-->

Soal Latihan Ips Usaha Indonesia Merebut Irian Barat

Haikasut - Soal Latihan IPS Perjuangan Indonesia Merebut Irian Barat - Berikut ini pola soal latihan dan ulangan harian IPS yang dilengkapi dengan kunci jawabannya, biar sanggup bermanfaat.

A. Soal Isian:
  1. Pembebasan Irian Barat merupakan salah satu kewajiban dan kiprah bangsa dan pemerintah Indonesia yang sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, maksudnya yakni ....
  2. Perjuangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia telah melalui berbagai tahapan, yaitu ....
  3. Dalam pidato di muka rapat akbar atau raksasa di Yogyakarta, pada tanggal 19 Desember 1961 Presiden Sukarno dalam rangka perjuangan pembebasan Irian Barat mencanangkan suatu komando, yang dikenal sebagai ....
  4. Setelah melalui usaha yang cukup panjang, maka kesannya pada tanggal ... sang Merah Putih berkibar secara resmi di Irian Barat, berdampingan dengan bendera PBB. Sejak itu pula bendera Belanda diturunkan secara resmi.
  5. Pernyataan Pendapat Rakyat (Pepera) diadakan pada tahun ....
  6. Kapal Perang Indonesia yang karam di Laut Aru saat bertugas membebaskan Irian Barat yakni ....
  7. Berdasarkan hasil KMB, dilema Irian Barat akan dibicarakan dalam ... tahun sehabis penyerahan kedaulatan kepada RIS.
  8. Dalam rangka pembebasan Irian Barat, pada tanggal 19 Desember 1961 Presiden Soekarno membentuk ....
  9. Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) guna menentukan nasib Irian Barat dilaksanakan pada tanggal ....
  10. Komodor Jos Sudarso gugur sebagai kusuma bangsa dalam melakukan kiprah untuk membebaskan Irian Barat di ....
Soal Latihan IPS Perjuangan Indonesia Merebut Irian Barat  Soal Latihan IPS Perjuangan Indonesia Merebut Irian Barat

B. Soal Uraian

  1. Sebutkan 3 (tiga) alasan yang mendorong Belanda selalu menolak untuk menuntaskan dilema Irian Barat secara damai!
  2. Sebutkan 3 (tiga) usaha secara tenang yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam rangka menuntaskan dilema Irian Barat!
  3. Sebutkan isi Tri Komando Rakyat yang dikeluarkan Presiden Soekarno pada tanggal 19 Desember 1961!
  4. Bagaimanakah peranan PBB dalam ikut menuntaskan dilema Irian Barat?
  5. Apakah Pepera itu?


A: Jawaban soal Isian:
  1. Pembebasan Irian Barat merupakan salah satu kewajiban dan kiprah bangsa dan pemerintah Indonesia. Pembebasan Irian Barat berarti ikut melenyapkan kolonialisme dari muka bumi. Dengan demikian, kehidupan yang demokratis menurut nilai-nilai kemanusiaan sanggup diwujudkan.
  2. Perjuangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia telah melalui 
    banyak sekali tahapan, yaitu diplomasi bilateral dengan Belanda, diplomasi multilateral melalui PBB, dan tahapan konfrontasi.
  3. Dalam pidato di muka rapat akbar atau raksasa di Yogyakarta, pada tanggal 19 Desember 1961 Presiden Sukarno dalam rangka usaha pembebasan Irian Barat mencanangkan suatu komando, yang dikenal sebagai Tri Komando Rakyat (Trikora).
  4. Setelah melalui usaha yang cukup panjang, maka kesannya pada tanggal 31 Desember 1962 sang Merah Putih berkibar secara resmi di Irian Barat, berdampingan dengan bendera PBB. Sejak itu pula bendera Belanda diturunkan secara resmi.
  5. Selanjutnya mulai tanggal 31 Mei 1963, bendera PBB tidak lagi mendampingi bendera Republik Indonesia. Dan kita semua mengetahui, kesannya pada tahun 1969 diadakan pernyataan pendapat rakyat (Pepera) yang sifatnya urusan internal dalam negeri Indonesia. Dengan demikian, maka dilema Irian Barat telah secara final terselesaikan secara tuntas.
  6. KRI Macan Tutul
  7. Berdasarkan hasil KMB, dilema Irian Barat akan dibicarakan dalam 1 (satu) tahun sehabis penyerahan kedaulatan kepada RIS.
  8. Tri Komando Rakyat (Trikora)
  9. Penyelenggaraan Pepera dilakukan 3 tahap yakni sebagai berikut: Tahap pertama dimulai pada tanggal 24 maret 1969. Pada tahap ini dilakukan konsultasi dengan deewan kabupaten di Jayapura mengenai tata cara penyelenggaraan Pepera. Tahap kedua diadakan pemilihan Dewan Musyawarah pepera yang berakhir pada bulan Juni 1969. Tahap ketiga dilaksanakan pepera dari kabupaten Merauke dan berakhir pada tanggal 4 Agustus 1969 di Jayapura.
  10. Laut Aru
B: Jawaban soal uraian:
  1. a. Karena belanda sedang meneliti sumber daya di Irian Barat. b. karna ditemukannya emas dan lainnya. c. sebab belanda ingin tetap mempertahankan irian barat dan memasukan irian barat kedalam konstitusinya.
  2. Konferensi Asia Afrika, Sidang PBB, Konferensi Uni Indonesia Belanda. 
    Perjuangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia telah melalui 
    banyak sekali tahapan, yaitu diplomasi bilateral dengan Belanda, diplomasi multilateral melalui PBB, dan tahapan konfrontasi.
  3. a. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda Kolonial. b. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia. c. Bersiaplah untuk mobilisasi umum mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan Tanah Air dan Bangsa.
  4. PBB membantu Indonesia dalam mengembalikan Irian Barat dari Belanda dengan membentuk Badan yang disebut UNTEA.
  5. Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) yakni referendum yang diadakan pada tahun 1969 di Papua Barat yang untuk menentukan status kawasan belahan barat Pulau Papua, antara milik Belanda atau Indonesia. Pemilihan bunyi ini menanyakan apakah sisa populasi mau bergabung dengan Republik Indonesia atau merdeka. Para wakil yang dipilih dari populasi dengan bunyi bundar menentukan persatuan dengan Indonesia dan hasilnya diterima oleh PBB, meskipun validitas bunyi telah ditantang dalam retrospeksi.

0 Response to "Soal Latihan Ips Usaha Indonesia Merebut Irian Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel