebut bobol dan terjadi banjir.
f. Gempa yang terjadi di dasar maritim sanggup mengakibatkan tsunami, yaitu gelombang pasang di maritim dan melanda tempat pantai.

3. Banjir
Banjir yaitu insiden yang terjadi pada ketika jumlah pedoman air terlalu banyak sehinga merendam daratan. Banjir pada umumnya terjadi danau, dan sungai, terutama pada belokan sungai. Banjir sering mengakibatkan terjadinya kerusakan bangunan yang dibangun di dataran sungai. Bendana bajir sanggup dihindari dengan menjaga sungai dan mendirikan bantunan tidak di tepi sungai, namun masyarakat yang menetap dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memanfaatkan biaya murah sehingga menghiraukan keselamatan.

4. Tanah Longsor
Tanah longsor mempunyai  karakteristik yang hampir sama dengan karakteristik banjir. Sebagian besar penyebab tanah longsor terjadi lantaran proses alam ataupun lantaran dampak kecerobohan manusia. Tanah longsor sanggup merusak pemukiman, lahan pertanian, struktur tanah, serta aneka macam bangunan lainnya. Pada umumnya, tragedi tanah longsor melanda beberapa wilayah lndonesia yang mempunyai topografi agak miring atau berlereng curam.

5. Badai Siklon
Angin siklon terjadi lantaran perbedaan tekanan udara yang sangat mencolok di suatu tempat sehingga mengakibatkan angin bertiup lebih kencang. Di beberapa belahan dunia, bahkan sering terjadi pusaran angin. Pada umumnya, tragedi ini merusak aneka macam tumbuhan, memorak-porandakan aneka macam bangunan, dan infrastruktur dan sanggup membahayakan penerbangan

Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia

6. Kerusakan Hutan
Hutan mempunyai fungsi yang besar dalam menjaga ekosistem. Secara rinci hutan sanggup berfungsi sebagai berikut:
a. menghipnotis unsur-unsur klimatologis seperti; hujan, suhu, panas matahari, angin
b. produksi hasil hutan menyerupai kayu dan rotan
c. mengatur keberadaan air di muka bumi ini
d. penampung fauna dan tumbuhan bumi
e. mengatur kesuburan tanah
f. dan kelembaban

Namun demikian, lantaran hutan menjadi sumber utama kebutuhan manusiadan agak gampang didayagunakan oleh insan maka hutan telah banyak mengalami kerusakan. Kerusakan hutan yaitu sebagai berikut:
a. Punahnya berbagaijenis binatang dan tumbuhan,sehingga mengakibatkan berkurangnya keanekaragaman hayati.
b. Terjadi kekeringan  pada animo kemarau dan akan terjadi banjir pada animo hujan. Terjadi lahan kritis dimana tanah menjadi tidak subur, sehingga tumbuhan tidak sanggup tumbuh dengan baik.
c. Terjadi perubahan iklim lantaran pengaturan klimatologis menyerupai hujan, suhu, dan sinar matahari menjadi tidak lagi berfungsi.

7. Pencemaran Lingkungan
Pencemoron lingkungon menurutUndang-Undang Nomor 23 tahun 1997 yaitu masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan. Berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan insan atau proses alam sehingga kualitas lingkungan menurun sampAi,ketingkat tertentu atau tidak sesuai lagi dengan peruntukan sehingga tidak berfungsi. Limboh yaitu benda atau zat yang timbul dari hasil kegiatan insan yang tidak dipakai lagi, sehingga dibuang. Limbah tersebut terbagi atas limbah padat, cair, dan gas.

a. Pencemaran Akibat Limbah Padat Limbah
Limbah padat merupakan benda atau zat padat yang timbul dari kegiatan insan yang dibuang lantaran tidak digunakan, Limbah padat ini biasanya kita kenal sebagai , sampah. Beberapa dampak yang akan timbul antara lain adalah:
1) Tempat hidup dan berkembang biak binatang pembawa penyakit menyerupai lalat dan tikus.
2) Mengandung materi kimia beracun yang membahayakan kesehatan. Dapat menyumbat pedoman air. Menyebarkan wangi yang tidak enak
3) Mengandung bibit Penyakit.
4) Dapat merusak jembatan dan pipa air lantaran bersifat korosif.

b. Pencemaran Air
pencemaran air merupakan suatu konsentrasi pencemar tertentu didalam air pada waktu cukup usang untuk sanggup menimbulkan imbas tertentu. Jika imbas tersebut bekerjasama dengan kesehatan insan sehingga menimbulkan penyakit tertentu dinamakan kontaminasi. Jika imbas tersebut bekerjasama dengan menjadi terbatasnya air yang tersedia dan memenuhi syarat untuk dipakai dinamakan pencemaran air. Hasil buangan yang masuk ke dalam air pada waktu dan
jumlah tertentu sanggup menimbulkan pencemaran.

Pencemaran air sanggup mengakibatkan  berkurangnya persediaan air higienis yang memenuhi syarat, sehingga kuat terhadap kesehatan insan dan makhluk hidup lainnya. Kualitas air sanggup diketahui melalui menyerupai di bawah ini:
1) Secara kimia sanggup dilihat dari kandungan kimia baik organik maupun anorganik.
2) Secara fisik sanggup diketahui dari warna, bau, temperatur, benda padat, minyak dan oli.

Berbagai kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh alam dan insan  7 Kerusakan Lingkungan yang Disebabkan oleh Alam & Manusia

c. Pencemaran Udara
pencemaran udara biasanya diakibatkan oleh buangan emisi atau materi pencemar yang diakibatkan oleh proses produksi menyerupai buangan pabrik, kendaraan bermotor,dan rumah tangga. Pencemaran udara ini berdampak pada antara lain:
1) Efek Rumah Kaca
Dampak imbas rumah. beling terhadap kehidupan di muka bumi yaitu terjadi peningkatan suhu udara sehingga akan terjadi perubahan iklim dunia. Apa yang terjadi jikalau suhu bumi menjadi panas?
• Suhu udara yang sangat panas tidak baik bagi makhluk hidup, khususnta tanaman, sehingga pertanian akan rusak dan produksi pertanian akan berkurang.
• Es di kutub mencair yang mengakibatkan permukaan maritim naik, sehingga tempat pantai dan pulai-pulau kecil sanggup tenggelam.

2) Kerusakan Lapisan Ozon
Dengan adanya lapisan ozon sinar ultraviolet tidak semuanya jatuh ke permukaan bumi. Hanya sebagian kecil saja sinar ultraviolet yang hingga ke permukaan bumi sesuai dengan yang diperlukan oleh manusia. Pengaruh Iapisan ozon terhadap kehidupan insan yaitu Bila lapisan ozon tidak ada maka sinar ultraviolet sebagian besar akan hingga ke permukaan bumi. Bila hal itu terjadi, maka di permukaan bumi tidak akan ada kehidupan menyerupai sekarang.

3) Hujan Asam
Hujan asam terjadi jawaban dari bercampurnya senyawa sulfat, nitrat, dan oksida dengan air hujan. Senyawa tersebut bereaksi dengan air hujan menghasilkan senyawa asam sulfat, asam nitrat dan asam bikarbonat. Senyawa tersebut biasanya dihasilkan oleh industri menyerupai pengecoran logam, batubara dan minyak bumi.

Dampak hujan asam terhadap kehidupan insan di antaranya adalah:
• Air dengan keasaman menyerupai itu sanggup merusak tumbuhan.
• Pada sungai dan danau akan menghipnotis kehidupan air tawar menyerupai ikan, plankton, serta biota lainnya.
• Mengakibatkan karat pada benda logam, merusak marmer, dan beton.

0 Response to "7 Kerusakan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Alam & Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel